Jepara Fokus Pada Kemiskinan dan Pengangguran

Advertisement

Jepara – Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Jepara tahun 2016 fokus pada peningkatan perekonomian daerah serta peningkatan kualitas hidup masyarakat. Utamanya dalam upaya percepatan pengurangan pengangguran dan kemiskinan. Hal itu disampaikan oleh bupati jepara ahmad marzuqi, saat pembukaan Musrenbang Kabupaten tahun 2016 yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten, Selasa (22/03/ 2016).

"Keduanya merupakan masalah yang bersifat multidimensi dan sangat penting untuk ditangani secara terpadu dan terarah melalui pelibatan atau dukungan seluruh pemangku kepentingan. Data mencatat, penurunan kemiskinan di Kabupaten Jepara cenderung masih lambat. Presentase penduduk miskin Kabupaten Jepara Tahun 2014 sebesar 8,55%. Sedangkan tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2014 sebesar 5,09%." Kata Bupati Jepara.

Baca juga: Bentrok Pedagang Pasar Ngabul dengan Satpol PP

“Disamping fokus ke dua hal tersebut, Musrenbangkab tahun 2016 ini juga ingin mewujudkan peningkatan dan percepatan pembangunan yang hendak dicapai serta memberikan ruang yang cukup bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam proses perencanaan pembangunan di daerah,” katanya. 

Kepala Badan Perencanaan dan pembangunan daerah (bappeda) Jepara Sujarot mengatakan, untuk merealisasikan program-program Pemkab ini dibutuhkan perencanaan yang matang melalui pelaksanaan Musrenbang Kabupaten tahun 2016. Musrenbang yang berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 22 sampai 24 Maret 2016 ini sekaligus untuk memberikan ruang lingkup yang cukup bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam proses perencanaan pembangunan didaerah.

“Dilain pihak juga untuk mensinkronkan dan memantapkan aspirasi masyarakat yang ada dibawahnya atau musrenbang kecamatan agar dapat terpadu. Baik antar program, antar wilayah maupun antar fungsi sesuai dengan kewenangannya,” jelasnya.

Dengan pelaksanaan kegiatan yang didasarkan pada perencanaan yang matang ini, lanjut Sujarot, harapannya pelayanan masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Jepara dari tahun ke tahun tidak ada masalah yang timbul.

“Yang terpenting lagi pelaksanaan pembangunan tepat sasaran dan mampu meningkatkan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya,” tandasnya. (afit)
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepara Fokus Pada Kemiskinan dan Pengangguran"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.