Museum Ukir Jepara akan dipindahkan

Advertisement
JEPARA – Saat ini Museum ukir yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 2014 lalu berada di kompleks SMPN 6 Jepara. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara berencana melakukan pemindahan lokasi museum ukir Jepara.

Menanggapi hal itu, Kabid Kebudayaan pada Disparbud Jepara Agus Tri Harjono mengungkapkan, pihaknya sudah berencana untuk memindah museum ukir tersebut. Kendalanya, sampai sejauh ini belum menemukan lokasi yang tepat.

“Sejauh ini, yang paling memungkinkan di sebelah timur Museum Kartini,” kata Agus Tri Harjono.

Meskipun sebenarnya, lanjut Agus, diperlukan bangunan yang luas untuk dijadikan sebagai museum ukir, termasuk untuk parkirnya.

“Idealnya gedung seperti JTTC di Rengging layak untuk dijadikan sebagai museum ukir. Selain gedung dan tempat parkir yang memadai, di lokasi itu bisa digunakan sebagai pintu masuk bagi wisatawan yang ingin melihat berbagai ukir Jepara,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, bangunan museum harus dibuat semenarik mungkin, agar pengunjung bisa terkesan saat mendatanginya.

“Museum harus bisa dijadikan sarana edukasi bagi generasi mendatang. Berbagai macam motif maupun produk ukir Jepara di masa mendatang harus dilestarikan. Sebab, tidak mungkin ukir Jepara nanti hanya tinggal kenangan. Saat ini saja, beberapa produk Jepara yang dulu saat saya kecil masih banyak, kini sulit dijumpai,” imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan, koleksi kerajinan ukir yang ada di museum ukir tersebut cukup banyak dan tidak hanya koleksi ukir khas Jepara karena terlihat ukiranyang merupakan hiasan dinding khas Suku Asmat. Setiap koleksi terdapat nama jenis ukiran dan tahun pembuatannya.

Akan tetapi, keberadaan museum ukir itu hingga kini tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Bangunan SMPN 6 Jepara tersebut dipilih, lantaran bangunan yang dibangun pada tahun 1929 pada zaman Hindia Belanda itu awalnya merupakan Open Bare Ambacht School dan berulang kali berganti nama seperti Sekolah Pertukangan pada tahun 1945-1949 hingga akhirnya berubah nama menjadi SMPN 6 Jepara dari tahun 2002 hingga sekarang.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Ukir Jepara akan dipindahkan"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.