Puskesmas Jepara dianggap kurang memadahi

Advertisement
JEPARA – Saat ini, Kabupaten Jepara saat ini memiliki sebanyak 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Prosentasi angka ini sejatinya masih sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Jepara yang mencapai lebih dari 1 juta jiwa. Menurut Wakil Bupati Jepara, idealnya di Jepara harus ada 38 Puskesmas.

“Rasionya satu puskesmas untuk 35 ribu jiwa. Sehingga idealnya Jepara harus ada 38 Puskesmas,” kata Wakil Bupati kepada Kartininews.com (18/3). Hal itu, belum lagi dengan jumlah rumah sakit yang ada di Jepara. Selain menambah jumlah puskesmas, Jepara juga perlu menambah jumlah rumah sakit, sebagai rujukan jika puskesmas tidak mampu memberikan pelayanan.

Baca Juga: Wisata Jepara jadi Percontohan Kota Pekalongan

“Ke depan, selain pendidikan dan infrastuktur, masalah kesehatan harus menjadi salah satu prioritas. Sebab, pelayanan kesehatan yang baik juga akan menyejahterakan masyarakat. Jika para orangtua sehat dan bisa bekerja dengan lancar, tentu pendidikan anak-anaknya juga akan terpenuhi dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, dari 21 puskesmas yang ada lima diantaranya sudah lulus akreditasi yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Puskesmas Kementrian Kesehatan RI akhir 2015 lalu. Lima puskesmas itu yakni Keling I, Bangsri I, Mlonggo, Tahunan dan Welahan I.

Baca Juga: Pelayanan Rumah Sakit Kartini Jepara Lambat

“Dari lima yang diajukan, semuanya lulus akreditasi,” kata Kepala DKK Jepara Dwi Susilowati. Tahun ini, kata Susi, DKK Jepara akan mengajukan 11 puskesmas unduk menjalani akreditasi. Jumlah puskesmas yang terakreditasi ini, kata Susi, merupakan yang terbanyak se Propinsi Jawa Tengah.

“Kita terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Harapannya, yang telah lulus akreditasi bisa menjadi teladan bagi yang lain,” tandasnya.(afit)
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puskesmas Jepara dianggap kurang memadahi"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.