Paham Radikalisme disukai oleh Pemuda-pemuda yang baru selesai Kuliah | Berita Kartini Terbaru dan Terpercaya

Paham Radikalisme disukai oleh Pemuda-pemuda yang baru selesai Kuliah

Kebanyakan kelompok radikal di Indonesia itu diisi oleh orang-orang usia muda dan laki-laki serta pemahaman agamanya cenderung tekstual, ini pun merupakan fenomena urban,


Agama - Baru-baru ini pihak Wahid Foundation merilis survey dengan hasil yang mengejutkan. Survei itu melibatkan 1.520 responden yang tersebar di 34 provinsi. Responden adalah umat Islam berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah. Dalam survey yang melibatkan orang muda berpotensi terseret radikalisme.

"Kebanyakan kelompok radikal di Indonesia itu diisi oleh orang-orang usia muda dan laki-laki serta pemahaman agamanya cenderung tekstual, ini pun merupakan fenomena urban," papar manajar riset Wahid Foundation Aryo A. Nugroho.

Di Bogor (2/7) Aryo pun menambahkan bahwa riset ini adalah kondisi potensial. Artinya, dari survey yang ada, hitunglah terdapat 150 juta mayoritas muslim, ada 72 persen yang menolak radikalisme dan sisanya 7,7 persen menerima. Dari yang menerima paham radikalisme ini, kebanyakan adalah anak muda. Pertanyannya, apa faktor yang membuat anak-anak muda ini berpotensi masuk radikalisme?

Para pemuda yang tergabung ke dalam kelompok radikal biasanya terpapar informasi keagamaan yang berisi kecurigaan dan kebencian. Informasi ini bisa salah satunya dari media sosial dan internet di mana mereka sangat gampang sekali mencari apa pun via media daring. Selain ada ada faktor-faktor lain, seperti pemahaman literalis (sekadar teks tanpa konteks) dan lingkungan juga berpengaruh terhadap hal ini.

Selain itu, terkait pendapatan dan pendidikan juga tidak terlalu berpengaruh atau berkorelasi secara langsung terhadap radikalisme. Riset ini dirilis oleh Wahid Foundation dalam acara Halaqah Ulama serta Tokoh Muda Islam Indonesia bertema "Penguatan Toleransi dan Gerakan Merespon Ekstremisme". Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari ulama serta tokoh muda Islam yang akan mengkaji dan merumuskan pesan-pesan Islam sebagai agama toleran berdasarkan khazanah ilmu pengetahuan dan hukum Islam.

“Indonesia perlu menyebarkan lebih banyak pesan Islam damai yang sebenarnya itu merupakan modal dasar bagi kita dalam berbangsa dan mengelola kehidupan beragama di Indonesia," kata Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid dalam acara pembukaan yang berlangsung di Hotel Rancamaya Bogor Jawa Barat, hari Senin (1/8). *Aft.

Baca Berita Terkait:

COMMENTS

Nama

Agama,31,Bisnis,7,Brebes,1,Exhibition,6,Internasional,25,Jepara,82,karimunjawa,1,Lowongan,3,Nusantara,61,Pariwisata,6,Pemalang,5,Pendidikan,5,Persijap,1,razia,3,sekolah,3,Tegal,3,teknologi,11,tutorial,1,Wanita,12,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terpercaya: Paham Radikalisme disukai oleh Pemuda-pemuda yang baru selesai Kuliah
Paham Radikalisme disukai oleh Pemuda-pemuda yang baru selesai Kuliah
Kebanyakan kelompok radikal di Indonesia itu diisi oleh orang-orang usia muda dan laki-laki serta pemahaman agamanya cenderung tekstual, ini pun merupakan fenomena urban,
https://2.bp.blogspot.com/-NXWDPS5e8a8/VvFQnUBNNKI/AAAAAAAAAf4/eY8WsT5aCRMkA2DfkTZLrN2wY8oaTLJqgCPcB/s320/gojek.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-NXWDPS5e8a8/VvFQnUBNNKI/AAAAAAAAAf4/eY8WsT5aCRMkA2DfkTZLrN2wY8oaTLJqgCPcB/s72-c/gojek.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terpercaya
http://www.kartininews.com/2016/08/paham-radikalisme-disukai-oleh-pemuda.html
http://www.kartininews.com/
http://www.kartininews.com/
http://www.kartininews.com/2016/08/paham-radikalisme-disukai-oleh-pemuda.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy