Perpusdes Ngudi Ilmu Ngabul Jepara Sasar Pelatihan Batik Untuk Ibu Rumah Tangga

Advertisement
Jepara - Pelatihan membatik di perpusdes Ngudi Ilmu Ngabul Jepara, bermitra dengan Program bakti masyarakat SMK Walisongo Pecangaan. Program ini mempunyai sasaran 10 orang perempuan ibu rumah tangga dari Perpusdes, pemdes dan SMK walisongo (12/10)

Ketua panitia bertekad bersama mendampingi sampai mandiri, memiliki usaha batik dan komunitas batik ngabul jepara. “Pelatihan membatik ini sengaja diberikan, agar ibu rumah tangga bisa lebih berdaya dan mandiri. Kita ingin agar ibu-ibu ini tidak hanya mengurus rumah tangga saja, melainkan bisa membuat karya yang nantinya bisa mengangkat derajat perekonominya,” ujar Kepala Perpusdes Ngudi Ilmu Ngabul Jepara (12/10/2016).

Menurutnya, selain diberikan pelatihan, peserta juga akan diberikan pendampingan dan fasilitas untuk mengembangkan ilmu yang sudah didapat. Baik mulai dari pemasaran batik yang dihasilkan, perizinan usaha hingga pemasaran.

“Kita tidak hanya memberikan pelatihan saja, melainkan pendampingan kepada mereka. Kita terus dampingi sampai mandiri” lanjutnya. Sementara itu, pelatihan yang diberikan kepada ibu rumah tangga ini yakni membatik cap. Batik cap dipilih, lantaran peserta pelatihan awam sekali dengan dunia batik, sehingga diberi ketrampilan yang lebih mudah.

Sebagai pegiat Batik Jepara, panitia berharap akan membentuk sentra Batik Jepara di desa Ngabul Jepara. Saat ini sudah ada setidaknya 12 sentra Batik Jepara, mulai yang ada di Mlonggo, Bandengan, Pengkol hingga Bangsri.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perpusdes Ngudi Ilmu Ngabul Jepara Sasar Pelatihan Batik Untuk Ibu Rumah Tangga"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.