Desa Terpencil di Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Advertisement
Cianjur - Sedikit cerita dari negeri nun jauh di selatan pulau jawa. Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, berjarak 6 sampai dengan 8 jam perjalanan jalur darat. Nun jauh di sana, jalan menuju sebuah desa atau kampung sangatlah rusak. Berbatu, berlumpur dan terjal.

Penduduk setempat bahkan menuturkan, turunnya hujan akan membuat kampung tersebut terisolasi secara total. Maksudnya, untuk keluar dan masuk menuju kampung tersebut hampir tidak mungkin. Dari kantor Kecamatan Agrabinta, kampung tersebut ditempuh kira-kira selama 1 jam (atau lebih, lupa pastinya) 'berkendara motor'.

Kenapa 'berkendara motor'? Karena perbandingan lama duduk di atas motor dengan berjalan berusaha mengangkat motor yang membuat kita justru merasa lebih terbebani oleh motor daripada terbantu olehnya. Bahkan, ketika duduk berkendara pun tidak terasa nyaman perjalanan akibat medan yang berbatu. Kaki kita dipaksa tetap menyangga agar pantat kita tidak sakit akibat motor yang berguncang terus menerus.

Hampir sama dengan jalan menuju kampung atau desa tersebut, jalan menuju Kecamatan sendiri tidak mulus sebagaimana jalan perkotaan atau jalan lintas provinsi apalagi jalan tol. Terlebih lagi ada bagian jalan yang melintas masuk ke tengah hutan. Hampir tiga jam lamanya berkendara melaluinya. Dan akibat pengalaman itu semua, bahkan jalan berlubang pun patut disyukuri.

Perasaan kesal yang kadang menyelinap ketika menemui jalan berlubang, sedikit demi sedikit berkurang. Bahkan, alhamduillaah, atas bimbingan-Nya, sesekali mampu terucap 'alhamdulillaah' kala bertemu jalan berlubang.

*Eits.. tapi tolong jangan salah paham ya, medan berat menuju desa atau yang saya ceritakan tidak ditempuh dengan berkendara mobil kok. Motor saja begitu, apalagi mobil, hehe. KartiniNews.com.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Terpencil di Kabupaten Cianjur Jawa Barat"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.