Peserta Perempuan Diksar Mapala UII Juga Alami Kekerasan

Kasus kekerasan kembali terjadi di UII Yogyakarta. Kekerasan terjadi saat mahasiswa mengikuti Diksar Mapala di lereng gunung Lawu.

Yogyakarta: Kasus kekerasan kembali terjadi di UII Yogyakarta. Kekerasan terjadi saat mahasiswa mengikuti Diksar Mapala di lereng gunung Lawu. Peserta Diksar Mapala UII Yogyakarta mengaku sudah diperlakukan kasar oleh panitia. Perlakuan kasar itu mulai dari kekerasan verbal berupa cacian hingga kekerasan fisik berupa pemukulan. Kekerasan fisik tidak hanya dilakukan pada peserta pria, peserta perempuan juga mengalami hal serupa.

Peserta bernama Putri, salah satu mahasiswi peserta perempuan menuturkan pengalaman kurang menyenangkan saat mengikuti kegiatan Diksar Mapala di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.Dia mengalami pemukulan dan tamparan oleh seniornya.
"Aku mengalami ditampar dan dipukul. Kalau pemukulan di bagian kaki, bokong, sama punggung," katanya saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Rabu (1/2/2017).

Pemukulan itu dilakukan menggunakan ranting pohon saat kegiatan berlangsung. Tak heran, Putri yang mengalami lebam-lebam pada bagian punggung harus menjalani rawat inap di RS Jogja International Hospital (JIH) Yogyakarta. Beberapa hari menjalani rawat inap, tim medis memperolahkan pulang untuk menjalani rawat jalan.

Laporan Polisi dari Mapolres Karanganyar sudah menetapkan dua tersangka, panitia Diksar Mapala UII ini. Keduanya dituding melakukan kekerasan hingga menyebabkan tiga mahasiswa peserta Diksar Mapala UII tutup usia.

Putri mengaku ada salah satu dari dua tersangka itu yang pernah melakukan pemukulan kepadanya. Pemukulan tidak dilakukan dengan tangan kosong, tapi menggunakan ranting kayu sebagai alat memukul. "Pernah aku dipukul pakai ranting," akunya yang berada di kelompok 2. Pemukulan yang dialaminya, lebih sering dilakukan oleh panitia perempuan. Putri tidak mengingat berapa kali mengalami pemukulan oleh panitia perempuan. Panitia pria, menurutmya, jarang melakukan pemukulan kepadanya. "Mungkin kalau panitia cowok kayak enggak tega," katanya.

Berbagai bentuk kekerasan dialaminya itu juga sudah disampaikan kepada Menteri Riset,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir saat menjenguknya pada Jumat, 27 Januari 2017 lalu. Saat itu, ada 10 peserta yang menjalani rawat inap di RS JIH Yogyakarta. Putri salah satu dari 10 mahasiswa itu.

"Waktu kedatangan Pak Menteri kemarin juga menanyakan apa yang terjadi. Ya kita ceritakan saat di Gunung Lawu," katanya.

Begitu juga penyidik dari Polres Karanganyar dan juga Tim Investigasi Internal Kampus UII Yogyakarta, sebelum kedatangan Menristekdikti. Putri menyampaikan sama tentang apa yang dialaminya saat mengikuti kegiatan tersebut. Terakhir, ada tim dari Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK) tengah mengali keterangan para korban Diksar ini.

Terdapat tiga mahasiswa yang sudah memberi keterangan di Kampus UII, namun Putri belum sempat dimintai keterangannya. "Yang LPSK kemarin saya belum, soalnya ada kegiatan lain jadi enggak bisa datang ke kampus," katanya. Dia juga mengaku tidak ada ancaman atau tekanan yang dilakukan seniornya atau pihak kampus, pascakejadian luar biasa yang merenggut tiga nyawa itu, Putri lebih fokus beristirahat untuk kesembuhan dari luka lebam yang dialaminya. www.kartininews.com

sumber: http://daerah.sindonews.com/read/1176035/189/ternyata-peserta-diksar-mapala-uii-yang-perempuan-juga-alami-kekerasan-1485928527/13

COMMENTS

Nama

Agama,31,Bisnis,7,Brebes,1,Exhibition,6,Internasional,26,Jepara,83,karimunjawa,1,Lowongan,3,Nusantara,60,Pariwisata,6,Pemalang,5,Pendidikan,5,Persijap,1,razia,3,sekolah,3,Tegal,3,teknologi,10,tutorial,1,Wanita,12,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terpercaya: Peserta Perempuan Diksar Mapala UII Juga Alami Kekerasan
Peserta Perempuan Diksar Mapala UII Juga Alami Kekerasan
Kasus kekerasan kembali terjadi di UII Yogyakarta. Kekerasan terjadi saat mahasiswa mengikuti Diksar Mapala di lereng gunung Lawu.
https://4.bp.blogspot.com/-IRuYnUKSx2o/WJGX5l7l3-I/AAAAAAAABM8/r_zuWriy9o0wviw4fpO_kUYO5eY8uG56wCLcB/s320/mapalauii.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-IRuYnUKSx2o/WJGX5l7l3-I/AAAAAAAABM8/r_zuWriy9o0wviw4fpO_kUYO5eY8uG56wCLcB/s72-c/mapalauii.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terpercaya
http://www.kartininews.com/2017/02/peserta-perempuan-diksar-mapala-uii.html
http://www.kartininews.com/
http://www.kartininews.com/
http://www.kartininews.com/2017/02/peserta-perempuan-diksar-mapala-uii.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy