Bupati Jepara Bajak Sawah di Pecangaan Wetan

Advertisement
Jepara, Setelah terpilih kembali, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memulai mengupayakan kinerja petani di Jepara untuk lebih modern lagi. Dari tahap revolusi mental ke revolusi kerja dari pertanian tradisional ke pertanian modern ini yang harus segera diwujudkan. Visi ini yang diutarakan oleh bapak Bupati Jepara dalam acara Krida Pembangunan di Desa Pecangaan Wetan, Kecamatan Pecangaan, Senin (20/03/2017). Kegiatan ini dihadiri oleh dandim 0719 Jepara Letkol Inf. Ahmad Basuki dan beserta pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD) Desa Pecangaan wetan.

Bupati Marzuqi menyampaikan bahwa masyarakat muda saat ini tidak banyak peduli dengan dunia pertanian apalagi tertarik untuk menggeluti bidang pertanian sehingga dibutuhkan upaya solusi berupa modernisasi pertanian. kekosongan petani muda dan tenaga kerja pertanian mempengaruhi kinerja ekonomi daerah terutama pada pada mahalnya biaya yang harus dibayar ketika lagi musim panen maupun musim tanam. Ini merupakan efek nyata yang harus segera diatasi. Walaupun begitu hal ini  masih bisa dicarikan solusi yaitu memanfaakan penggunaan mesin pemanen padi (rice harvester) dan mesin penanam padi (rice transplater). ataupun alat alat pertanian yang harus segera diadakan oleh pemerintah Jepara.

“Saya sangat apresiasif kepada penggunaan teknologi saat ini yang serba modern. Hal ini bisa membantu para petani dengan berbagai kegiatan taninya.” Kata Bupati jepara, Ahmad Marzuki.

Penggunaan alat modern pertanian menjadi lebih efektif dan efisien jika disandingkan dengan alat-alat konvensional pertanian. Alat modernisasi pertanian ini memakan biaya mahal, contohnya mesin tanam rice transplanter, teknisnya di lakukan oleh dua orang operator yang mampu menanami lahan seluas satu hektar dengan hanya dengan kebutuhan solar 4 liter per hari. Harga sewa tanam dengan mesin tanam dan bibit sekitar Rp. Rp. 2 juta per hektar.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Jepara Bajak Sawah di Pecangaan Wetan"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.