Marzuki Menang di MK

Advertisement
Jakarta, Kasus Gugatan kandidat cabup Bupati Jepara, Jawa Tengah, Subroto-NurYahman (Sulaiman) telah diputuskan di MK (Mahkamah Konstitusi). Keputusan gugatan tersebut adalah ditolak.

Hasil sidang putusan sengketa hasil pemilihan (PHP) kemarin memutuskan, menerima eksepsi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pembacaan amar putusan sengketa nomor 2/PHP.BUP.XV/2017 itu dibacakan Ketua MK Arif Hidayat didampingi 8 hakim MK lainnya. Dalam pembacaan tersebut dihadiri dalam sidang putusan komisioner KPU Jepara Andi Rakhmat dan Koko Suhendro. Kemudian kuasa hukum masing-masing Kandidat.

Komisioner KPU Ibu Anik Sholihatun menyatakan bahwa, MK telah menerima eksepsi KPU Jepara dan menolak tuntutan oleh paslon Sulaiman. MK menilai, Sulaiman tidak mempunyai kekuatan hukum untuk mengajukan PHP. Hasil perolehan suara Paslon Ahmad Marzuqi-Dian Kristiandi (Madani) dengan paslon Sulaiman mempunyai selisih 2,5%.

Baca juga: Dongeng untuk Jepara Keren #468

Disamping itu, tuntutan Sulaiman hanya bisa dilakukan kalau selisih suara maksimal 0,5 %. Anik menyatakan bahwa hal ini mempunyai arti bahwa penggugat tidak memenuhi syarat formil terkait syarat selisih suara. pada Senin 3 April 2017. Anik menyampaikan bahwa Putusan MK ini menguatkan SK KPU Jepara Nomor 36 tentang penetapan hasil rekapitulasi hasil pilbup Jepara 2017.

Kemudian, dalam maksimal tiga hari setelah pembacaan putusan sidang gugatan PHP, KPU ditetapkan calon terpilih Pilakada Jepara 2017, yaitu kandidat pilkada Ahmad Marzuqi-Dian Kristiandi sebagai Bupati dan Wakil bupati Jepara 2017-2022.

“Hasil penetapan Bupati terpilih adalah hari ini, Kamis 6 April 2017,” kata Anik kepada KartiniNews.com. Selain itu, pasangan calon Sulaiman menyatakan telah menerima hasil Putusan dari MK ini. Dengan Tegas Subroto menilai bahwa MK mempunyai hak menolak gugatan yang diajukan dari Sulaiman. Subroto melanjutkan bahwa gugatan yang diajukan Sulaiman adalah untuk mencari proses peradilan dan kebenaran dan sebagai hasil koreksi untuk KPU Jepara.

“Tuntutan Sulaiman bukan soal menang atau kalah. Sulaiman telah menemukan banyak kecurangan, oleh karena itu untuk pilkada Jepara berikutnya kami sangat berharap hal itu tidak terjadi lagi,” terang Subroto.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Marzuki Menang di MK"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.