Mie Samyang Terbukti Mengandung Babi

Advertisement
Jakarta -Baru baru ini dikejutkan dengan makanan yang mengandung babi. Makanan cepat saji ini, Samyang adalah produk mie instan yang telah dipastikan positif ada (mengandung) fragmen babi di mie instannya. Produk ini langsung disita dan tidak boleh diedarkan oleh BPOM. dari lembaga MUI pun tidak meluluskan sertifikat HALAL kepada produk ini. 
Jenis mie instan yang sudah dipastikan positif ada fragmen babi yaitu mie mie instan U-Dong, mie instan dengan rasa Kimchi, mie instan dengan rasa Shin Ramyun Black dan mie instan dengan rasa Yeul Ramen. semua produk ini adalah produk dari Samyang.

Lukmanul Hakim, selaku Dir LPPOM MUI, menyatakan bahwa semua produk tersebut tidak mendapatkan label HALAL MUI, semua produk ini adalah produk impor. BPOM mengaku belum pernah ada produk ini yang mendaftar di BPOM dan juga belum pernah ada yang terdaftar untuk pengajuan sertifikat Halal. Sementara MUI memang tidak meloloskan Produk ini.

Baca juga: The Caretaker Prime Minister stays - UK Election 2017

BPOM sudah berkoordinasi dengan para importir mie instan untuk menarik semua produknya dari pasar. Hal ini sudah positif terbukti ada fragmen babi yang ada di dalam mie instan samyang tersebut. Samyang ini adalah produk impor dari negara korea. Dan langsung tersebar di market dan toko pasar tanpa meminta ijin kepada BPOM dan MUI. Hal ini sudah menyalahi aturan perdagangan di Indonesia.

Akan tetapi pihak importir mengaku bahwa Samyang ini sudah terdaftar di BPOM internasional dengan bukti nomor registrasi Samyang. Sehingga Pihak importir berani memasarkan di Indonesia. Produk Makanan cepat saji dari luar negeri ini sudah lama beredar dan awalnya di duga terdapat unsur babi, dan ketika di cek oleh BPOM Indonesia, terbukti positif mengandung Unsur fragmen babi. yang membuat kamuflase konsumen adalah tidak tercantum logo babi, menurut Lukmanul.

Lukman juga berpendapat bahwa produk dari luar negeri baik berupa mie instan ini harus melabeli unsur babi jika memang terkandung unsur babi, baik berupa fragmen babi atau yang lainnya. Dan masyarakat juga perlu tahu, bahwa makanan yang sudah benar benar halal harus dicantumkan label HALAL secara resmi dari MUI.

Untuk memperoleh Label Halal juga harus sesuai prosedur. Samyang ini harus menyetorkan dikumen untuk mengajuan label halal. dan setelah dokumen masuk, maka pihak MUI akan memeriksa mulai dari pembuatan dan serta pabrik asal produk ini, yaitu di korea. Setelah semua tugas MUI memeriksa dan meneliti kehalalan produk, maka MUI bisa menyimpulkan, apakah produk itu benar-benar halal atau tidak. Jika halal akan diberi label HALAL. jika tidak maka tidak lulus. Afit www.kartininews.com
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mie Samyang Terbukti Mengandung Babi"

Post a Comment

Silahkan Isi Nama lengkap dan Email untuk berkomentar.