Iklan

Iklan

,

Iklan

WhatsApp untuk Android akan dapat otentikasi sidik jari untuk keamanan

5 Agu 2022, 19:09 WIB Last Updated 2022-08-05T12:09:39Z
masih merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer, terutama di negara berkembang. Seperti yang Anda harapkan, untuk mendapatkan popularitas seperti itu, itu harus sangat aman. Aplikasi ini menerima enkripsi ujung ke ujung sejak lama untuk memastikan pertukaran teks dan media yang paling aman. Rupanya, WhatsApp akan segera menerima otentikasi sidik jari untuk lebih banyak perlindungan pesan berharga Anda. WABetaInfo menemukan petunjuk tentang metode otorisasi terbaru dalam versi beta terbaru dengan versi 2.19.3.

Menurut sumber asli, di masa depan, Anda akan dapat mendaftarkan sidik jari Anda untuk otentikasi di bawah bagian Privasi pengaturan WhatsApp. Tangkapan layar menunjukkan bahwa Anda juga dapat masuk dengan kredensial perangkat (PIN, kata sandi, dll.). Masuk sidik jari akan tersedia di semua Android Marshmallow atau perangkat yang lebih baru yang mendukungnya. Pada perangkat yang lebih tua, kemungkinan besar Anda hanya akan dapat menggunakan otentikasi manual. Metode ID Wajah dan otentikasi ID Sentuh juga akan tersedia untuk iOS. Saat ini tidak ada yang diketahui tentang tanggal rilis fitur.

WhatsApp adalah layanan pesan instan yang paling banyak digunakan secara global, dan platform milik Facebook berusaha untuk terus menambahkan fitur-fitur baru agar relevan dengan lebih dari miliar pengguna aktif harian. Yang terbaru dalam seri ini adalah fitur kunci sidik jari baru yang telah dinodai oleh WABetainfo, yang menyimpan jejak pada fitur WhatsApp yang akan datang ketika mereka berada dalam tahap pengujian. Bagi mereka yang tidak mengetahui fitur otentikasi di WhatsApp harus tahu bahwa ini akan menjadi fitur asli yang dibangun di dalam aplikasi dan akan lebih aman daripada menggunakan kunci sidik jari pihak ketiga untuk menjaga obrolan WhatsApp Anda tetap aman.

WhatsApp beta untuk Android 2.19.3: Fitur otentikasi sidik jari
  1. Fitur otentikasi WhatsApp baru yang terlihat dalam versi WhatsApp beta untuk Android 2.19.3 saat ini tersedia untuk pengguna tertentu. Perlu juga dicatat bahwa kunci sidik jari akan tersedia untuk pengguna Android terlebih dahulu.
  2. Kunci sidik jari baru di WhatsApp akan tersedia dalam pengaturan Privasi di bawah tab otentikasi, yang juga akan menjadi tambahan baru. Fitur baru akan menempatkan kunci otentik pada seluruh aplikasi dan bukan hanya obrolan spesifik.
  3. Untuk mengaktifkan otentikasi sidik jari, pengguna harus mendaftarkan sidik jari mereka pada perangkat. WhatsApp juga akan memiliki opsi bagi pengguna untuk memilih kredensial perangkat jika sidik jari terdaftar.
  4. Setelah diaktifkan, pengguna dapat membuka obrolan WhatsApp hanya dengan mengotentikasi aplikasi dengan bantuan sidik jari.

WABetainfo melaporkan bahwa WhatsApp juga bekerja untuk mengintegrasikan ID Wajah dan ID Sentuh ke versi iOS-nya. Namun, fitur ini sedang dalam pengembangan dan akan membutuhkan waktu untuk tersedia bagi semua pengguna. Menimbang bahwa iPhone terbaru - iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR tidak mendukung otentikasi sidik jari, kita dapat mengharapkan ID Wajah sebagai metode otentikasi WhatsApp default.

Fitur sidik jari baru diharapkan dapat menambah lapisan keamanan ke obrolan WhatsApp. Aplikasi milik Facebook menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk melindungi obrolan.

Selain itu Whatsapp sekarang sudah mengembangkan sistem keamana wajah.

Iklan