Iklan

Iklan

,

Iklan

Ganjar Keliling Copoti APK dan Gelar Lomba Daur Ulang

14 Apr 2019, 15:11 WIB Last Updated 2019-04-14T08:11:38Z
SEMARANG - Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, hari ini bermotoran untuk keliling ke beberapa titik yang terdapat atk partai dan caleg serta capres di kota semarang, Minggu (14/4). Ganjar dengan berkendara sepeda motor, Ganjar langsung menemukan beberapa APK (alat peraga kampanye) dan kemudian mencopotnya. APK ini dibersihkan bersama panwaslu dan personilnya.

APK yang masih terpajang di beberapa bahu jalan langsung dibersikan oleh petugas dari panwaslu, Satpol PP dan beberpa personilnya. Kegiatan motoran ini dimulai dari rumah dinas Gubernur di Puri Gedeh, Kota Semarang, dengan beberapa koleganya ikut membersihkan APK yang berupa spanduk, poster, baliho, dan lainnya. Pembersihan APK ini, petugas menggunakan alat tang, linggis dan lainnya guna mencopy APK yang terbuat dari MMT dengan kawat dan bambu.

Ganjar melanjutkan ke pencopotan ke beberapa tempat selanjutnya, yaitu Jl. Simongan Raya, kemudian Jl. Karangayu, lalu Banjir Kanal Barat, terus ke Jl. Kokrosono, dan Jl. Soegijapranata serta Kawasan jalan di Tugu Muda. Di sepanjang jalan, masih banyak yang terpasang apaknya sehingga Ganjar menghentikan motonya kemudian ia mencopot APK yang masih terpasang tersebut.

Baliho besar yang mempunyai ukuran 2x3 meter yang terdapat gambar pasangan capres 01 Jokowi-Ma'ruf pun dicopot ganjar di Jl. Kokrosono. Ketika mau mencopot baliho tersebut, ia menunjukkan akhlaknya kepada kyai dan gurunya, dengan berkata: "Maaf ya mbah, panjenengan saya copot dulu (Capres Jokowi - Amin). Kelakuan gubernur ini menjadi perhatian warga, terutama para pemaka jalan raya.
Ganjar juga berharap untuk semua partai politik yang sudah memasang APK untuk juga ikut mencopot APKnya sendiri sendiri, baik kecil maupun besar. Ajakan ini juga ditunjukkan kepada semua masyarakat, dan juga Satpol PP, yang paling penting Bawaslu untuk segera melakukan pembersihan dari semua atribut kampanye di seluruh jawa Tengah. Hal ini juga ditujukan kepada tim suksesnya para partai dan capres.

Ganjar memberikan pengarahan kepada petugas untuk bahan APK yang terbuat dari plastik atau bahan yang tidak dapat terurai dengan mudah agar sebaiknya di daur ulang. Proses daur ulang APK ini diharapkan menjadi barang yang bernilai layak jual kembali. Ganjar juga berpesan bahwa akan digelar lomba daur ulang sampah dari APK menjadi barang layak jual untuk masyarakat. Ganjar juga mengajak kepada dirinya dan juga masyarakat untuk kreatif memanfaatkan barang-barang sampah APK yang kemudian menjadi berbagai produk layak jual, seperti kerajinan, payung, tas ibu, jas hujan atau barang bernilai layak jual lainnya. Ganjar sudah menyiapkan dana hadiah dengan total Rp20 juta untuk para pemenang lomba kreatifitas ini. Hasil perlombaan ini bisa dikirimkan ke medsos pak Ganjar beserta kirim foto hasil kreatifitasnya.

Ganjar berpesan kepada seluruh warga masyarakat jawa tengah untuk hadir ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) di tanggal 17 april besok. Ia berharap bahwa pencoblosan 17 April semuanya hadir dan mencoblos di TPS pagi-pagi. Himbauan ini guna memberikan hak pilih masyarakat untuk bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia.

Iklan