Ganjar Cek Kesiapan Mudik di Jalur Tengah sampai Selatan

Ganjar Pranowo kembali melakukan pengecekan di sejumlah jalur tengah hingga selatan.

SEMARANG - Setelah sempat mengendari sepeda motor Semarang - Magelang via Kopeng untuk ngecek jalur persiapan mudik, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (23/5) kembali melakukan pengecekan di sejumlah jalur tengah hingga selatan. Titik awal yang dicek Ganjar adalah pengerjaan pelebaran jalan di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

Ganjar mengatakan setelah kemarin banyak pejabat yang ngecek jalur Pantura, sekarang giliran dirinya ngecek jalur tengah sampai selatan. Mulai dari Kabupaten Semarang, Magelang hingga Purbalingga.

"Nanti kita akan ke Kabupaten Magelang dan berlanjut ke Kabupaten Purworejo terus ke kabupaten kabupaten yang di area selatan, di Pansela kita mau cek yang selatan sampai ke barat dan muter sampai Purwokerto," terang Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Nyoblos Bersama Putranya

Selepas dari Purwokerto, Ganjar juga akan melakukan pengecekan di jalur daerah-daerah rawan bencana kemudian masuk ke Purbalingga dengan titik Bobotsari dan Karangreja.

"Di situ ada Bayeman kita mau cek agar rambu-rambunya ditambah karena usulannya masyarakat mestinya jalan itu dibuat flyover biar agak landai. Karena memang di situ tajem sekali, minimal dihambatlah agar pengendara tidak ngebut," katanya.

Untuk titik awal Ganjar mengecek pengerjaan pelebaran jalan Semarang - Magelang jalur Jambu. Pengecekan dilakukan secara bersama antara Pemprov Jateng dengan Balai Besar Jalan Nasional dan Pemkab Semarang. Setelah tiga komponen pemerintahan tersebut turun bersama, Ganjar mengatakan segala persoalan saat mudik bisa diantisipasi dan tertangani dengan tepat. Untuk pengerjaan pelebaran jalan di Jambu Kabupaten Semarang, Ganjar mengatakan sejauh ini progresnya sangat baik dan sesuai jadwal.

"Hari ini ngecek bareng antara Pemprov, Pemkab Semarang dan Balai Besar Jalan nasional. Persiapan jalur mudik ini kalau lihat progresnya bagus masih sesuai jadwal namun jika untuk digunakan jalur mudik belum bisa. Saat ini untuk pengerjaan jalan terus," kata Ganjar.

Karena belum bisa digunakan untuk jalur mudik, Ganjar mengatakan mesti ada pengelolaan trafik serta penambahan rambu-rambu agar di titik tersebut tidak menjadi konsentrasi kemacetan. Juga diperlukan penataan alat-alat berat dan optimalisasi peran Dinas Perhubungan dan Kepolisian.

Baca Juga: Ganjar Keliling nyopot APK Partai dan Pilpres

"Kita coba mengkoordinasikan agar nanti trafik manajemennya terkelola dengan baik. Kita harapkan pas di puncak mudik kita sudah tahu bayangannya, sudah sampai mana pengerjaannya, alat-alat berat ditaruh mana, perlu rambu-rambu apa dan kalau kita tahu posisi macet dimana maka kita akan bisa menaruh personel-personel kita agar bisa melancarkan," katanya.

Untuk beberapa pengerjaan jalan, Ganjar menjelaskan saat ini memang kebanyakan menggunakan segmentasi panjang. Dengan demikian, pengerjaan pelebaran jalan jambu ditargetkan selesai pada Oktober mendatang.

"Memang modelnya sekarang long segmen. Kalau kita mau targetkan Oktober optimalnya, tapi maksimalnya Desember. Untuk jalur ini nanti clean up saja karena belum bisa digunakan jalur mudik," katanya.
Setelah merasakan sendiri melintas di Jalan Urut Sewu Kebumen sepanjang 211,95 km, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan kepada masyarakat agar memilih jalur selatan ketika mudik lebaran.

Jalan Urut Sewu merupakan jalan alternatif ke arah Purworejo selain Jalan Ambal - Kembaran jika dari jalan Diponegoro Kebumen, dan jalan alternatif ke Banyumas atau Cilacap selain Jalan Daendels. Pengecekan jalan tersebut dilakukan Ganjar pada Kamis (23/5) setelah mengecek persiapan mudik di jalur tengah, Kabupaten Semarang - Magelang.

Baca Juga: Tausiyah Kebangsaan dihadiri Ganjar dan Habib Lutfi Yahya di Jepara

Begitu merasakan langsung jalanan Urut Sewu Ganjar langsung memastikan rekomendasinya pada para pemudik agar lewat jalur selatan. Selain karena kualitas jalan, pemandangan yang disajikan cukup menawan, dari areal persawahan, perbukitan, perkebunan kelapa hingga pantai.

"Ini aspalnya juga bagus, model Jerman kalau tidak salah. Lebih kuat karena agak kasar. Jalurnya bagus dan tempatnya indah. Ini kita siapkan untuk pemudik yang lewat selatan. Ini sudah siap dilintasi pemudik. Kendaraan ini sudah berlalu lalang," katanya.

Jalan tersebut memiliki panjang total 211.95 km. Sampai tahun anggaran 2018 sudah dikerjakan sepanjang 151,23 km atau 71,35 persen. Ganjar yang sehabis nyekar di makam kedua orangtuanya di Purworejo kemudian meluncur menuju titik awal Jalan Urut Sewu Kebumen. Melihat kualitas aspalnya Ganjar pun tergoda untuk melintas sampai ujung.

"Kalau kemarin semua orang ngecek Pantura, sekarang kita mau cek jalur selatan. Saya mau muter sampai pol jalan ini, saya ini mau memastikan jalan ini sampai ujungnya. Jadi mungkin tembusnya ke Banyumas dan terus saya berlanjut ke Utara," katanya.

Baca Juga: Listrik Gratis diberikan Warga miskin di Jepara

Namun demikian Ganjar menyarankan pada pemudik yang memilih jalur selatan untuk berhati-hati karena masih minimnya lampu penerangan jalan. Namun dirinya berjanji bakal segera menangani hal tersebut.

"Ini kita berikan para pemudik lewat selatan, lewat selatan bagus. Mungkin yang masih perlu bantuan atau yang harus pemudik hati-hati ketika lewat selatan ini belum ada penerangan jalannya. Nanti kita bantu dengan pasang eliniator mudah-mudahan mudik lebaran lewat selatan bisa lebih lancar," katanya.

Selain itu Ganjar juga mengatakan untuk jalur tengah memang ada sedikit hambatan karena pengerjaan pelebaran jalan di Jambu, Kabupaten Semarang yang sampai saat ini belum selesai. Namun, dia memastikan segala alat berat dan material pengerjaan tidak akan mengganggu pemudik.

"Tinggal yang jalur tengah tadi yang masih jadi PR adalah yang di Jambu. Oleh karena itu bantuan dari kabupaten sangat penting," katanya.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,10,Automotif,32,Bisnis,10,Brebes,2,Entertainment,4,Exhibition,7,Gunung,2,Internasional,21,Jepara,116,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,84,Olahraga,30,Pantai,5,Pariwisata,28,Pemalang,1,Pemda,26,Pendidikan,29,Persijap,13,Politik,25,Tegal,15,teknologi,44,Wanita,8,
ltr
item
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya: Ganjar Cek Kesiapan Mudik di Jalur Tengah sampai Selatan
Ganjar Cek Kesiapan Mudik di Jalur Tengah sampai Selatan
Ganjar Pranowo kembali melakukan pengecekan di sejumlah jalur tengah hingga selatan.
https://4.bp.blogspot.com/-oZnSIca1gdc/XOZerudKqLI/AAAAAAAAAo8/g3WyZ6EO_XkER0oXhOUhLdZwgZU0SzlGACLcBGAs/s320/ganjarpranowo1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-oZnSIca1gdc/XOZerudKqLI/AAAAAAAAAo8/g3WyZ6EO_XkER0oXhOUhLdZwgZU0SzlGACLcBGAs/s72-c/ganjarpranowo1.jpg
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya
https://www.kartininews.com/2019/05/ganjar-cek-kesiapan-mudik.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/05/ganjar-cek-kesiapan-mudik.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy