Iklan

Iklan

,

Iklan

Artis YouTube Gamer "Etika" meninggal setelah Terkena Gangguan Mental

26 Jun 2019, 10:00 WIB Last Updated 2019-06-26T03:00:30Z
Artis YouTube Gamer Desmond "Etika" Amofah meninggal pada usia 29 setelah terkena gangguan Mental. Amofah telah berjuang dengan penyakit mental dan berbicara tentang ketidaknyamanannya dengan popularitasnya di internet terutama youtube. Dia bernama lengkap Daniel Desmond Amofah, a.k.a. Etika, seorang vlogger game populer dengan lebih dari 800.000 Subscriber di YouTubenya.

Departemen Kepolisian New York mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa "tubuh tak bernyawanya" yang ditemukan pada malam 24 Juni telah diidentifikasi secara positif sebagai tubuh Amofah. Dia dianggap hilang sejak 19 Juni, ketika pihak berwenang menemukan dan mengambil kembali barang-barangnya, termasuk ponsel dan identitasnya. Barang-barangnya ditemukan mengikuti video yang mengkhawatirkan berjudul "Maaf," yang diposting Amofah ke saluran YouTube sekundernya. Dalam video itu, yang sejak itu dihapus, dia berbicara tentang kesehatan mentalnya saat berjalan melalui Kota Manhattan. Dia telah mengungkapkan pemikiran serupa dalam pernyataan publik sebelumnya seperti video dan tweet selama kurang lebih 8 bulan terakhir.

Pihak Polisi New York masih menyelidiki keadaan tentang kematian Amofah, ia tampaknya telah mengalami masalah kesehatan mental sebelumnya. Amofah menjadi terkenal karena konten tentang Game Nintendo. Amofah juga pernah melibatkan franchise game pertempuran Super Smash Bros. Setelah itu, Amofah mulai memposting video yang menyarankan ide gila "bunuh diri" musim gugur lalu.

Tahun 2018, Channel YouTube utamanya di banned dikarenakan mengupload video ponrografi yang melanggar TOS Youtube. Namun Amofah tidak kapok, ia memposting video yang tidak menentu di mana ia tampaknya menunjukkan tanda-tanda gangguan mental dan meninggalkan pesan di media sosial dan komunitas internet yang membuat banyak pengikutnya khawatir tentang keselamatannya.

Amofah terus bicara ide "bunuh diri"nya di platform sosmed seperti Reddit dan Twitter. Pada bulan April 2019, ia dilarang dari platform Twitch live-streaming yang populer, di mana ia juga merupakan creator aktif sosmed, setelah ia memposting konten anti-Semit dan homofobik. Dia tampaknya bereaksi terhadap larangan tersebut dengan menyiarkan langsung di Instagram tanggapan polisi terhadap panggilan di kediamannya, di mana ia diduga telah mengancam akan melukai "diri sendiri". Polisi, mengenakan pakaian anti huru hara, akhirnya memasuki rumahnya. Amofah dilaporkan dirawat di fasilitas kesehatan mental setelah insiden Oktober dan April.

Amofah mulai buat channel YouTube tahun 2012 dan dengan cepat populer karena video reaksi game lucu. Sebelum masuk di YouTube, ia bekerja sebagai model.

Teman-teman Amofah dan anggota komunitas game dan YouTube telah menyatakan keprihatinan di masa lalu atas kesehatan mentalnya dan juga kekhawatiran itu selama sepekan saat Amofah dinyatakan hilang. Polisi mengkonfirmasi meninggalnya Amofah yang disebut sebagai "Etika" menjadi trending topik teratas Twitter di seluruh dunia saat para pengikutnya berduka. Banyak followernya juga mengubah nama profil mereka menjadi “joycon boyz” sebagai penghormatan.

Sedangkan di Indonesia sendiri, banyak creator youtube yang sudah teracuni mentalnya hanya mengejar dollar dari monetise youtube. Ide mereka tentang prank pocong dan lainnya sangat tidak beretika dan tidak bermoral. Padahal yang kuasa di youtube adalah youtube ssendiri yang setiap waktu dapat memutuskan monetisenya. Ketenaran dan popularitas youtube menjadi pemicu anak anak muda yang masuk dunia youtube tidak lagi mengedepankan Moral dan Etika. Bahkan di Tahun politik kemarin youtube juga dijadikan media adu domba dan hoax.

Iklan

iklan