KH Maimun Zubair Wafat dan dimakamkan di Ma'la Makkah

KH Maimun Zubair Wafat dan dimakamkan di Ma'la Makkah. prosesi pemakaman Mbah Moen, KH Maimoen Zubair, di Jannatul Ma’la, Makkah Al-Mukarramah,

Kabar meninggalnya KH Maimun Zubari sudah tersebar di seanteo jagat raya, kemarin, hari itu juga Ulama terkemuka di Makkah, Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi al-Maliki, yang memimpin talqin dan doa didalam prosesi pemakaman Mbah Moen, KH Maimoen Zubair, di Jannatul Ma’la, Makkah Al-Mukarramah, Selasa (6/8/2019).

Keputusan untuk di makamkan di Ma'la ini diungkapkan oleh Kepala Daker Mekkah, Subhan Cholid, yang bertanggungjawab terhadap para WNI (Warga Negara Indonesia) di Makkah. Seorang santri, Asyrofi, dan juga seorang petugas haji adalah yang mendampingi Mbah Moen, semenjak di Rumah Sakit, hingga ke proses pemakaman. Saat prosesi pemakaman juga banyak dari Jamaah pelayat yang juga mengirimkan video-video prosesi pemakaman Mbah Moen di Ma'la.

Bacalagi: Disangka Tas Louis Vuitton, Tas Karya Warga Semarang ditahan di Rusia

Beberapa video juga terlihat bahwa pelayat dari berbagai negara menghadiri dan mengiringi prosesi pemakaman jenazah Mbah Moen yang dibawa dari Masjidil Haram menuju komplek Ma’la.

“Yang memimpin doa dalam prosesi Pemakaman adalah putra dari Sayyid Abbas bin Alawi alMaliki, yang mendapat gelar "Bulbul Makkah", dan juga dipimpin keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi alMaliki, karena Sayyid Alawi almaliki adalah gurunya Al Mukarrom” jelas Subhan Cholid, Kepala Daker Mekkah.

Subhan juga menjelaskan bahwa sebelum dimakamkan, jenazah Al Mukarrom Mbah Moen ini mendapat penghormatan, yaitu disholatkan di Masjidil Haram oleh jutaan orang jama’ah haji.

“Prosesi pemakaman Al Mukarrom Mbah Moen ini, dari awal sampai akhir juga dipimpin oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin dan serta Duta Besar RI di Saudi Arabia, Agus Maftuh,” jelas Cholid.

Bacalagi: Warga Rusia Memadati Festival Indonesia Moscow 2019

Menurut Subhan, sejumlah ulama Indonesia di Arab Saudi juga secara bergantian memimpin solat jenazah dan doa dengan bergantian. Diantaranya KH. Anwar Mansur, KH. Bunyamin Ruhiyat, KH. Aufal Marom, KH. Ulin Nuha Arwani dari Kudus, dan masih banyak lagi ulama dari Indonesia yang hadir.

Pada hari Selasa, 6 agustus sekitar jam 2 pagi lebih yang hampir mendekati waktu subuh, mendengar kabar Al Mukarrom mbah Moen kritis dan sedang dibawa ke Rumah Sakit Annur, Mekah, Menteri Agama langsung menuju Rumah Sakit Annur. Sesaat sampai di Rumah Sakit, dan mbah Moen sudah dinyatakan telah wafat, dan kemudian selanjutnya jenazah Al Mukarrom dimandikan di masjid Al muhajirin wilayah musfalah. Pak Menag langsung memimpin prosesi pemandian Al Mukarrom Mbah Moen. Wisma Daker pun kemudian disiapkan oleh Subhan atas instruksi Menag sebagai kadaker Mekkah. Wisma Daker disiapkan sebagai tempat persemayaman Al Mukarrom dan juga tempat jemaah untuk berta’ziyah.

Sekitar pukul 9 pagi waktu makkah, jenazah tiba di Wisma Daker. Karena banyaknya para pelayat jemaah yang bertakziyah dan juga dikarenakan ruangan terbatas, maka Subhan membuat shalat jenazah secara bertahap dan bergantian. Proses mensholati Jenazah pun berlangsung dengan khidmah dan setiap kali selesai sholat jenazah dengan siapapun imamnya langsung untuk memimpin doa. Diantara yang memimpin sholat dan doa kesemuanya adalah kyai sepuh yang sedang menunaikan ibadah haji.

"Proses sholat jenazah itu sampai pukul 10.30 waktu makkah tak kurang 12 kali pelaksanaan solat jenazah,” terang subhan.

Subhan juga menjelaskan bahwa proses selanjutnya dilaksanakan upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Dubes RI Riyad dan Menag. Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan sambutan atas nama Rakyat Indonesia.

Dan kemudian jenazah Al Mukarrom Mbah Moen dibawa ke Masjidil Haram untuk disholatkan secara berjamaah yang dengan jutaan para jamaah yang hadir di Masjidil haram tersebut dan kemudian dilakukan proses pemakaman di Ma’la.

Bacalagi: Anggi dan Prima Tepilih Ikut Jambore Dunia di Amerika

“Sederhananya, sejak beliau kritis hingga pemakaman yang urus kita semua dipimpin pak Dubes dan pak Menag,” singkatny Subhan menjelaskan.

Sementara, ada video yang sempat viral, yaitu Habib Rizieq Shihab juga tampak hadir berada di tengah kerumunan jamaah pelayat dari WNI. Dengan tiba-tiba mengencangkan suaranya dan berdoa untuk al Mukarrom Mbah Moen. Atas kejadian ini, dinilai KBRI Riyadh Sa’dullah Affandi adalah bukanlah hal istimewa. Sa'dullah juga menjelaskan bahwa siapapun yang hadir takziah dan membaca doa untuk al mukarrom Mbah Moen, tidak ada ketentuan formal untuk mendoakan kepada tokoh dan ulama besar mbah Moen.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,7,Automotif,25,Bisnis,8,Brebes,2,Exhibition,6,Gunung,2,Internasional,19,Jepara,80,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,56,Olahraga,22,Pantai,5,Pariwisata,27,Pemalang,1,Pemda,21,Pendidikan,15,Persijap,11,Politik,19,Tegal,8,teknologi,36,Wanita,8,
ltr
item
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya: KH Maimun Zubair Wafat dan dimakamkan di Ma'la Makkah
KH Maimun Zubair Wafat dan dimakamkan di Ma'la Makkah
KH Maimun Zubair Wafat dan dimakamkan di Ma'la Makkah. prosesi pemakaman Mbah Moen, KH Maimoen Zubair, di Jannatul Ma’la, Makkah Al-Mukarramah,
https://1.bp.blogspot.com/-c8QHLM6VTrU/XUpA0NdwqgI/AAAAAAAAByY/tQR2z7_OOHUWOM8f5g8vsnLSRHHEBeKbwCLcBGAs/s640/mbahmoen.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-c8QHLM6VTrU/XUpA0NdwqgI/AAAAAAAAByY/tQR2z7_OOHUWOM8f5g8vsnLSRHHEBeKbwCLcBGAs/s72-c/mbahmoen.jpg
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya
https://www.kartininews.com/2019/08/kh-maimun-zubair-wafat-dan-dimakamkan.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/08/kh-maimun-zubair-wafat-dan-dimakamkan.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy