Iklan

Iklan

,

Iklan

Membangun Desa dimulai dari Curahan Hati UMKM Tegal

26 Agu 2019, 14:02 WIB Last Updated 2019-08-26T07:19:46Z
Tegal - Ada hal yang menarik dalam kegiatan Apel Rakyat Indonesia membangun desa yang di selenggarakan oleh Pos Raya (posko relawan rakyat), Sabtu 24 Agustus 2019 di Slawi Tegal. Apel Rakyat ini mengundang banyak Tokoh Penting dan di penghujung acara ada sesi tanya jawab antara ketua umum pos raya, Ferdy Semaun dan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Salah satu pelaku UMKM yang menamakan diri Komunitas Nyonya Juragan WP (Wirausaha Muda Pemula), menunjukkan semangat dan optimisme serta antusias dengan kegiatan apel rakyat Indonesia membangun desa ini. Kegiatan ini menjadikan pokok utama dari kesimpulan para pelaku UMKM yang sengaja dilibatkan dalam kegiatan ini, terutama adalah para pelaku UMKM yang tidak tersentuh oleh Pemerintah Daerah setempat. Apel rakyat ini pada intinya ingin mendengarkan langsung terkait tata kelola dan market hasil produk para pelaku UMKM.

Bacalagi: Kasus Pencurian Di SMK Peristek Kalikangkung Tegal Terungkap

Apel Rakyat yang diselenggarakan di Tegal ini menghasilkan aktifitas sesi tanya jawab dari para pelaku UMKM. Para pelaku ini mempunyai produk yang luar biasa hasil olahan produknya. Dari mulai pengolahan, kemasan (packaging) hingga pemasaran. Kemudian manajemen Usahanya juga sudah sangat rapih dalam menajalankan usahanyanya. Namun dari Pemerintah khususnya Pemda setempat belum tersentuh sehingga terkendala dengan sistem permodalan dan perizinan suatu produk.

Hal yang masih menjadi PR dan masih tumpang tindih dengan regulasi yang ada saat ini adalah produk-produk unggulan lokal yang mestinya di bina dan diberikan akses kemudahan dalam hal permodalan. Dengan kemudahan ini akan memberikan proses keberkelanjutan dalam mengembangkan usahanya.

Bacalagi: Nur Khikmah ditemukan tinggal Jasadnya di Rumah Kosong Bekas Bengkel Las

Presiden Jokowi juga sudah menegaskan langsung dalam berbagai kegiatan usaha. UMKM yang ada di Kabupaten Tegal ini juga harus diperhatikan dan diberikan akses mudah dan murah terutama produk-produk lokal, sehingga pengembangan ekonomi bisa menjadi pesat.

Dikarenakan membangun Desa merupakan program membangun Indonesia yang dengan jumlah sekitar 74,900 Desa, POS Raya memulainya dari Desa Yang ada di Kabupaten Tegal dengan Kegiatan APEL Rakyat Indonesia. Kegiatan ini juga dalam rangka membangun Potensi-potensi produk unggulan yang ada di Desa. Inilah sebabnya bahwa dengan Program Indonesia Membangun Desa maka Indonesia akan kuat. Dengan kekuatan ekonomi yang dari Desa menjadi tolok ukur kekuatan pertumbuhan Ekonomi Negara.

Bacalagi: Terpilihnya Mas Mbak Duta Wisata Kabupaten Tegal

Apel Rakyat Indonesia deangan Membangun Desa oleh Pos Raya di Slawi kemarin bukanlah menjadi acara seremonial, akan tetapi sebagai aksi nyata untuk mendorong kembali para pelaku UMKM untuk mempunyai revolusi Mental dan juga untuk para pemangku kebijakan agar menjalankan amanat dari visi-misi Presiden berjalan dengan baik. (panitia.081329533888).

Iklan