Pemkot Pekalongan akan terbitkan Perda Larangan membuang Sampah ke Sungai

Kerja Bakti Sosial dan Karya Bhakti Spektakuler Kodim 0710 Pekalongan. Lebih lanjut Wakil Walikota menghimbau, kepada seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Pekalongan - Dalam rangka menyambut HUT TNI yang ke-74, Markas Kodim 0710/Pekalongan melaksanakan aksi berbagai kegiatan yang diantaranya adalah kerja bakti sosial dan juga kerja karya bhakti spektakuler.

Kegiatan pagi tadi adalah yang menjadi sasaran karya bakti spetakuler yaitu kerja bakti pembersihan saluran air (sanitasi) yang merupakan aliran sungai Bremi di wilayah Kelurahan Pringrejo Kecamatan Tirto Kota Pekalongan. Sungai tersebut dipenuhi dengan tanaman enceng gondok. Jumat (30/8/2019).

Bacalagi: Pengembangan Destinasi Wisata diminta Dipercepat oleh Presiden Jokowi

Kegiatan kerja karya bakti ini diawali dengan apel pagi dengan dipimpin oleh Wakil Walikota Pekalongan, H. A. Afzan Arslan Djunaid. Dalam sambutan apel pagi, Aaf sebutan akrabnya menyampaikan bahwa sebuah kebersihan di sungai menjadi kewajiban bersama dan tanggung jawab bersama, tidak hanya merupakan tugas dari pemerintah saja, melainkan hal itu menjadi peran serta warga masyarakat untuk secara aktif membersihkan sungai.

“Kegiatan kerja bakti bersih-bersih sungai ini kita harus mengawali dengan memberi contoh, karena kita lihat sendiri sungai kita ini sangat hitam terutama pada musim kemarau. Kondisi ini terjadi hampir 10 tahun terakhir ini khususnya. Sedangkan dua tahun terakhir ini juga sungai dipenuhi dengan sampah yang luar biasa menumpuk baik tanaman eceng gondok dan juga sampah plastik,” terang Aaf.

Lebih lanjut Wakil Walikota terus menghimbau, kepada seluruh elemen warga masyarakat untuk senantiasa selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar, khususnya dengan tindakan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka Perda Kebersihan Lingkungan yang sedang disiapkan akan segera diterapkan.

Bacalagi: Presiden Jokowi berikan 3.800 Sertifikat Tanah untuk Warga Purworejo

“Perda larangan membuang sampah ke sungai dengan denda tunai Rp 50 juta, dan hukuman kurungan satu bulan akan kami terapkan, jika masyarakat tidak mengindahkan peringatan. Kami terpaksa harus tegas untuk menerapkan sanksi itu, Perda ini harus ditegakkan untuk membuat efek jera, kalau tidak seperti itu sungai di Kota Pekalongan akan banyak sampah dan terus tercemar,” jelas Aaf.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto menyampaikan, kegiatan kerja bakti bersih sungai ini selain rangkaian dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, juga sebagai bentuk aksi sinergitas antara Pemerintah Kota Pekalongan, TNI/POLRI dan seluruh komponen masyarakat.

“Bisa dilihat, eceng gondok ini cepat sekali tumbuhnya dan sangat mengganggu, sehingga dalam kegiatan ini perlu melibatkan seluruh komponen masyarakat termasuk komunitas untuk membersihkannya agar aliran sungai menjadi bersih," terang Arfan.

Bacalagi: Presiden Jokowi meninjau Bandara Internasional Yogyakarta

Dandim melanjutkan bahwa pembersihan eceng gondok ini sangat mengurangi resiko bencana khususnya rob yang sering terjadi di Kota Pekalongan. Jika enceng gondok ini tidak segera dibersihkan dan hanya dibiarkan saja, maka sangat dikhawatirkan akan berdampak negatif pada lingkungan sekitar.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,8,Automotif,31,Bisnis,9,Brebes,2,Entertainment,4,Exhibition,6,Gunung,2,Internasional,21,Jepara,109,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,84,Olahraga,29,Pantai,5,Pariwisata,28,Pemalang,1,Pemda,23,Pendidikan,25,Persijap,13,Politik,24,Tegal,15,teknologi,41,Wanita,8,
ltr
item
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya: Pemkot Pekalongan akan terbitkan Perda Larangan membuang Sampah ke Sungai
Pemkot Pekalongan akan terbitkan Perda Larangan membuang Sampah ke Sungai
Kerja Bakti Sosial dan Karya Bhakti Spektakuler Kodim 0710 Pekalongan. Lebih lanjut Wakil Walikota menghimbau, kepada seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar
https://1.bp.blogspot.com/-iz39DDh1ljY/XWj42n8tW3I/AAAAAAAACI0/HJlBCTXGKh8iY_UbqOBxe3ELhE951yr6QCLcBGAs/s640/dandimpekalogan.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-iz39DDh1ljY/XWj42n8tW3I/AAAAAAAACI0/HJlBCTXGKh8iY_UbqOBxe3ELhE951yr6QCLcBGAs/s72-c/dandimpekalogan.jpeg
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya
https://www.kartininews.com/2019/08/pemkot-pekalongan-akan-terbitkan-perda.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/08/pemkot-pekalongan-akan-terbitkan-perda.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy