Perda Wisata Gratis Kabupaten Jepara Belum Disetujui Kemendagri

Perda Wisata Gratis Kabupaten Jepara Belum Disetujui Kemendagri. penggratisan retribusi masuk ke objek wisata di Kabupaten Jepara yang tak kunjung selesai.

JEPARA - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta masyarakat untuk bersabar terkait penggratisan retribusi masuk obyek wisata yang ada di Kabupaten Jepara. Pasalnya, saat ini masih menunggu evaluasi yang dilakukan oleh Kementrian Dalam Negeri. Hal ini disampaikan Andi kepada pewarta, Jumat (2/8/2019).

Menurut Andi, pihaknya bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara sudah datang ke Kemendagri pekan lalu.  Kunjungan dilakukan untuk memastikan progres evaluasi peraturan daerah (perda) terkait penggratisan retribusi masuk ke objek wisata di Kabupaten Jepara yang tak kunjung selesai.

Bacalagi: Makanan Khas Jepara "Pong Blosok" Jadi Juara 3 se-Jateng

“Karena penggratisan ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Pada sisi yang lain, kami tak bisa serta merta menggratiskan kalau perda ini belum diundangkan. Padahal untuk mengundangkan sebuah perda terkait retribusi, evaluasi Mendagri adalah syarat mutlak,” kata Andi.

Menurutnya, pihaknya merasa perlu menanyakan langsung ke Kemendagri karena dalam komunikasi yang selama ini dilakukan, diperoleh informasi perda wisata gratis Kabupaten Jepara belum diselesaikan evaluasinya. Padahal perda itu telah dikirim oleh Biro Hukum  Setda Provinsi Jawa Tengah, sekitar sepekan setelah Pesta Lomban. Diperoleh keterangan, hal itu karena banyaknya ranperda yang harus dievalusi dari banyak daerah di Indonesia.

Bacalagi: Jenis Durian Unggul yang Ada di Indonesia

“Selama ini kita sudah mengejar terus, loh, ke Kemendagri. Karena kami tahu ranperda sudah ada di sana. Sebelum evalusi Kemendagri, memang harus dievaluasi terlebih dahulu oleh Biro Hukum Setda provinsi. Dan itu sudah diselesaikan provinsi setelah Lomban yang lalu. Kemudian langsung dikirim ke Kemendagri,” ulangnya.

Dengan upaya ke Kemendagri ini, Andi berharap ranperda segera disetujui supaya Pemkab Jepara bisa segera mengundangkan perda tersebut. Dengan demikian, warga benar-benar bisa menikmati masuk ke objek wisata milik Pemkab Jepara secara gratis.

Sementara itu, Plt Disparbud Jepara Zamroni Lestiaza menyebut, pihaknya juga berposisi tidak enak atas belum selesainya evaluasi ranperda ini. Pengunjung sering  berdebat dengan petugas gerbang objek wisata karena mengira penggratisan sudah bisa dilakukan.

Bacalagi: Ganjar Tingkatkan Borobudur untuk dikunjungi 5 juta Umat Budha setiap Tahun

Penggratisan retribusi masuk tempat wisata, disetujui DPRD Kabupaten Jepara, Selasa (21/5/2019) lalu. Persetujuan diberikan dalam penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi. Kala itu, rapat paripurna penetapan dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Junarso. (Jbrg)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,7,Automotif,25,Bisnis,8,Brebes,2,Exhibition,6,Gunung,2,Internasional,19,Jepara,80,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,56,Olahraga,22,Pantai,5,Pariwisata,27,Pemalang,1,Pemda,21,Pendidikan,15,Persijap,11,Politik,19,Tegal,8,teknologi,36,Wanita,8,
ltr
item
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya: Perda Wisata Gratis Kabupaten Jepara Belum Disetujui Kemendagri
Perda Wisata Gratis Kabupaten Jepara Belum Disetujui Kemendagri
Perda Wisata Gratis Kabupaten Jepara Belum Disetujui Kemendagri. penggratisan retribusi masuk ke objek wisata di Kabupaten Jepara yang tak kunjung selesai.
https://1.bp.blogspot.com/--R9_tW7dgDE/XUP_0rbeCqI/AAAAAAAABto/Vj-7gYpHhQQwKehSuzeQDEum6eDcwCxeQCLcBGAs/s640/andi1.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/--R9_tW7dgDE/XUP_0rbeCqI/AAAAAAAABto/Vj-7gYpHhQQwKehSuzeQDEum6eDcwCxeQCLcBGAs/s72-c/andi1.jpeg
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya
https://www.kartininews.com/2019/08/perda-wisata-gratis-kabupaten-jepara.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/08/perda-wisata-gratis-kabupaten-jepara.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy