Pindang Serani dan Makanan Khas Jepara Yang Wajib dicicipi

Pindang Serani dan Makanan Khas Jepara Yang Wajib dicicipi. cobalah pindang serani. Masakan ini terbuat dari ikan laut segar ditambah rempah-rempah.

Jika Anda Ke Jepara, akan ada banyak makanan yang bisa dicicipi dan disantap bersama keluarga. Karena kemungkinan Anda hanya lebih mengenal kota Jepara di Jawa Tengah ini adalah sebagai penghasil seni dan mebel. Akan tetapi sebenarnya tidak hanya itu, Jepara juga banyak menyimpan berbagai makanan dan kuliner tradisional yang super lezat. Dan Jepara sekarang juga sedang berbenah untuk menyiapkan untuk Kota Jepara sebagai Destinasi Wisata yang paling menarik di Jawa Tengah.

Kota Jepara sebagai tempat kelahiran pahlawan perempuan, RA Kartini, banyak memproduksi ukiran setiap bulannya, termasuk patung, ukiran relief, perhiasan monel, emasan, juga gerabah, rotan, serta anyaman bambu, macan kurung, dan sebagainya. Termasuk menyimpan menu Kulinernya yang lebih unik dengan nama khas Jepara sebagai kota di Jawa yang menarik.

Bacalagi: Fatayat NU Jepara Sekolah Politik dengan KPU

Pindang serani

Pindang Serani adalah makanan dari kategori seefood. Ini adalah menu makanan utama, Anda bisa mencobanya, pindang serani. Masakan Pindang Serani ini terbuat dari bahan ikan laut segar yang kemudian ditambah dengan rempah-rempah.

Ikan sebagai bahan utama pindang Serani biasanya menggunakan ikan badong, atau juga kakap putih yang masih segar. Kemudian diolah bersama dengan bumbu kunyit, asam jawa, daun serai, bawang merah, cabe, laos dan juga daun jeruk.

Memasak Khas Jepara pindang serani ini untuk membuatnya tidak terlalu sulit. Anda hanya tinggal memotong ikan yang sudah dibersihkan, dan kemudian menghaluskan resep bumbu dan juha rempah-rempah kecuali daun jeruk dan daun serai. Pertama kali, Ikan dimasak dalam air lebih dulu, kemudian semua bumbu dimasukan dalam rebusan ikan tersebut.

Setelah matang, penampilannya sangat menggugah selera makan, karena pindang serani ini mirip dengan sup ikan, namun ada bedanya, pindang serani berasa lebih pedas dan asam. Untuk menyantap pindang serani ini sangat cocok jika disantap untuk makan siang.

Blenyik

Blenyik atau tempong merupakan kumpulan dari ikan teri yang sudah dibentuk kepalan-kepalan kecil yang menyerupai jumputan atau rengginang ketan. Makanan tradisional Blenyik ini diproses dengan ikan teri yang kemudian diberi sedikit garam sehingga menimbulkan rasa khas asin.

Makanan khas Blenyik ini bisa langsung dimakan dengan nasi. Akan tetapi, Blenyik ini juga bisa juga dimasak kembali dengan resep bumbu irisan bawang putih dan merah, irisan tomat, garam, dan juga cabai merah dan hijau.

Bacalagi: PITI Jepara Berqurban Sapi di Desa Kaligarang Keling Jepara

Rondho Royal

Rondho royal juga merupakan makanan khas tradisional di Kabupaten Jepara. Rondho Royal ini terbuat dari tepung beras yang kemudian diaduk sampai lembut dan lalu diisi dengan tape dan akhirnya di goreng. Rasanya Rondho Royal ini cukup unik, ada rasa asam, rasa asin, dan juga manis.

Rondho royal layaknya gorengan, maka akan lebih nikmat jika disantap hangat-hangat. Rondho Royal adalah gorengan yang bisa dijadikan camilan ini, sangat mudah bisa ditemukan di Jepara, karena dijual berbagai pedagang mulai pedagang kaki lima, pedagang di pasar sampai juga dijual di restoran, contohnya di Rengkot Buyut.

Adon-adon coro

Adon-adon coro adalah minuman sejenis wedang. Wedang Adon adon Coro ini dikenal sebagai minuman kesukaan RA Kartini. Adon-Adon Coro atau sering disebut Jamu Adon-Adon Coro merupakan minuman tradisional khas Jepara yang mempunyai fungsi seperti jamu yang terbuat dari beberapa rempah-rempah, antara lain pandan, merica bubuk, kayu manis, ada sedikit cengkeh, lengkuas, yang ditambah dengan santan, lalu jahe, sedikit gula merah, dan juga air panas yang sudah diseduh. Minuman ini berasa pedas dan hangat karena bahan utama minuman ini merupakan jahe.

Wedang Jamu Adon Adon coro ini ternyata bisa membuat badan menjadi hangat. Hal ini dikarenakan bahan jahe yang kuat sehingga dapat menghangatkan tubuh. Wedang ini cocok diminum saat cuaca hujan atau sedang lagi kedinginan.

Horok-horok

Horok-horok merupakan jenis makanan pengganti nasi yang terbuat dari tepung pohon aren. Bentuk dari horog-horog ini berupa butiran kecil seperti mutiara atau sama persis styrofoam dan kenyal yang sudah dipadatkan. Horog horog ini terkadang mempunyai rasa asin. Namun biasanya tanpa rasa.

Horog Horog ini banyak ditemukan di pasar tradisional seperti pasar sore karangrandu dan pasar tradisional yang tersebar di kabupaten Jepara. Kebanyakan para pedagang horog horog ini disertai dengan jual sate kikil. Hal ini karena terasa sedap jika memang disantap dengan Sate kikil.

Bacalagi: 50 Anggota DPRD Jepara Dilantik Hari ini

Namun ada juga pedagang bakso yang menyediakan Horog horog untuk disantap bersama bakso. Seperti misalnya pedagang bakso ABC di Pasar Baru Pengkol Jepara. Namun ternyata tidak hanya itu saja Horog horog dapat bersanding dengan makanan apa saja, seperti misalnya pecel, soto atau lainnya.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,11,Automotif,40,Bisnis,12,Brebes,2,Entertainment,7,Exhibition,7,Gunung,2,Internasional,21,Jepara,125,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,88,Olahraga,32,Pantai,5,Pariwisata,29,Pemalang,1,Pemda,27,Pendidikan,30,Persijap,13,Politik,25,Tegal,15,teknologi,44,Wanita,9,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terkini: Pindang Serani dan Makanan Khas Jepara Yang Wajib dicicipi
Pindang Serani dan Makanan Khas Jepara Yang Wajib dicicipi
Pindang Serani dan Makanan Khas Jepara Yang Wajib dicicipi. cobalah pindang serani. Masakan ini terbuat dari ikan laut segar ditambah rempah-rempah.
https://1.bp.blogspot.com/-BYtnLizHvsc/XVc2UETix9I/AAAAAAAAB7U/2EcJHUZpeZAp6e4ZizEyjKMyFRgeRsXRQCLcBGAs/s640/pindangserani.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BYtnLizHvsc/XVc2UETix9I/AAAAAAAAB7U/2EcJHUZpeZAp6e4ZizEyjKMyFRgeRsXRQCLcBGAs/s72-c/pindangserani.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terkini
https://www.kartininews.com/2019/08/pindang-serani-dan-makanan-khas-jepara.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/08/pindang-serani-dan-makanan-khas-jepara.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy