Andi Serahkan ”Ondo Lanang” ke Masjid Mbah Arif Banjaran

Penuhi Janji, Andi Serahkan ”Ondo Lanang” ke Masjid Mbah Arif Banjaran. Alhamdulillah Mas Andi mengantarkan langsung tangga yang dulu dijanjikan. Meski hanya tangga, ini sebagai simbol pengingat sejarah

JEPARA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi memenuhi janjinya dua tahun lalu untuk memberi sebuah ondo lanang di Masjid Muhammad Arif Dukuh Sendangsari Desa Banjaran Kecamatan Bangsri. Janji itu dipenuhi pada Senin (2/9/2019) saat haul Mbah M. Arif. Penyerahan ondo lanang itu disaksikan langsung oleh Rais Syuriah PCNU Jepara, KH. Ubaidillah Nur Umar.

Penyerahan tangga tersebut bertepatan dengan Haul Mbah Muhammad Arif dan peringatan tahun baru Hijriyah. Tangga tersebut terbuat dari satu batang bamboo yang panjangnya sekitar sepuluh meter. Anak tangganya terbuat dari kayu yang dimasukkan lewat kubang yang dibuat pada bambu tersebut. Jarang antar anak tangga sekitar 20 sentimeter.

Bacalagi: Pemkab Jepara Siap Bantu Perluasan Embung Pertanian Karanggondang

Dian Kristiandi menyampaikan permohonan maafnya karena baru mengantarkan tangga yang sempat dijanjikan. Ia berharap tangga tersebut memberikan manfaat untuk keberlangsungan perawatan masjid.

“Saya agendanya hadir saat pengajian haul Mbah Muhammad Arif pada sore hari sekaligus meyerahkan tangga. Namun ada agenda lain yang tidak bisa ditinggal. Maka saya antar pagi sebelum haul dimulai,” ujar Andi.

Dengan penyerahan itu, katanya, maka “hutang” yang pada masa pencalonan bupati lalu sempat diucapkan maka sudah lunas terbayar.

Bacalagi; Pembalap Blora Juara Pertama Kelas Bebek Standart 125 CC

“Meski agak terlambat, tapi dengan penyerahan ini istilahnya sudah luwar ya janji saya,” kata Andi.

Sementara itu, KH. Ubaidillah Nur Umar menjelaskan, ia adalah keturunan keenam dari Mbah Muhammad Arif. Suatu ketika pernah bermimpi bertemu Mbah Arif di masjid itu. Untuk menemuai Mbah Arif harus menaiki ondo lanang di salah satu pilar masjid. Setelah sampai atas, turun lagi. Tiba-tiba di bawah sekitar masjid terlihat lapang. Banyak pengunjung yang datang untuk bertamu dan melantunkan ayat Al Quran.

Setelah mimpi itu, Mbah Ubed datang ke Masjid Mbah Arif. Ternyata tidak didapati tangga yang ia lihat di dalam mimpi. Tangga itu tidak ada semenjak masjid direnovasi. Kemudian pada saat Ahmad Marzuqi dan Dian Kristiandi mencalonkan diri menjadi calon bupati dan wakil bupati Jepara, menghadiri haul Mbah Arif.

Pada haul itu, Mbah Ubed mengatakan tangga yang digunakan untuk naik ke atap ketika perbaikan masjid sudah tak ada lagi. Diketahui masjid itu berdiri sejak 1220 Hijriyah.  Kemudian pasangan cabup dan cawabup saat itu menyanggupi akan membuatkan tangga yang selama ini sudah tidak ada lagi.

Bacalagi: Pirelli Road Race Jepara 2019 berlangsung Meriah di Alun Alun 1

“Alhamdulillah Mas Andi mengantarkan langsung tangga yang dulu dijanjikan. Meski hanya tangga, ini sebagai simbol pengingat sejarah,” kata Mbah Ubed.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,8,Automotif,31,Bisnis,9,Brebes,2,Entertainment,4,Exhibition,6,Gunung,2,Internasional,21,Jepara,109,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,84,Olahraga,29,Pantai,5,Pariwisata,28,Pemalang,1,Pemda,23,Pendidikan,25,Persijap,13,Politik,24,Tegal,15,teknologi,41,Wanita,8,
ltr
item
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya: Andi Serahkan ”Ondo Lanang” ke Masjid Mbah Arif Banjaran
Andi Serahkan ”Ondo Lanang” ke Masjid Mbah Arif Banjaran
Penuhi Janji, Andi Serahkan ”Ondo Lanang” ke Masjid Mbah Arif Banjaran. Alhamdulillah Mas Andi mengantarkan langsung tangga yang dulu dijanjikan. Meski hanya tangga, ini sebagai simbol pengingat sejarah
https://1.bp.blogspot.com/-FFH9VPgCx0w/XW0saBkqbvI/AAAAAAAACMM/TBUa5XE7_L4VFYwKyuQDHPAPa4Jc755OgCLcBGAs/s640/ondolanang.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-FFH9VPgCx0w/XW0saBkqbvI/AAAAAAAACMM/TBUa5XE7_L4VFYwKyuQDHPAPa4Jc755OgCLcBGAs/s72-c/ondolanang.jpeg
Berita Jepara Terbaru dan Sekitarnya
https://www.kartininews.com/2019/09/andi-serahkan-ondo-lanang-ke-masjid.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/09/andi-serahkan-ondo-lanang-ke-masjid.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy