Iklan

Iklan

,

Iklan

MUI Jepara Pelopor Umat Beragama

31 Okt 2019, 17:30 WIB Last Updated 2019-10-31T10:32:53Z
JEPARA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi mendukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jepara menjadi pelopor dan teladan toleransi umat beragama. Dukungan ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat menghadiri Pengukuhan dan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten Jepara periode 2019-2024 di Pendopo Kartini Kabupaten Jepara, Kamis (31/10/2019).

Pengukuhan pengurus MUI Jepara periode 2019-2024 dilakukan langsung oleh Ketua MUI Jawa Tengah Dr. KH. Ahmad Daroji didampingi oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jawa Tengah Ali Mufidz. Hadir juga Forkopinda Kabupaten Jepara, tokoh agama, perwakilan organisasi pemuda dan perwakilan MUI kecamatan. Untuk periode 2019-2014, MUI Kabupaten Jepara kembali akan dinahkodai oleh Ketua sebelumnya yakni Dr. KH. Masyhudi, M.Ag.

Bacalagi: Ustad Somad Sengaja Membuat Pengajian yang Tertolak

Menurut Dian Kristiandi, MUI memiliki peran penting untuk menjaga kerukunan diantara ormas yang ada. Karena jika kerukunan antar ormas seagama tidak terjaga maka akan sulit untuk menjaga kerukunan sesama anak bangsa yang berbeda-beda agamanya. “MUI harus menjadi dinamisator diantara umat-umat yang ada,” kata Andi, Kamis (31/10/2019).

Andi meminta kepengurusan MUI periode ini untuk terus meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jepara. Berbagai program di periode sebelumnya yang sudah berjalanan baik dan relevan harus dipertahankan. “Namun yang harus diperhatikan juga program yang disusun harus disesuaikan dengan perkembangan revolusi digital saat ini,” jelasnya.

Bacalagi: Dian Meletakkan Batu Pertama Musholla Walisongo Mambak Jepara

Dalam kesempatan itu Andi juga menyampaikan jika tahun depan Pemkab jepara akan membangun islamic centre di sebelah selatan masjid Agung Jepara yang bisa ditempati oleh MUI Kabupaten Jepara. “Nanti akan kita bangun kantor MUI yang disatukan dengan islamic centre, termasuk kantor baznas dan pengurus masjid,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupten Jepara menyebut pentingnya ukhuwah dan toleransi tidak hanya dilisan dan pikiran namun harus dibuktikan dan diwujudkan. Menjaga kerukunan antar sesama ormas islam penting sebab hingga kini tidak ada dakwah islam yang selesai hanya oleh satu ormas saja. “Harus disengkuyung bersama sebab, MUI merupakan tenda besar umat islam,” jelas Masyhudi.

Bacalagi: Gebyar Tahun Baru Islam 1441 H dengan Gelar Budaya Jepara

Ketua MUI Jawa Tengah Ahmad Daroji meminta pengurus MUI Kabupaten Jepara untuk terus bersinergi dengan pemerintah. Menurutnya, bermitra dengan pemerintah tidak hanya menjadi tukang stempel melainkan harus memebrikan masukan konstruktif kepada pemerintah. “Harus memebrikan kritik, masukan kepada amsyarakat namun harus dengan cara yang santun,” jelasnya.

Iklan

iklan