Pemerintahan Desa Harus Berjalan Dengan Baik dari Hasil Pilpet

Pemerintahan Desa Harus Berjalan Dengan Baik dari Hasil Pilpet. Semua pihak harus terlibat dalam perencanaan APBDes, sebab APBDes bukan hanya kewenangan salah satu pihak saja melainkan harus bersama-sama.

JEPARA - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta kepada carik dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk membangun komunikasi yang baik kepada petinggi atau kepala desa. Terlebih dari hasil pemilihan petinggi serentak 17 Oktober lalu, banyak petinggi baru yang terpilih. Penegasan ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Carik dan BPD se Kabupaten Jepara di Pendopo Kartini Jepara, Selasa (29/10/2019).

Menurut Andi, membangun komunikasi yang baik dilakukan dalam rangka pemahaman penjabaran APBDes. "Petinggi maupun BPD yang baru ini kan perlu adaptasi baik secara personal maupun dalam hal pemerintahan termasuk kaitannya dengan tupoksi masing-masing. Sehingga komunikasi harus terjalin dengan baik," kata Andi, Selasa (29/10/2019).

Bacalagi: Pemuda Harus Menjadi Penjaga dalam Keutuhan NKRI

Andi menambahkan, jikapun saat pilpet lalu ada perbedaan pilihan politik jangan sampai mengganggu proses pemerintahan di desa. Intinya, tiga pihak yakni petinggi, carik dan BPD harus seiring sejalan agar pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Semua pihak harus terlibat dalam perencanaan APBDes, sebab APBDes bukan hanya kewenangan salah satu pihak saja melainkan harus bersama-sama. “Keberhasilan pembangun fisik dan non fisik ditentukan dalam perencanaan. Untuk itu perencanaan harus dilakukan dengan baik,”  ungkapnya.

Pelaksanaan pemerintahan di desa juga harus berdasarkan regulasi yang ada. Jika ada perbedaan pemahaman regulasi akan menggangu proses pemerintahan dan pembangunan di desa. “Semua pihak harus pahami regulasi yang ada agar paham tupoksi masing-masing. Dalam membangun desa juga harus mengedepankan prinsip gotong royong,” jelas Andi.

Pemerintah desa, lanjut Andi, juga diminta mempersiapkan diri untuk lomba desa yang mulai digelar tahun depan. “Silahkan mulai saat ini dipetakan dan direncanakan dengan baik APBDes nya sebab tahun depan mulai dilakukan loma desa yang hadiahnya cukup besar yakni 1 milyar untuk juara 1,” ungkapnya.

Bacalagi: Plt Bupati Jepara, Santri Ikon Perdamaian Dunia

Dalam kesempatan itu Andi juga menyampaikan terimkasih kepada semua elemen di desa yang telah mensukseskan pelaksanaan pilpet serentak beberap waktu lalu. “Terimakasih atas pelaksanaan pilpet yang sukses dan kondusif,” tandasnya.

Bacalagi: Lulusan Akbid Punya Tanggung Jawab Atasi Masalah Stunting

Sementara itu Kabid Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades Jepara Ferry Yudha menyampaikan kegiatan sosialisasi dan pembinaan ini diantaranya bertujuan untuk meningkatkan hubungan harmonis diantara berbagai elemen pemerintahan desa serta melakukan sinkronisasi tupoksi dalam penetapan APBDes.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,11,Automotif,40,Bisnis,12,Brebes,2,Entertainment,7,Exhibition,7,Gunung,2,Internasional,21,Jepara,125,karimunjawa,5,Lowongan,5,Nusantara,88,Olahraga,32,Pantai,5,Pariwisata,29,Pemalang,1,Pemda,27,Pendidikan,30,Persijap,13,Politik,25,Tegal,15,teknologi,44,Wanita,9,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terkini: Pemerintahan Desa Harus Berjalan Dengan Baik dari Hasil Pilpet
Pemerintahan Desa Harus Berjalan Dengan Baik dari Hasil Pilpet
Pemerintahan Desa Harus Berjalan Dengan Baik dari Hasil Pilpet. Semua pihak harus terlibat dalam perencanaan APBDes, sebab APBDes bukan hanya kewenangan salah satu pihak saja melainkan harus bersama-sama.
https://1.bp.blogspot.com/-Ij0gOYgrPJs/Xbf_1CumbOI/AAAAAAAACtk/rMnAd8SL_-EACgyjIDwqkumDNmhXjTm0QCLcBGAsYHQ/s640/petinggi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ij0gOYgrPJs/Xbf_1CumbOI/AAAAAAAACtk/rMnAd8SL_-EACgyjIDwqkumDNmhXjTm0QCLcBGAsYHQ/s72-c/petinggi.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terkini
https://www.kartininews.com/2019/10/pemerintahan-desa-harus-berjalan-dengan.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2019/10/pemerintahan-desa-harus-berjalan-dengan.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy