11 Solusi untuk Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid

11 Solusi untuk Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid. Apakah Anda baru saja mengubah alamat IP atau pengaturan DNS komputer Anda?

Kesalahan "Wi-Fi tidak memiliki konfigurasi IP yang valid" sebagian besar terjadi karena masalah driver, ketidaksejajaran router dan alamat IP PC, atau masalah DNS. Kesalahan ini tidak nyaman, karena mencegah Anda terhubung ke jaringan nirkabel. Untungnya, cukup mudah untuk memperbaiki masalah koneksi Wi-Fi tanpa memformat PC Anda. Mari kita lihat solusi potensial.

1. Restart PC dan Router

Mulailah perjalanan pemecahan masalah dengan me-reboot komputer dan router Anda. Untuk mem-boot ulang router, cabut selama 30 detik, lalu pasang kembali. Terkadang solusi sederhana seperti itu dapat mengatasi kesalahan.

2. Jalankan Pemecah Masalah Windows

Selanjutnya, coba jalankan Pemecah Masalah Windows untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah.

  1. Gunakan pintasan keyboard Win + X untuk membuka "Pengaturan" di PC Windows Anda.
  2. Buka “Jaringan & Internet”.
  3. Pilih "Status" dari bilah sisi kiri dan klik "Pemecah masalah jaringan" di panel kanan.

4. Tunggu pemecah masalah untuk mengidentifikasi masalah dan menawarkan solusi.

3. Nonaktifkan Sementara Antivirus Anda

Banyak orang Windows 10 merekomendasikan untuk mematikan layanan Antivirus, karena dapat meminta Windows untuk menetapkan IP yang valid. Apakah Anda menggunakan Windows Defender atau program antivirus pihak ketiga, pertimbangkan untuk mematikannya diikuti dengan memulai ulang komputer Anda untuk menyelesaikan masalah.

4. Reset TCP/IP yang Stack

Salah satu solusi yang paling direkomendasikan untuk kesalahan "Wi-Fi tidak memiliki konfigurasi IP yang valid" adalah mengatur ulang tumpukan TCP/IP pada PC Anda. Berikut langkah-langkah untuk meresetnya:

1. Tekan Win + X dan ketik "CMD" atau "Command Prompt" di bilah pencarian.

2. Klik “Run as administrator” di Command Prompt untuk membukanya.

3. Di jendela Command Prompt, ketik

[netsh winsock reset catalog]
dan tekan Enter. Tunggu hingga perintah dijalankan.
4. Selanjutnya, jalankan perintah:
[netsh int ip reset]
5. Tutup jendela Command Prompt dan restart PC Anda.

5. Perbarui Sewa IP dan Bersihkan Cache DNS

Jika perintah di atas tidak berfungsi untuk memberi Anda IP yang valid, coba bersihkan cache DNS dengan perintah yang tercantum di sini.
1. Buka Prompt Perintah.
2. Ketik perintah berikut, satu per satu:
[ipconfig /release
ipconfig /flushdns
ipconfig /renew]
3. Restart komputer Anda setelah menutup Command Prompt

6. Periksa Pengaturan Alamat IP

Apakah Anda baru saja mengubah alamat IP atau pengaturan DNS komputer Anda? Jika demikian, Anda harus beralih dari pengaturan manual ke otomatis atau sebaliknya untuk menyelesaikan masalah.

1. Buka Pengaturan dan buka "Jaringan & Internet."
2. Klik pada "Ubah opsi adaptor" di bawah bagian "Pengaturan jaringan lanjutan". Layar koneksi jaringan akan muncul. Anda juga dapat mencapai layar ini dengan mengetikkan "ncpa.cpl" di pencarian Windows.

3. Klik kanan pada adaptor Wi-Fi Anda dan pilih "Properties."
4. Dari jendela pop-up yang terbuka, klik “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan tekan tombol “Properties”.

5. Klik tombol di sebelah “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically” untuk mengaktifkan pengaturan otomatis.

Jika sudah dipilih, aktifkan tombol radio di sebelah "Gunakan alamat IP berikut" dan "Gunakan alamat server DNS berikut." Masukkan alamat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Untuk server DNS, kami menggunakan Google DNS, tetapi Anda bebas menggunakan yang lain.

Catatan: Anda mungkin perlu memeriksa ulang alamat IP, subnet mask, dan nilai gateway default dengan router Anda.

6. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Jika perbaikan ini tidak menyelesaikan masalah, alihkan kembali ke pengaturan awal.

7. Nonaktifkan Wireless Network Adapter

Sering kali, menonaktifkan dan mengaktifkan Wireless Network Adapter dapat memulai proses konfigurasi IP dan memberi Anda IP yang valid. Ikuti langkah ini:

1. Buka Pengaturan dan buka "Jaringan & Internet."
2. Klik kanan pada adaptor Wi-Fi Anda dan pilih "Nonaktifkan."
3. Tunggu selama 10 hingga 15 detik. Klik kanan pada adaptor yang sama lagi dan pilih "Aktifkan" dari menu.

8. Perbarui Wireless Network Adapter

Coba perbarui Wireless Network Adapter  seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Buka “Device Manager” menggunakan pencarian Windows.
2. Luaskan bagian Network Adapter. Klik kanan pada adaptor nirkabel Anda dan pilih "update driver." Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.

9. Instal Ulang Wireless Network Adapter

Masalah konfigurasi IP Wi-Fi juga dapat diselesaikan dengan mencopot pemasangan dan memasang kembali adaptor jaringan nirkabel. Gunakan langkah-langkah berikut untuk mencapai ini.

1. Buka “Device Manager” di komputer Anda.
2. Klik kanan pada adaptor nirkabel Anda yang ada di bawah bagian "Network adapters". Pilih "Uninstall device" dari menu.
3. Setelah dihapus, restart komputer Anda. Ini akan menginstal ulang wireless network adapter secara otomatis. Jika network adapter tidak dipasang karena alasan tertentu, klik item menu "action" diikuti oleh "Scan for hardware changes" di Pengelola Perangkat.

10. Reset Network Settings

Jika sepertinya tidak ada yang memperbaiki kesalahan "Wi-Fi tidak memiliki konfigurasi IP yang valid", Anda harus mengatur ulang pengaturan jaringan PC Anda. Hati-hati, karena ini akan mengembalikan semua pengaturan terkait jaringan ke konfigurasi aslinya, dan Anda perlu mengatur jaringan lagi.

1. Buka Pengaturan dan buka 'Koneksi jaringan'.
2. Dari bilah sisi kiri, pilih tab "Status". Gulir ke bawah dan klik opsi "Setel ulang jaringan".
3. Nyalakan kembali PC Anda. Mudah-mudahan, Wi-Fi akan mulai bekerja.

11. Change Router Properties

Selain memodifikasi berbagai pengaturan jaringan pada PC Anda, Anda juga harus mencoba properti router. Mengubah SSID dan kata sandi router akan menjadi langkah pertama, diikuti dengan mengubah keamanan router Wi-Fi dari WAP2/WAP3 ke WAP/WAP2. Ini dapat memicu Windows untuk mengatur ini sebagai jaringan baru, melewati kesalahan.

Terakhir, setel ulang router. Tapi pertama-tama, pastikan Anda tahu cara mengkonfigurasi ulang router.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,15,Automotif,50,Banten,1,Bisnis,28,Brebes,3,Entertainment,10,Exhibition,7,Gunung,2,Internasional,46,Jepara,185,Karanganyar,1,karimunjawa,12,Kota Serang,1,Lowongan,5,Nasional,40,Nusantara,130,Olahraga,50,Pantai,8,Pantura,4,Pariwisata,41,Pati,1,Pekalongan,2,Pemalang,2,Pemda,31,Pendidikan,35,Persijap,15,Politik,38,Serang,1,Tegal,16,teknologi,81,Wanita,16,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terkini: 11 Solusi untuk Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid
11 Solusi untuk Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid
11 Solusi untuk Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid. Apakah Anda baru saja mengubah alamat IP atau pengaturan DNS komputer Anda?
https://1.bp.blogspot.com/-Vv0BBULYm-c/YUqMx98j-NI/AAAAAAAADzI/cLIrQobehjI9sW2_7-I8gdJFNApLAyjZwCLcBGAsYHQ/w640-h366/wifi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Vv0BBULYm-c/YUqMx98j-NI/AAAAAAAADzI/cLIrQobehjI9sW2_7-I8gdJFNApLAyjZwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h366/wifi.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terkini
https://www.kartininews.com/2021/09/11-solusi-untuk-wi-fi-tidak-memiliki.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2021/09/11-solusi-untuk-wi-fi-tidak-memiliki.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy