Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10

Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10. Setelah download dua program perangkat lunak Windows 11 yang terpisah, ikuti langkah-langkah dalam tutor

Sudahkah Anda mencoba Windows 11 dan memutuskan untuk tetap menggunakan Windows 10? Bagi pengguna yang ingin menurunkan versi dari Windows 11 ke Windows 10, ikuti panduan sederhana ini untuk kembali ke sistem operasi yang lebih stabil. 

Tidak apa-apa jika nanti Anda menyesali tindakan ini, karena kami telah menambahkan petunjuk untuk membantu Anda meningkatkan ke Windows 11 sekali lagi.

Mengapa Downgrade dari Windows 11?

Apakah PC baru Anda sudah diinstal sebelumnya dengan Windows 11 atau Anda tidak menyukai apa yang ada di menu Windows 11, Anda mungkin ingin tetap menggunakan Windows 10 karena alasan berikut:

  • Windows 10 didukung penuh hingga Oktober 2025: ini mencakup semua fitur reguler dan pembaruan keamanan. Itu banyak waktu untuk tetap menggunakan perangkat Anda saat ini, baik itu Home, Pro, atau versi lainnya. Tidak diketahui apakah Microsoft dapat memberikan ekstensi di masa mendatang seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya.
  • Windows 10 dapat digunakan setelah tahun 2025: Pembaruan keamanan Windows 10 akan berlanjut setelah tahun 2025 setidaknya selama dua tahun lagi. Artinya, bisa digunakan setidaknya hingga 2027.
  • Fitur populer Windows 11 sudah didukung di Windows 10: banyak fitur Windows 11 didukung dalam beberapa bentuk di Windows 10, termasuk tata letak snap dan beberapa desktop.

Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10

Jika Anda telah meningkatkan ke Windows 11 dari Windows 10, ada dua cara untuk memutar kembali, tergantung pada berapa hari telah berlalu sejak pemutakhiran OS. Jika sepuluh hari atau kurang, Windows 11 memiliki sakelar bawaan untuk secara otomatis membantu Anda "kembali" ke Windows 10. Setelah tenggat waktu ini berakhir, Anda harus memilih instalasi Windows 10 yang bersih.

Baca; Windows 11 Official Minimum System Requirements untuk home sampai Pro

"Go Back" ke Windows 10 dari Windows 11 dalam Sepuluh Hari Instalasi

  1. Di perangkat Windows 11 Anda, buka "Pengaturan/setting -> Sistem/system."
  2. Klik opsi "Windows Update" di bagian bawah untuk mencapai "Additional options -> Recovery." 
  3. Item menu baru berjudul "Recovery options" akan muncul. Klik opsi "Go back" di bagian ini. Catatan: Anda juga dapat mencari "Go back" secara langsung menggunakan pencarian menu Start Windows 11.
Segera setelah Anda mengklik "Go Back", layar biru "Getting things ready" akan muncul. Ini akan mengharuskan Anda untuk menunggu beberapa detik.

Sebelum rollback, Anda akan menerima survei di mana Anda harus menyatakan alasan Anda kembali ke Windows 10. Ada juga ruang untuk memberikan feedback pribadi pada Windows 11.

Anda akan diminta untuk memeriksa pembaruan di Windows 11. Klik "Tidak, terima kasih" untuk melanjutkan.
Layar peringatan yang menyatakan bahwa Anda tidak dapat menggunakan PC hingga pembaruan selesai dan Anda harus menginstal ulang beberapa aplikasi/program akan muncul. 

Klik "Berikutnya" untuk melanjutkan. Anda harus mempertimbangkan untuk backup file Anda meskipun downgrade ke Windows 10 tidak menyebabkan hilangnya data.

Jangan lupa kata sandi perangkat Anda jika Anda memerlukannya untuk masuk ke Windows 10.

Setelah Anda mengklik "Kembali ke Windows 10", Anda tidak dapat menghentikan proses penurunan versi.

Selama downgrade layar biru/hitam akan muncul untuk waktu yang lama. Jika Anda mematikan perangkat menggunakan tombol Daya, perangkat akan reboot ke Windows 11.

Bagaimana saya tahu jika sepuluh hari telah berlalu sejak memutakhirkan ke Windows 11?

Bagi mereka yang memanfaatkan tawaran peningkatan gratis ke Windows 11, Anda memiliki sepuluh hari untuk kembali ke Windows 10.

Windows 11 tidak memberi tahu Anda tentang opsi ini dengan pemberitahuan atau pengingat sistem apa pun. Anda harus mengingat tanggal Anda pertama kali menginstal Windows 11 sendiri. Jika Anda ingin melacak di perangkat Windows, pertimbangkan untuk menggunakan Aplikasi Alarm & Jam.

Downgrade ke Windows 10 dari Windows 11 Setelah Sepuluh Hari

Cara lain untuk kembali ke Windows 10 adalah melakukan instalasi bersih. Seperti reset pabrik, ini akan sepenuhnya menghapus Windows 11 dari sistem Anda dan menginstal salinan baru Windows 10.

Kami telah membahas instruksi lengkap untuk mencapai instalasi Windows 10 yang bersih. Berikut ringkasan langkah-langkahnya:
1. Back up file Windows 10 Anda, kunci lisensi perangkat lunak, dan data penting lainnya. Anda dapat melakukannya di perangkat Windows 11 itu sendiri.
2. Download dan instal official Windows 10 Media Creation Tool resmi dan bakar file ISO ke drive USB.
3. Pulihkan kunci produk Windows 10 dari Command terminal menggunakan teks berikut:
wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey

4. Boot ke perangkat Windows 11 Anda yang ditingkatkan dalam mode aman menggunakan tombol boot yang sesuai, seperti F2, F10 atau F12. Ikuti opsi menu di layar untuk menginstal Windows 10 di perangkat Anda sekali lagi. Jika Anda memiliki lisensi Windows 10/11 yang valid, instalasi bersih benar-benar gratis.

Cara Meng-upgrade ke Windows 11 dari Windows 10

Setelah kembali ke Windows 10, Anda dapat kembali mengupgrade dari Windows 10 ke Windows 11. Syaratnya adalah harus diupdate terlebih dahulu ke versi terbaru Windows 10. Langkah-langkahnya didasarkan pada apakah Anda seorang Windows insider atau pengguna umum.

Untuk Windows 11 Insiders

Jika Anda adalah Windows 11 insider, buka pengaturan program Windows Insider dari kotak pencarian.


Pilih pengaturan Insider untuk saluran Pratinjau Rilis, Dev, atau Beta. Saluran Pratinjau Rilis adalah yang paling stabil dan harus lebih disukai.

Sebelum Anda kembali untuk melakukan upgrade, pastikan saluran “Release Preview” diaktifkan di perangkat Anda.

Prosedur upgrade Windows 10 ke Windows 11 lainnya mirip dengan prosedur untuk pengguna umum yang dijabarkan di bawah ini.

Untuk Pengguna Umum

Jika Anda bukan Windows Insider, Anda juga dapat dengan bebas meningkatkan ke Windows 11 dari Windows 10, asalkan perangkat Anda memenuhi kriteria kompatibilitas. (Ikuti panduan kompatibilitas ini.)
  1. Cara langsung untuk mengetahui kompatibilitas untuk Windows 11 adalah dengan "check for upgrades" pada perangkat Windows 10 Anda.
  2. Anda akan melihat status "Get ready for Windows 11". Klik untuk mengetahui apakah perangkat Anda berhasil. 
  3. Anda akan melihat status pada perangkat yang memenuhi syarat yang berbunyi: "PC ini dapat menjalankan Windows 11."
  4. Periksa perangkat Anda lagi untuk pembaruan Windows terbaru. Anda akan melihat pesan pembaruan "Tingkatkan ke Windows 11". Ini mengharuskan Anda untuk meninjau beberapa persyaratan lisensi. Klik pada tombol untuk melanjutkan.
  5. Terima dan instal persyaratan lisensi perangkat lunak untuk Windows 11 untuk melanjutkan.
Download / Pengunduhan dan penginstalan Windows 11 akan terjadi secara otomatis dan akan melibatkan beberapa kali restart.
Jika Anda memerlukan petunjuk langkah demi langkah lengkap tentang apa yang diharapkan selama instalasi Windows 11 dari awal, Anda dapat menemukannya di sini. Ikuti bagian terakhir untuk memahami berapa banyak waktu yang diperlukan pada perangkat Anda, karena peningkatan melibatkan lebih dari beberapa layar biru dan hitam.

Upgrade Windows 11 dari Windows 10 Menggunakan File ISO Windows 11

Waktu untuk akses ke pembaruan Windows 11 dapat bervariasi dari perangkat ke perangkat, karena Microsoft meluncurkan pembaruan gratis secara bertahap. Namun, Windows Insider dan mereka yang membeli laptop/PC baru harus mendapatkan akses instan.

Jika Anda tidak bisa menunggu selama itu, Anda harus menginstal Windows 11 ISO dan alat pembuatan media Windows 11. Link resmi Microsoft belum tersedia tetapi akan ada dalam waktu beberapa minggu.

Setelah download dua program perangkat lunak Windows 11 yang terpisah, ikuti langkah-langkah dalam tutorial "instalasi bersih Windows" seperti yang disebutkan di bagian: "Downgrade ke Windows 10 dari Windows 11 Setelah Sepuluh Hari."

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,15,Automotif,50,Banten,1,Bisnis,28,Brebes,3,Entertainment,10,Exhibition,7,Gunung,2,Internasional,46,Jepara,185,Karanganyar,1,karimunjawa,12,Kota Serang,1,Lowongan,5,Nasional,40,Nusantara,130,Olahraga,50,Pantai,8,Pantura,4,Pariwisata,41,Pati,1,Pekalongan,2,Pemalang,2,Pemda,31,Pendidikan,35,Persijap,15,Politik,38,Serang,1,Tegal,16,teknologi,81,Wanita,16,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terkini: Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10
Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10
Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10. Setelah download dua program perangkat lunak Windows 11 yang terpisah, ikuti langkah-langkah dalam tutor
https://1.bp.blogspot.com/-_pEPobmwO-0/YVeZY-25ZAI/AAAAAAAAD6s/0eKGR2d6e1IRIaZ7U7PX-98PkCP8ab5iwCLcBGAsYHQ/w640-h366/win11.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_pEPobmwO-0/YVeZY-25ZAI/AAAAAAAAD6s/0eKGR2d6e1IRIaZ7U7PX-98PkCP8ab5iwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h366/win11.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terkini
https://www.kartininews.com/2021/10/cara-downgrade-dari-windows-11-ke.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2021/10/cara-downgrade-dari-windows-11-ke.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy