Iklan

Iklan

,

Iklan

WhatsApp Terbaru Update Proteksi Tidak Bisa Membaca Isi Pesan

13 Mar 2022, 15:46 WIB Last Updated 2022-03-13T08:46:04Z

WhatsApp mengumumkan bahwa enkripsi ujung ke ujung sekarang tersedia untuk percakapan cadangan. Enkripsi ujung-ke-ujung cadangan data percakapan tersedia untuk aplikasi di iOS dan Android.

Aplikasi pesan instan milik Facebook ini sudah lama memberikan perlindungan berupa enkripsi end-to-end, namun hanya sebatas percakapan. Dengan enkripsi itu, pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima, WhatsApp tidak bisa membaca isi pesan.

Fitur terbaru ini secara bertahap akan diberikan kepada pengguna, mereka harus menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru. Cadangan data percakapan WhatsApp disimpan di Google Drive atau komputasi awan iCloud untuk pengguna perangkat dari Apple.

Penyimpanan pada produk Google dan Apple ini berarti bahwa ketika pemerintah atau penegak hukum meminta, perusahaan dapat menyediakan cadangan data. Melalui enkripsi end-to-end untuk backup data, secara teoritis hanya dapat diakses oleh pengguna karena memerlukan 64 digit password atau kunci enkripsi.

Sebelumnya, WhatsApp sedang mengerjakan kontrol yang lebih terperinci untuk masalah pencadangan, sehingga pengguna dapat mengurangi ukuran riwayat obrolan yang mereka unggah tanpa menghapus media dari obrolan tersebut.

Situs WABetaInfo melaporkan bahwa fitur 'Kelola Ukuran Cadangan' yang baru memungkinkan pengguna Android untuk mengecualikan media tertentu agar tidak dicadangkan ke Google Drive. Dari foto dan audio hingga video dan dokumen.

Saat ini, pengguna perlu mencadangkan semua elemen dalam obrolan mereka. Pengguna hanya dapat memilih akun Google mana yang akan dicadangkan, kapan melakukannya, dan pencadangan yang dapat dipilih hanya dilakukan melalui WiFi.

Dengan menentukan apa yang perlu dicadangkan, ukuran perpustakaan dapat sangat dikurangi karena teks memakan lebih sedikit ruang daripada file media lain seperti video.

Iklan

iklan