Iklan

Iklan

,

Iklan

Cara Mengatasi Kelupaan Password Wifi Indihome

28 Apr 2022, 14:49 WIB Last Updated 2022-04-28T07:54:40Z
Seringnya ganti password seringkali si pengganti password lupa yang mana passwordnya kalo tidak dicatat. bahkan jika seringkali ganti setiap harinya. Kelupaan password menjadi hal yang wajar dalam mengelola wifi indihome. 

Pada saat pemasangan perdana pelanggan wifi indihome, tentunya petugas akan membuat password yang akan diberikan kepada pelanggan dan diajarkan bagaimana cara mengganti passwordnya. Karena password tersebut akan terus digunakan untuk menghubungkan ke perangkat yang ingin koneksi internet. 


Jika ini terjadi kepada anda, maka berikut adalah cara untuk mengatasi masalah kelupaan password wifi indihome di rumah anda.

1. Mengecek rekaman password di Laptop

Jangan terburu-buru untuk langsung ke router jika di laptop masih terkoneksi internet. Anda bisa melihat dan menulis kembali pasword yang terekam. Caranya cukup gampang. yaitu
  • Buka menu setting dari menu start lalu pilih Network & Internet
  • Lalu pilih Status pada menu bagian kiri kemudian klik bagian "Network and Sharing Center"
  • setelah klik langkah ke 2 tadi akan terlihat koneksi internet wifi indihome anda. lalu klik "Connections" pada wifi anda.
  • setelah di klik Connection tadi akan muncul jendela baru lalu pilih menu "Wireless Properties"
  • Lalu akan menul jendela connection dan securty wireless. maka pilih yang "Security" 
  • klik centang pada bagian "SHOW Character" di menu securty tersebut.
Disini anda sudah dapat melihat password wifi anda dengan benar tanpa perlu report mengubah router. Namun jika laptop tidak terkoneksi wifi, dan anda benar benar lupa maka ikuti langkah ke dua berikut;

2. Cek Password WIFI Indihome di Router

alat untuk mengecek bisa menggunakan laptop atau smartphone. Namun sebelum itu, anda perlu melihat router jenis apa yang Anda gunakan, merek dan type dari router tersebut harus diketahui. Karena akan ada perbedaan alamat ip untuk router yang berbeda merek. Untuk Router ZTE anda bisa gunakan alamat IP 192.168.1.1  akan tetapi jika TP Link yang digunakan maka alamat IPnya 192.168.0.1 ini yang harus di catat. Jika selain merek itu biasanya tertulis keterangan yang ada di alat router bagian bawah. Anda bisa melihatnya.

Setelah itu, masukkan alamat ip tadi ke browser HP atau laptop lalu masukkan username dan password, biasanya admin dan admin untuk tp link. tapi lebih jelasnya anda bisa lihat di bagian bawah alat router untuk mengetahui password router. setelah masuk akan muncul tampilan menu router 
Setelah muncul seperti pada layar maka anda bisa melihat password dari wifi indihome anda. Jika anda ingin mengganti silahkan di ganti dan dicatat agar tidak lupa lagi.

Baca Lagi: Mau Pasang WMS WIFI ID Telkom? Pelajari ini dulu

Akan tetapi jika Anda masih kebingungan di langkah ke 2 tersebut apalagi tidak tahu atau tidak bisa masuk di router maka ada cara yang ke 3 yang bisa anda tempuh, yaitu dengan mereset pabrik dari router tersebut. Akan tetapi password wifi indihome anda jika dengan langkah ini akan berubah default. Caranya adalah mereset router dengan menekan tombol reset.

Iklan

iklan