Kapolri, Kapolda Jateng, dan Kapolres Jepara di Gugat Ke Pengadilan

Kapolri, Kapolda Jateng, dan Kapolres Jepara di Gugat Ke Pengadilan. Laporan gugatan ini dibenarkan oleh, Tri Sugondo selaku Humas Pengadilan N Jepara

Jepara - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres Jepara) Jepara dan juga Satreskrim Polres Jepara digugat di Pengadilan Negeri (PN) Jepara. Hal ini dilakukan atas tindakan yang dinilai ada tindakan melawan hukum.

Laporan gugatan ini dibenarkan oleh, Tri Sugondo selaku Humas PN Jepara (6/07/2022). Tri Menjelaskan, gugatan tersebut tidak hanya ditujukan untuk Kapolres Jepara saja, bahkan juga ditujukan untuk Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia), Kapolda Jateng (Kepolisian Daerah Jawa Tengah), serta Kasat Reskrimnya.

“Laporan Gugatan sudah terdaftar tertanggal 4 Juli 2022 No. 47/Pdt.G/2022 PN. Penggugat atas nama Benyamin Suryo Sabath Hutapea dan yang tergugat Kapolri, Kapolda Jateng, Kapolres Jepara dan juga Kasat Reskrim Polres Jepara atas sebuah tindakan melawan hukum” terangnya.

Berdasarkan data, Tri melanjutkan, gugatan seperti ini bukanlah kali pertama yang pernah terdaftar di PN Jepara, akan tetapi gugatan senada juga pernah terjadi pada tahun 2021.

“Semua laporan masuk tentu kita proses, setiap warga negara punya hak yang sama di NKRI, tidak ada ada perbedaan, baik itu pejabat atau tidak” ujarnya.

Sidang perdana, PN Jepara sudah menjadwalkan agenda persidangan dan akan dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2022. Persidangan ini dilakukan dengan tiga majelis hakim dan satu penitera pengganti. Yang diketuai oleh Parlin Mangatas Bona Tua. S.H (Ketua Majelis Hakim), Tri Sugondo. S.H (Anggota 1), Joko Ciptanto. S.H.,MH (Anggota 2) dan Panitera pengganti  Purwanto. S.H.

Sementara itu pengacara Ign Bambang Widjanarko menjelaskan alasan gugatan yang dilakukan oleh kliennya.

Kasus ini berawal dari penggugat saat sedang melakukan acara diskusi bersama organisasi relawan dan sejumlah aktivis di sebuah Museum, sabtu, 18 Juni 2022, pukul 14:14 wib. Seorang Polisi inisial T menelepon Penggugat ingin bertemu. Pukul 14:27 wib T bersama 6 personil lainnya.

“Kemudian saya di bawa ke Polres Jepara atas perintah Kasat Reskrim,” kata BS, lewat seluler kepada media.

Beberapa jam setelah itu, kata Penggugat, menunggu di ruang penyidik tanpa ada pertanyaan apapun yang dilontarkan oleh ke Penggugat. Tetapi Penggugat sempat menanyakan permasalahan apa, sehingga penggugat dipanggil ke Polres Jepara.

Baca Juga: Kepala Polres Jepara dan Institusi Polri digugat oleh Warga Jepara Atas Ini

“Atas perintah Kapolres,” kata Penggugat menirukan jawaban Penggugat.

Bambang menilai sebuah gambaran seorang petugas penyelidik yang tidak memiliki sikap independensi.

Sekitar pukul 17:30 WIB Penyidik kembali menanyakan kartu tanda pengenalnya (KTP: red).

Mengingat ada agenda pertemuan lagi, kata Pengugat, pihaknya ingin pamit pulang terlebih dahulu. Namun belum ada jawaban yang tegas, sehingga Penggugat kembali menunggu lebih kurang empat jam.

“Pukul 18:00 wib, Penyidik kembali menyuruh saya membuat surat pernyataan klarifikasi, tapi saya menolak,” kata Penggugat.

Kemudian, kata Penggugat, rekan Penggugat pada pukul 19:30 WIB mendatangi Penyidik dan Penggugat.

“Sebenarnya ada permasalahan apa, kata rekan tugasnya,” ujar Penggugat dengan menirukan percakapan teman tugasnya.

Saat itu terjadilah, adu cek-cok mulut antar rekan kerja Penggugat dengan Penyidik. Namun, selesai begitu saja karena rekan Penggugat kembali pulang ke tempatnya.

Singkatnya, saat pukul 23:00 wib, Penyidik Polres Jepara membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sampai pukul 03:30 dini hari korban dipulangkan.

Akan tetapi, dalam proses BAP, Penggugat menanyakan kembali kepada Penyidik. “Kesalahan saya apa? Nggak tahu, ini perintah Kapolres untuk diamankan,” kata Penggugat menirukan bahasa Penyidik.

Tidak hanya itu saja, anggota Organisasi Relawan Jokowi (RJI), Robinson (R) juga telah mengalami hal yang sama saat dipaksa dibawa ke Polres Jepara oleh petugas saat sedang ‘ngopi’ bersama temannya. “Tiba-tiba pak Kasat Reskrim datang ngamuk, kamu provokator, kamu penyebar ‘hoax’ dan sebagainya. Aku diamankan (dibawa: red) ke Polres,” kata korban.

“Amankan anak ini 1×24 jam,” kata korban menirukan ucapan Kasat Reskrim Jepara,. Korban juga mengaku telepon selulernya juga turut disita.

“Mereka (polisi) tidak ada dasar untuk mengamankan kami di kantor Polisi,, hp (handphone) disita, surat perintah tidak ada,” terangnya.

Sampai, R melanjutkan, istri dan anaknya mendatangi Polres Jepara untuk ingin tahu nasib keluarganya hingga pukul 02:00 dini hari.

Advokat Bambang panggilan akrabnya, mengatakan kasus gugatan Pengadilan Negeri laporan sudah diterima per tanggal hari ini Senin (4/7/22). “Baik nanti, hasil akhirnya gugatannya diterima atau tidak, ditunggu aja. Dan ini bukan persoalan menang-kalah,” kata Bambang.

Ign Bambang sebagai kuasa hukum menegaskan gugatan ini dengan maksud memperjuangkan hak-hak pencari keadilan. “Bukan hanya dalam kasus ini, tetapi juga untuk para pencari keadilan lainnya yang mengalami nasib yang sama,” tandas Bambang.

“Kami berjuang ini, tidak hanya untuk kasus ini, tetapi juga untuk kasus-kasus lainnya yang tidak tuntas penanganannya,” tambah Bambang.

Sementara, Anggota Kompolnas, Poengky menyebutkan kasus penangkapan sepihak ini belum dapat memberikan jawaban mengingat kasusnya belum jelas. “Saya persilahkan melapor ke e-laporkompolnas, terimakasih,” katanya lewat pesan Whatsapp-nya. [AS]

Sampai terbit berita ini, kapolres Jepara, AKBP Warsono belum memberikan tanggapan terkait gugatan yang juga ditujukan untuknya.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,20,Automotif,54,Banten,1,Bisnis,31,Brebes,3,Demak,1,Desa Wonorejo,1,Entertainment,11,Exhibition,8,Gunung,2,Honda Jazz New,1,Hukum,4,Internasional,48,Jepara,207,Kabupaten Jepara,1,Karanganyar,1,karimunjawa,13,Kehilangan Mobil,1,Kota Serang,1,Lowongan,7,Nasional,63,Nusantara,144,Olahraga,57,Pantai,8,Pantura,6,Pariwisata,42,Pati,3,Pekalongan,2,Pemalang,2,Pemda,33,Pencurian Mobil,1,Pendidikan,38,Persijap,15,Politik,41,Serang,1,Tegal,16,teknologi,90,Wanita,21,
ltr
item
Kartini News: Kapolri, Kapolda Jateng, dan Kapolres Jepara di Gugat Ke Pengadilan
Kapolri, Kapolda Jateng, dan Kapolres Jepara di Gugat Ke Pengadilan
Kapolri, Kapolda Jateng, dan Kapolres Jepara di Gugat Ke Pengadilan. Laporan gugatan ini dibenarkan oleh, Tri Sugondo selaku Humas Pengadilan N Jepara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrOgkQAGQ38kYeEflm5BxYGP5UGCyfjSU4GOl9BdOwQE6Q64BAKlCKpFQI-_bJPIQVWb_bdD9qXGRvYW-Rsvurc7wSiQp7vuSqCA1j9HTwbc8YQcwZ-nXijrzHZx403ncqpIbUp2TGqKEAUwI8mtvxDy2brDygLHzqtVbTFl2MI0x_6OZB8v2701jyLA/w640-h366/pnjepara.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrOgkQAGQ38kYeEflm5BxYGP5UGCyfjSU4GOl9BdOwQE6Q64BAKlCKpFQI-_bJPIQVWb_bdD9qXGRvYW-Rsvurc7wSiQp7vuSqCA1j9HTwbc8YQcwZ-nXijrzHZx403ncqpIbUp2TGqKEAUwI8mtvxDy2brDygLHzqtVbTFl2MI0x_6OZB8v2701jyLA/s72-w640-c-h366/pnjepara.jpg
Kartini News
https://www.kartininews.com/2022/07/kapolri-kapolda-jateng-dan-kapolres.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2022/07/kapolri-kapolda-jateng-dan-kapolres.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy