Iklan

Iklan

,

Iklan

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Awet

7 Des 2020, 09:08 WIB Last Updated 2020-12-07T02:08:36Z
Di indonesia terdapat dua musim yang selalu bergantian, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Negeri yang dilewati garis khatulistiwa menjadikan indonesia mempunyai musim hujan dengan curah air hujan yang sangat tinggi. Indonesia adalah negara yang berlangganan dengan musim hujan setiap tahunnya. Dan Musim hujan ini terkadang di setiap kota besar menyebabkan banjir. Termasuk Ibukota Jakarta.

Jika di kota mu sudah musim hujan yang tinggi, maka dapat dipastikan mobil kamu sebagai kendaraan yang aman untuk dinaiki agar tidak kena hujan. Apalagi jika Anda penikmat mobil pribadi. Tentu amat sangat khawatir jika mobil Anda terkena Air hujan yang terlalu sering.

Mobil yang sering kena air hujan akan membuat warna mobil menjadi pudar. Apalagi jika mobil sudah terkena Banjir. Maka mesin dan bagian bawah mobil juga akan terkena kerusakan. Di samping itu, air hujan membuat jalan menjadi berlubang, sehingga ketika anda melewatinya akan terkena lubang jalan, baik kecil baik besar. Hal ini juga membuat pengaruh kerusakan mobil Anda. Lebih parah lagi jika mobil Anda mogok di tengah derasnya hujan. Anda mau minta bantuan kemana???

Pernah bertanya-tanya bagaimana caranya membuat mobil terlihat begitu berkilau, dan mempertahankannya seperti itu lebih lama, walaupun terkena hujan?

Mempelajari cara merawat mobil Anda ke standar profesional bukan hanya masalah kemewahan, ini adalah cara cerdas untuk mempertahankan nilai mobil Anda, dan pastikan Anda mendapatkan harga terbaik saat menjualnya.

Berikut adalah cara mempelajari tips perawatan mobil di musim hujan :

Cuci dan Bilas Mobil Anda

Ketika Anda sedang berada di tengah perjalanan dan terkena hujan deras mengguyur kendaraan anda, maka sesampainya di tujuan, Anda harus secepat mungkin menyiram dan membilas mobil anda dengan air bersih. Siram dan Bilas dengan sabun cuci mobil dan dengan alat cuci mobil yang berkualitas, dan siram lagi dan bilas hingga merata, bersihkan kotoran dan bekas air hujan agar cepat hilang. Kemudian keringkan dengan dilap pakai kanebo kering. Lakukan lap sampai merata dengan kanebo. Jangan sampai ada bekas basah yang terlewatkan.

Periksa Sistem Komponen Mobil

Perikasalah Suspensi, test suspensi untuk mengecek apakah mobil bisa melaju dengan prima di jalan yang basah dan licin.

Periksa Wiper

Wiper sangat penting ketika terjadi hujan, baik gerimis maupun hujan deras. Wiper berfungsi untuk menyapu air hujan di kaca mobil. Periksalah wiper dengan baik, apakah wiper dapat menyeka air pada kaca mobil atau tidak. Jika wiper tidak bisa berfungsi dengan baik, maka segeralah ganti wiper.

Periksa Sistem Pengapian

Periksalah kondisi pada koil dan juga platina, serta pastikan juga kondisi komponen busi harus dalam keadaan bersih tanpa kotoran dan debu. Anda juga perlu memeriksa kemungkinan adanya elektroda yang dapat terjadi aus dan bisa terbakar. Segera periksa pada sistem kelistrikan mobil. Jangan sampai terjadi konsleting pada sistem kelistrikan

Periksa dynamo Starter

Periksalah dynamo starter. Pada dinamo starter merupakan komponen pertama kali saat mobil mau dihidupkan. Dinamo starter yang rusak dapat menyebabkan Susah di hidupkan mobil Anda. Sangat dimungkinkan terkena air hujan yang menyebabkan kerusakan.

Siapkan P3K

Sedia payung sebelum hujan, inilah pepatah yang dapat diterapkan pada mobil Anda. Waspada dan cermat dalam menghadapi segala resiko yang ada. menyiapkan P3K akan menjadikan hati anda tenang.

Tips ini semoga bermanfaat. (aft)

Iklan

iklan