Iklan

Iklan

,

Iklan

25 Tempat Wisata Terbaik Karimunjawa untuk Para Wisatawan

13 Apr 2023, 19:53 WIB Last Updated 2023-04-20T06:03:39Z

Kepulauan Karimunjawa, merupakan sekumpulan pulau yang membentang di sebelah utara pulau Jawa termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, serta terdiri dari 27 pulau. Gugusan pulau Karimunjawa mengandung banyak kekayaan akan biota laut yang masih alami dan panorama alam yang begitu indah. 

Sebuah fakta terungkap, para pecinta wisatawan baik lokal maupun mancanegara, bahwa pulau karimunjawa menjadi objek wisata bahari favorit. Ini memiliki berbagai julukan termasuk, Pulau Liburan, Surga Jawa, Karibia Van Java, Maladewa Indonesia dll, dengan beberapa pulau dan banyak pulau tak berpenghuni. Mari nikmati keindahan Karimunjawa. 

Berikut adalah Lokasi Tempat Wisata di Karimunjawa yang bisa Anda Nikmati

1. Pulau Menjangan Besar Karimunjawa

Menjangan Besar Pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar terletak di sebelah barat daya pulau induk dengan luas sekitar 56 hektar. Di pulau ini kita disuguhi dengan keindahan panorama pulau induk karimunjawa yang juga terdapat atraksi yang dapat memacu adrenalin yaitu berenang bersama ikan hiu. Hiu yang ditangani disini adalah jenis hiu karang, hiu yang ditangani relatif jinak namun terkadang juga bisa sangat buas sehingga perlu ekstra hati-hati dan waspada untuk berenang bersama mereka, dengan catatan tangan harus di atas dan jangan memiliki luka yang masih berdarah. 

Diperkirakan tidak hanya hiu, tetapi juga hewan laut lainnya seperti bintang laut, penyu hijau, dan ikan badut. Selain penangkaran hiu, di pulau ini juga terdapat penangkaran elang dada putih. Spesies ini merupakan spesies langka di Indonesia yang hanya terdapat di Kepulauan Karimunjawa saja. 

Di sebelah timur pulau terdapat sebuah tanjung yang lebih dikenal dengan nama Tanjung Gantungan. Tanjung ini merupakan spot menarik dengan pasir putih yang menjorok ke laut sejauh + 20 meter dari bibir pantai. Lokasi spot ini juga merupakan tempat yang bagus untuk bisa menikmati keindahan sunset karena suasana dan keindahan pasir putihnya.

2. Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa, sebuah pulau yang terletak di sebelah barat pulau Menjangan Besar dengan luas sekitar 46 hektar. Pulau Menjangan Kecil dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa penginapan resort, bangku taman, gazebo dan juga toilet umum. Setiap wisatawan yang ingin memasuki pulau ini dikenakan bea masuk sebesar Rp. 10.000/orang dan juga dikenakan bea jangkar kapal + Rp. 50.000 - 100.000 / kapal sesuai dengan ukuran kapal. 

Pulau Menjangan Kecil memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah, tenang dan memiliki pemandangan paling khas keindahannya diantara pulau-pulau lainnya dan sangat kontras dengan birunya air laut, sehingga sangat cocok untuk hunting foto dan sekedar bersantai dipinggir pantai. 

Sementara di wilayah perairannya, pulau menjangan kecil menjadi tempat para pecinta snorkeling dan diving yang sangat populer. Hampir semua perairan di sekitar pulau terdapat berbagai jenis hewan terumbukarang, terutama di taka antara pulau Menjangan Kecil dan pulau Menjangan Besar.

Sedangkan di penangkaran hiu terletak di kawasan kawasan pulau Menjangan Kecil Resort sebagai ajang pesta foto dengan berenang bersama hiu jinak, penangkaran hiu di pulau Karimunjawa sebenarnya ada beberapa dan menjadi spot yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah tempat ini.

3. Pulau Cemara Besar Karimunjawa

Cemara Besar Pulau Karimunjawa, pulau yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar ini memiliki endapan pasir (gosok) yang membentang luas di sekitarnya, sehingga pada saat air surut, akan terlihat jernih garis pantai pasir putih seluas mata memandang. 

Di sekitar pulau ini banyak ditemukan hewan laut berbentuk bulat, teripang dan ikan-ikan kecil. Hanya sekitar 30 menit, Anda bisa berkeliling di pulau Cemara Besar ini. Pulau ini merupakan milik SUPM Tegal namun sampai saat ini belum berpenghuni dan masih alami. 

Di perairan pulau Cemara Besar ini, wisatawan bisa berenang dan snorkeling. Pengairan di sekitar pulau dapat ditemukan koral mangkuk yang unik. 

4. Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

Cemara Kecil Pulau Karimunjawa, pulau dengan luas 1,5 hektar ini tepat terletak di sebelah barat laut Karimunjawa. Pulaunya masih alami, belum ada pembangunan fasilitas penunjang. Seperti pulau-pulau lain di kepulauan Karimunjawa, pulau ini memiliki pantai berpasir putih dan juga perairan yang cocok untuk Anda yang ingin snorkeling. 

Pulau Cemara Kecil adalah tempat favorit untuk bersantai menikmati indahnya panorama pulau Karimunjawa sambil piknik dan makan siang BBQ atau ikan bakar setelah aktivitas menyelam.

5. Spot Gosong Cemara Karimunjawa

Gosong Cemara Karimunjawa, para penduduk lokal menyebutnya gosong karena hanya merupakan daratan yang timbul ditengah laut ketika air laut surut. Perairan disekitarnya tidak terlalu dalam, sehingga cocok untuk snorkeling menikmati keindahan biota bawah laut. Beragam biota laut dan terumbukarang yang bagus dapat anda nikmati.

6. Pulau Geleang Karimunjawa

Pulau Geleang Karimunjawa, pulau dengan luas 24 hektar ini terletak di sebelah barat pulau induk. Pulau ini memiliki garis pantai yang terbentang luas dengan gradasi pasir putih, langit cerah dan laut biru yang menambah keindahan pantainya. 

Di pulau ini Anda bisa berkeliling pulau, berenang dan membakar ikan. Bagi Anda yang suka berkemah, Pulau Geleang bisa dijadikan pilihan untuk berkemah karena struktur pulau ini sangat mendukung. Namun sebelum berkemah di sana, pastikan Anda sudah menyewa perahu untuk transportasi pulang pergi dari pulau ini, karena jaraknya yang cukup jauh dari pulau utama. Pulau ini sangat nyaman untuk makan siang setelah snorkeling. Keindahan alamnya yang khas wisata pantai sangat cocok untuk liburan musim panas Anda.

Selain pemandangannya yang tertata rapi dan bersih, pulau ini juga memiliki suhu udara yang sejuk karena banyak tumbuh pepohonan besar di tanah. Pulau ini juga menjadi tempat hunting foto yang menarik karena terdapat satu pohon bakau yang tumbuh di tengah laut dan beberapa ekosistem alam pulau yang sayang jika dilewatkan. Namun Anda harus berhati-hati saat menjelajahi pulau ini, karena masih ada ikan pari di perairan dangkal di pulau ini.

7. Spot Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Tanjung Gelam Karimunjawa, pantai tanjung Gelam merupakan bagian dari pulau utama Karimunjawa yang dapat dicapai melalui jalur darat atau laut. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih dan sangat lembut dengan gradasi air laut yang eksotis. Di sebelah timur pantai ini terdapat bebatuan karang yang menambah keindahan pantai ini. 

Pantai Tanjung Gelam sangat bagus untuk hunting foto sunset di sore hari tempat ini sangat terkenal dengan panorama sunsetnya. Dari jalur darat pantai ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota dan sedikit trecking untuk mencapai bibir pantai, sedangkan dari jalur laut pantai ini dapat ditempuh sekitar 30 menit berkendara. 

Dengan pantainya yang menghadap ke barat, bagian barat pulau utama karimunjawa ini dijadikan sebagai tujuan akhir wisata bahari untuk bisa menikmati keindahan sunset. Didukung dengan atraksi yang ada, menjadikan Tanjung Gelam semakin pas bagi wisatawan untuk melewatkan keeksotisan pulau ini dalam foto.

8. Spot Karimunjawa Central Island

Karimunjawa Central Island, sebuah pulau dengan luas 4 hektar adalah milik PT. Raja Besi. Pulau ini tertata rapi, sudah memiliki dermaga untuk bersandar kapal yang merapat dan tersedia resort. Di pulau ini juga terdapat warung yang menjual es kelapa muda, bakso ikan yang digoreng dan ditusuk, sangat enak disantap setelah snorkeling. 

Pulau ini memiliki 5 resort dengan harga sewa Rp. 700.000 - 800.000 / malam. Jika Anda ingin tenang dan jauh dari keramaian, ini adalah tempat menginap. Anda juga bisa snorkeling di perairan sekitar pulau ini yang banyak terumbu karangnya masih sehat dan dalam kondisi baik. 

Selain snorkeling, Anda juga bisa berenang dan bermain dengan ikan-ikan yang dijajakan di pulau ini. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengelilingi pulau, karena wilayahnya tidak begitu luas hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk mengelilinginya.

9. Pulau Cilik Karimunjawa

Pulau Karimunjawa Cilik, selain sebagai Pulau Tengah, pulau ini juga dimiliki oleh PT. Raja Besi. Luas pulau ini sekitar 2 hektar. Perairan di sekitar pulau banyak dijumpai terumbu karang yang masih bagus dan berwarna-warni, terutama di bagian bawah dermaga. 

Di perairan ini juga banyak ditemukan ikan badut dan anemon. Tipologi tanah dan tumbuhan di pulau ini hampir sama dengan pulau tengah namun pulau ini masih kekurangan fasilitas. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pulau ini adalah berkeliling pulau, dan untuk mengelilinginya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

10. Spot Gosong Tengah Karimunjawa

Gosong Tengah Karimunjawa, pulau ini merupakan endapan pasir di tengah lautan, yang oleh penduduk setempat disebut gosongan. Pulau ini sangat menarik karena disebut juga “Pulau Timbul Tenggelam”, karena pulau ini baru akan muncul ke permukaan sekitar jam 9 pagi sampai jam 5 sore, selebihnya pulau ini akan tertutup air laut. 

Pulau ini sangat cocok untuk hunting foto, dengan latar belakang langit biru dan hamparan air laut yang kontras dengan pasir pantai yang putih. Bagi anda yang belum bisa berenang, perairan di sekitar pulau ini merupakan tempat yang cocok untuk belajar berenang, karena perairannya yang dangkal dan tenang.

11. Pulau Sintok Karimunjawa

Pulau Sintok Karimunjawa, sebuah pulau dengan luas 21 hektar terletak di sebelah timur pulau Karimunjawa. Keindahan alam bawah laut di dekat pulau sintok menawarkan biota laut yang sangat beragam dengan jenis karang yang masih terlihat alami dan ikan hias yang berwarna warni membuat penyelaman snorkling anda semakin berkesan.

12. Spot Maer dan Nyamplungan Karimunjawa

Spot Maer dan Nyamplungan Hampir sama dengan Spot Taka Sendok dan Gosong Cemara, spot ini juga menawarkan keindahan biota laut, tempat wisata karimunjawa yang satu ini terkenal dengan ikan hias dan terumbu karang yang terletak di bagian barat Kepulauan Karimunjawa .

13. Alun-alun Karimunjawa

Jika Anda memiliki rencana untuk menghabiskan beberapa hari di Karimun Jawa jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi alun-alun di Pulau Karimunjawa. Alun-Alun Karimun Jawa dikenal sebagai pusat kuliner seafood di Karimun Jawa. 

Di alun-alun ini kita bisa sekaligus berbaur dengan penduduk lokal yang mendiami pulau karimun jawa.

14. Hutan Mangrove Karimunjawa

Selain pantai, di kawasan pesisir desa Kemujan kita juga bisa mengunjungi tempat lain yang tidak kalah menarik yaitu hutan mangrove. Di kawasan hutan mangrove di desa Kemujan terdapat jalur kayu sepanjang sekitar 2 km yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan kawasan hutan mangrove. 

Jika beruntung, kita juga akan bertemu dengan beberapa spesies hewan yang hidup di kawasan hutan mangrove.

15. Legon Lele Beach Karimunjawa

Pantai Legon Lele juga tidak kalah keren dari pantai-pantai lain di Karimunjawa. Di sekitar pantai banyak terdapat rubs (gumuk pasir di tengah laut) yang menjadi salah satu primadona di Karimunjawa.

Pantai ini secara keseluruhan juga tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai di Karimun Jawa yaitu pasir putih dengan air laut yang jernih dan ombak yang sangat tenang.

16. Pantai Batu Topeng Karimunjawa

Pantai Batu Topeng merupakan pantai yang satu garis dengan Pantai Tanjung Gelam. Lokasi pantai ini berada di sebelah utara Pantai Tanjung Gelam. Suasana pantai ini juga tidak jauh berbeda dengan Pantai Tanjung Gelam dimana ketika senja datang pemandangan di pantai ini akan semakin indah dengan pancaran warna jingga di ufuk barat. 

Di sekitar pantai ini terdapat batu-batu hitam yang seolah menjadi inspirasi penamaan pantai ini.

17. Pantai Nirwana Karimunjawa

Pantai Nirwana adalah pantai terpanjang di Kepulauan Karimun Jawa. Lokasi pantai ini berada di sisi timur pulau karimun jawa. Suasana di pantai ini sendiri tidak jauh berbeda dengan beberapa pantai lain di Karimun Jawa dengan pemandangan pasir putih dan air laut yang jernih dan tenang. Ciri khas pantai ini adalah adanya pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai. Pemandangan dan suasana di Pantai Nirwana benar-benar pantai yang keren.

18. Pantai BARRACUDA Karimunjawa

Pantai Barracuda adalah pantai yang terletak di desa Kemujan. Pantai ini berpasir putih dan memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pemandangan pulau-pulau di kejauhan sana. Dengan air laut yang terlihat sangat jernih dan tenang, pantai ini akan menggoda siapa saja untuk segera bercumbu dengan airnya. Keunikan pantai ini adalah adanya batu hitam dengan bentuk yang unik. Jika ingin bermalam di desa Kemujan, di sekitar Pantai Barakuda terdapat penginapan berupa resort yang terkesan cukup mahal.

19. Pantai ANNORA Karimunjawa

Pantai Annora adalah salah satu pantai yang terletak di Karimunjawa. Pantai ini tepatnya berada di Dusun Cikmas, di ujung utara Pulau Karimunjawa. Lokasinya sekitar 7 km dari Pelabuhan Karimunjawa. 

Pantai Annora dekat dengan Pantai Yamin dan Pantai Kemloko. Pantai Annora memiliki view perbukitan yang indah, dengan pasir bersih yang berwarna kuning kecoklatan. Ombaknya tidak terlalu kencang namun kurang ideal untuk bermain air karena banyaknya bebatuan. Di Pantai Annora juga terdapat cangkang yang menjadi tempat kapal berlabuh. 

Di tempat terasyik ini, Anda juga bisa menemukan banyak ayunan kayu di tengah laut yang terkesan sederhana. Ayunan kayu ini menjadi spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Annora. Walaupun fasilitas di pantai ini masih minim, namun sudah ada beberapa warung yang buka sehingga anda tidak perlu takut jika membutuhkan makanan atau jajanan.

Selain memiliki banyak ayunan pantai ini cukup unik dan cukup lengkap, karena pantai ini juga memiliki 'gosokan' dan perbukitan yang indah dengan pemandangan landscape yang luas atau landscape yang bagus. Pantai Annora terletak di ujung utara Pulau Karimun Jawa yang berbatasan dengan desa Kemujan, di sekitar pantai Annora juga terdapat pantai Yamin dan pantai Kemloko (ada 2 pantai Kemloko, pantai Annora terletak di antara 2 pantai Kemloko).

Untuk menuju Pantai Annora, dari lapangan/alun-alun Karimun Jawa cukup berkendara sampai ke desa Kemujan, sebelum sampai di desa Kemujan nanti akan ada denah palang lokasi Dusun Cikmas, di denah tersebut terdapat rute untuk pantai yamin dan pantai kemloko tidak ada tulisan pantai annora, tapi saat itu saya penasaran dengan pantai yamin dan pantai kemloko dan malah menemukan pantai yang indah dengan icon ayunan yang bernama pantai annora.

Pantai yang bisa kita kunjungi tanpa harus menyebrangi laut selama berada di Karimunjawa. Pantainya cukup sepi, banyak nuansanya, serta pantai yang sudah dilengkapi dengan tempat sampah, warung, dan toilet. Yang terpenting disini adalah, bagaimana kita menikmati suasana pantai dengan tetap ikut menjaga kebersihan.

20. Bukit Annora Karimunjawa

Bukit yang bersebelahan di spot pantai anora ini memiliki pemandangan yang sangat indah untuk spot foto sunrise dan pemandangan landscape kepulauan karimunjawa yang membentang ke arah timur, spot ini memang menawarkan pemandangan yang berbeda dengan spot di Pulau karimunjawa.

21. Pantai Bunga Jabe Karimunjawa

Pantai Bunga Jabe di desa Kemujan, pantai Barakuda yang terletak di desa Kemujan (lupa namanya karena tidak ada papan nama dan saya tidak sengaja menemukannya berkat warga sekitar), Pantai Annora di desa Kemujan, Pantai Kemlokodi desa kemujan, dan 1 pantai lagi yang Saya lupa namanya yang juga berada di desa Kemujan (kalau yang ini saya lupa mencatat namanya, dan coba cari di Google bukan nemu). Kali ini saya akan membahas tentang Pantai Kembang Jabe, sebuah pantai dengan sentuhan seni yang tertata rapi yang kental dengan bugis.

Pantai Bunga Jabe terletak di sebelah timur bandara Dewandaru di desa Kemujan, sekitar 1-1,5 jam dengan sepeda motor dari lapangan pulau Karimun. Dengan rute dari lapangan naik langsung ke kiri melalui beberapa pantai di pulau karimun (tanjung Gelam, dll), kemudian melalui trekking mangrove tepat setelah perbatasan pulau karimun dengan desa kemujan, setelah itu akan bertemu bandara, lanjutkan nanti jalan akan ada jeruji kayu yang bertuliskan 'Pantai Bunga Jabe'. 

Terletak di pinggir jalan di samping bandara dewandaru, begitu kita memasuki kawasan pantai yang tidak terlalu lebar mata kita akan dimanjakan dengan ornamen kayu dan batu, serta rumah adat Suku Bugis. Pantai ini sangat konseptual dan bersih sehingga sangat cocok untuk bersantai.

Desa Kemujan di huni oleh 2 Suku yaitu Suku Jawa dan Suku Bugis, dan Pantai Kembang Jabe ini sudah masuk wilayah Suku Bugis, maka tidak heran jika di Desa Kemujan banyak ditemukan rumah panggung dan bahasanya bukan bahasa Jawa. Kabarnya, Pantai Kembang Jabe masih dalam proses pembangunan yang nantinya akan menjadi resort/penginapan. Saat saya berkunjung hanya ada 1 Rumah Adat Suku Bugis dan 1 Warung kecil serta ornamen lengkap di sekitar pantai.

Banyak kelebihan dari pantai ini, misalnya beberapa bangunan dan ornamen buatan anak muda setempat yang membuat perbedaan dari pantai lain, juga alamnya sendiri sangat mendukung, pepohonan yang rindang, dan ada pohon kelapa yang cukup menjorok dan melengkung seperti di Tanjung Gelam. Pantai di pulau karimun jawa, dan ada keunikan lainnya adalah adanya 'rubsong' (hamparan pasir di tengah laut) di tengah laut seperti di pulau gosong kep karimun jawa.

Selain itu, banyak tempat duduk alami yang terbuat dari batu dan kayu bekas yang tertata rapi, berayun, dan bermalas-malasan dengan meja dan tempat bakar. Dan yang lebih menarik lagi, saya bisa bermain dengan anjing milik seorang lokal bernama Billy di pantai, rasanya seperti pantai sendiri. Keindahan Kep. Karimun Jawa tidak hanya bawah laut, tetapi juga pantai, hutan, dan manusianya.

22. Bukit Love Karimunjawa

Karimunjawa juga memiliki bukit yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan laut yang indah dari atas bukit, namanya Bukit Cinta. Bukit ini terletak di Kecamatan Jatikerep Karimunjawa Kabupaten Jepara, tepatnya di belakang SDN 3 Karimunjawa, letaknya tidak jauh dari pusat kota. Dikenal dengan mana bukit cinta karena dibangunnya tugu berbentuk huruf cinta. 

Disini anda akan disuguhkan dengan sebuah batu yang bertuliskan “CINTA/LOVE” dan Patung bertuliskan “KARIMUNJAWA” yang terletak di atas bukit yang mengarah ke laut dengan panorama bukit dan hamparan laut yang luas, dan disini juga salah satu sunset yang indah titik di Karimunjawa.

Selain sekedar melepas lelah dengan menikmati suasana senja, di kawasan Bukit Cinta wisatawan juga bisa mengikuti tantangan bersepeda gunung. Jalur naik turun di perbukitan bisa memacu adrenalin. Kalau mau bersepeda cari tantangan juga bisa, disinilah tempat bersepeda yang medannya sejuk dan menantang, seperti yang dikatakan para petualang bersepeda di Karimunjawa sangat menyenangkan.

Selain itu, kita juga bisa berfoto di gedung cinta ini. Asyik kan, jika kita berfoto bersama keluarga atau orang-orang yang kita sayangi di buku ini. Tidak ada salahnya jika kita berkunjung ke Pulau Karimunjawa dan mengunjungi tempat ini. Akses jalan juga sangat mudah dijangkau. Jangan lupa untuk berfoto bersama sang kekasih. 

Dan tentunya jadilah wisatawan yang bijak dengan tidak mencoret-coret fasilitas apapun apalagi membuang sampah sembarangan.

23. Taman Bunga Butterfly Park Karimunjawa

Selain menyuguhkan wisata alam yang menarik, Karimunjawa juga menawarkan wisata buatan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Karimunjawa Buterfly Park. Tidak sulit untuk menemukannya karena lokasinya yang masih cukup dekat dengan pusat kota atau alun-alun Karimunjawa. Seperti namanya, di lokasi ini pengunjung bisa melihat taman yang dihuni oleh ratusan kupu-kupu. Jenisnya pun beragam, mulai dari kupu-kupu yang banyak ditemukan hingga beberapa jenis yang langka.

Para pengunjung akan lebih mengenal dan mengetahui tentang kupu-kupu dari beberapa spesies yang dikembangbiakkan di taman kupu-kupu karimunjawa. Selain melihat kupu-kupu, pengunjung juga dapat menikmati Foto Galeri Seni 3D, Bioskop Bioskop 3D, Terapi Pijat Jade dan Taman kupu-kupu Resto. Selain berfungsi sebagai pusat konservasi dan objek wisata, taman kupu-kupu karimunjawa juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian.

Keanekaragaman tumbuhan di taman ini juga menarik untuk disimak satu per satu. Beberapa tanaman, dibawa dari luar untuk mengisi taman ini. Tak ketinggalan ikon kupu-kupu besar di tengah taman juga menghiasi objek wisata ini. Tidak hanya melihat kupu-kupu dan tarian indah di taman, saat mengunjungi objek wisata ini pengunjung juga bisa menyaksikan proses penangkaran kupu-kupu. Selain itu, kita juga bisa melihat beberapa spesies kupu-kupu yang telah diawetkan. Cukup menarik bukan?

24. Bukit Joko Tuo Karimunjawa

Bukit Joko Tuo merupakan tempat wisata karimunjawa yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Merupakan bukit dengan ketinggian 150 meter dari permukaan laut (150 dpl). Sebagai tempat di ketinggian, dari bukit ini bisa melihat hamparan Laut Jawa yang sangat luas dan sangat cocok untuk menyambut mentari pagi dengan semburat jingganya. Karena Bukit Joko Tuo memiliki beberapa hal yang menari, yaitu:

Kerangka ikan yang cukup besar akan menemani sore Anda sambil menunggu matahari terbenam. Selain ditemani oleh kerangka ikan raksasa, Anda juga akan ditemani oleh flora dan fauna berbagai karimunjawa seperti burung yang bisa menjadi objek tambahan Anda untuk berfoto selain model kerangka ikan raksasa.

Selain kerangka ikan paus ada juga Tasbih Raksasa yang terbuat dari batu yang beratnya mencapai 1000 kg, kamu akan dibuat takjub dengan tasbih yang sebesar dan seberat itu. Tasbih murni ditemukan oleh salah satu warga Karimunjawa.

Di atas bukit, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga alam seperti mountain tracking atau hiking, bahkan jika Anda tertarik Anda juga bisa berkemah atau bermalam di sana sambil menyaksikan keindahan lukisan malam.

Selain itu anda akan dibuat takjub dengan keindahan panorama di bukit joko tuo ini, karena anda bisa menikmati keindahan kota karimunjawa, beberapa gugusan pulau, dan hamparan laut yang luas dari atas bukit dan akan menambah keindahan alam. rasakan liburan anda di karimunjawa.

Dari Bukit Joko Tuwo akan leluasa melihat beberapa sudut Karimunjawa dari atas. Dulu, berburu sunrise atau sunset harus di pinggir pantai. Sekarang area berburu diperluas dari atas bukit. Dimana kita bisa menikmati pemandangan lebih dari itu. Meski sama-sama memandang pantai, namun tempat ini berada di atas bukit. Cukup menarik bukan? Ayoo. Liburan di pulau karimunjawa

25. Pantai Bobby Karimunjawa

26. Pantai Sunset Laendra Karimunjawa


27. Rumah Apung Karimunjawa


untuk bisa wisata ke karimunjawa, Anda bisa hubungi kami di 085728151032.

Iklan