Iklan

Iklan

,

Iklan

Peresmian Nama Rumah Sakit Umum Daerah Ir Soekarno Ketanggungan Brebes

Kartininews
2 Sep 2022, 20:58 WIB Last Updated 2022-09-02T13:58:44Z

Brebes - Bupati Brebes, Idza Priyanti telah menggelar Puputan dalam rangka doa bersama dan pemberian nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Brebes dengan nama RSUD Ir Soekarno Ketanggungan.


Doa Bersama (Puputan) rumah sakit Ir Soekarno Ketanggungan diadakan di eks terminal Ketanggungan Brebes dan rangkaian acara tersebut adalah dengan pembacaan doa bersama dan upacara pemotongan tumpeng. Doa bersama tersebut dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Bukhori Sengon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, yaitu KH. Hudallah Abdul Karim, Kamis (25/8/2022) malam.

Idza menjelaskan bahwa dipilihnya nama rumah sakit tersebut dengan nama Ir Soekarno dikarenakan bertepatan dengan hari kemerdekaan yang ada di bulan Agustus. Bulan Agustus adalah bulan bersejarah bagi Indonesia yang ditandai dengan hari proklamasi di tanggal 17 Agustus. Hari itu juga adalah hari kemerdekaan Indonesia. dan tahun ini adalah tepat Indonesia berusia 77 tahun. Sedangkan proklamatornya adalah Ir Soekarno. Sehingga puputan rumah sakit ini berada di bulan agustus maka dinamakan RSUD Ir Soekarno Ketanggungan Brebes.

Idza melanjutkan bahwa pemberian nama Ir Soekarno untuk RSUD ini sudah mendapatkan restu dari Keluarga Besar Bapak Ir Soekarno melalui Putrinya, ibu Megawati Soekarno Putri.

Oleh karena itu, Idza juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga Bung Karno dan juga semua pihak yang turut mendukung dalam pembangunan RSUD Ir Soekarno Ketanggungan Brebes tersebut.

“Demi kelancaran dalam operasional RSUD Ir Soekarno Ketanggungan Brebes, marilah kita memohon dengan tulus kepada Allah Ta'ala, semoga RSUD Ir Soekarno Ketanggungan Brebes ini membawa berkah dan juga manfaat bagi masyarakat,” sambut Idza.

Idza juga berharap bahwa dengan dioperasionalkannya RSUD Ir Soekarno Ketanggungan Brebes diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan untuk warga Brebes dan sekitarnya dan juga derajat kesehatan masyarakat Brebes makin meningkat.

“Pembangunan RSUD Ir Sokerno Ketanggungan pada hakekatnya adalah untuk kemaslahatan umat, sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah daerah kepada masyarakat,” terang Idza.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Ineke Try Sulistyowati, SKM., MKes, mengatakan, bahwa Pembangunan gedung RSUD Ir Soekarno Ketanggungan dilakukan secara bertahap dengan dana sebesar Rp 90 miliar. Tahap pertama yaitu pada tahun 2020 dengan anggaran senilai Rp 62 miliar dan tahap berikutnya adalah anggaran senilai Rp 28 miliar.

Untuk mempercepat dibukanya operasional RSUD Ir Soekarno Ketanggungan, pemerintah Kabupaten Brebes telah membentuk Tim Percepatan Operasional RSUD Ir Soekarno Ketanggungan sambil menunggu terbitnya surat izin operasional dari Menteri Kesehatan RI. Sehingga RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan tersebut akan dapat melayani rawat jalan, rawat inap, dan pelayanan klinik lainnya.

“RSUD Ir Soekarno Ketanggungan ini diharapkan dapat memudahkan warga masyarakat Brebes dan sekitarnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.” kata Inneke.

KH Hudallah dalam berceramah menerangkan arti pentingnya kita sebagai warga muslim untuk bersandar hanya pada Allah Ta'ala. Karena setiap Sebab, Allah yang menciptakan, dan juga setiap akibat, Allah juga yang menciptakan. Sebagaimana Sakit, Allah yang menciptakan, dan juga sembuh, Allah lah yang menciptakan. Oleh karena itu, sering-seringlah berdoa kepada Allah Ta'ala yang menciptakan kesembuhan. 

“Kita boleh berencana akan tetapi Allah Ta'ala yang berkehendak atas kodrat dan irodat seluruh manusia di muka bumi ini,” terang Gus Huda.

Acara puputan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Brebes, Narjo SH MH, serta Ketua Dekranasda Dr. Drs. AKBP H Warsidin, dan juga Sekertaris Daerah Kabupaten Brebes, Ir Djoko Gunawan MT. Hadir pula para kepala OPD Kabupaten Brebes, beserta para alim ulama serta tokoh masyarakat setempat.

Iklan

iklan