Iklan

Iklan

,

Iklan

Gibran Tampil Cemerlang dalam Debat Cawapres

Kartininews
22 Des 2023, 23:58 WIB Last Updated 2023-12-23T08:43:34Z

 Jakarta - Debat Cawapres (Calon Wakil Presiden) Gibran Rakabuming Raka dinilai tampil cemerlang dalam debat kedua yang digelar KPU bertema “Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan” di Jakarta Convention Center (JCC) Jumat malam 22 Desember 2023.


“Mas Gibran telah benar-benar menguasai panggung debat malam ini. Ia tampil gemilang dan mampu menjelaskan, menjawab serta saat beradu argumentasi dengan peserta lainnya,” kata Ketua umum Relawan Jokowi untuk Prabowo Gibran HM Darmizal MS.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Gibran dalam panggung debat membuktikan kualitasnya, jika putra sulung Jokowi tersebut pantas menjadi pemimpin nasional. Hal ini kenyataannya tidak seperti yang dituduhkan banyak orang kalo Gibran itu takut debat.

“Banyak orang beranggapan Gibran tidak bisa apa-apa selama ini. Bahkan, ada yang beranggapan Gibran selalu tidak ingin debat. Malam ini Gibran menunjukkan kepiawaiannya dalam debat,” tambahnya.

Bahkan, lanjut Darmizal, Gibran mampu mematahkan argumen cawapres lain saat berlangsungnya debat.

“Seperti Gibran mengatakan kalau Muhaimin Iskandar tidak konsisten dengan adanya pembangunan IKN. Dulu, Muhaimin ikut memotong tumpeng bersama presiden Jokowi saat meletakkan batu pertama pembangunan IKN. Ini kan jelas-jelas kalau Gibran menguasai panggung,” urai Darmizal.

Dirinya mengaku setuju dengan komentar Gibran yang menyebut pembangunan IKN merupakan simbol pemerataan pembangunan.

“Saya setuju pembangunan IKN bukan hanya membangun pemerintahan tetapi juga sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia. Dan juga sebagai simbol transformasi pembangunan Indonesia. Maka, pembangun IKN harus tetap dilanjutkan,” urai Darmizal.

Bahkan, Darmizal memberi nilai sempurna kepada Gibran yang begitu menguasai panggung debat Cawapres ini.

“Kalau saya boleh memberi nilai. Mas Gibran angkanya 9 atau sempurna. Dia mampu menjelaskan dengan lugas dan tegas setiap materi dalam debat. Gibran sempurna…,” terang Darmizal.

Pengamat Politik Ujang Komaruddin mengatakan bahwa cawapres Prabowo Subianto ini memiliki potensi yang luar biasa dan bisa menguasai panggung debat.

“Kita semua menyaksikan bahwa Gibran tampil luar biasa, tampil meyakinkan publik itu menjawab keragu-raguan,” ujar Ujang.

Terlebih, Ujang melihat sosok putra sulung Presiden RI Joko Widodo ini selain lihai dan berpengalaman dalam memimpin kota Solo juga pandai berwirausaha.

“Ini sudah saya analisa, bahwa Gibran punya keunggulan sebagai kepala daerah, sebagai pengusaha juga dan dia mampu menguasai materi debat,” lanjutnya.

Ujang menilai Gibran sangat lugas dan tepat sasaran menjawab ataupun menanggapi sanggahan yang dilontarkan oleh cawapres nomor urut 1 Gus Muhaimin Iskandar, ataupun cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

“Gibran menjawabnya dengan oke, keren, dan itu disaksikan seluruh rakyat indonesia, penampilan Gibran itu membuat banyak rakyat terkesima dan simpati khususnya anak-anak muda,” jelas Ujang.

Ujang juga sepakat bahwa performa Gibran seperti yang Prabowo nyatakan kepada awak media, “membanggakan dan layak mendapatkan nilai tertinggi.”

Hal ini juga menurut Ujang mematahkan stigma negatif terhadap sosok Gibran sebelumnya yang dianggap sebelah mata oleh sejumlah pihak.

“Saya melihat Gibran memenangkan debat dengan skor yang bagus dan luar biasa ketimbang cawapres lainnya, Gibran ingin menunjukkan kualitasnya bahwa dia adalah salah satu putra terbaik bangsa yang layak bertanding dalam pemilu,” kata Ujang.

Iklan