Iklan

Iklan

,

Iklan

Aplikasi iPhone Terkenal Rekam Layar Anda Diam-diam tanpa Izin

4 Agu 2022, 09:48 WIB Last Updated 2022-08-04T02:48:06Z
Perusahaan seperti Expedia, Hollister dan Air Canada merekam setiap gesekan dan ketuk pada aplikasi iPhone Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak menyadarinya karena mereka tidak meminta izin. Dalam situasi ini, mudah untuk mengasumsikan bahwa banyak aplikasi mengumpulkan data Anda. Beberapa aplikasi memonetisasi data Anda tanpa memberi tahu Anda.

Beberapa aplikasi iPhone terkenal dari maskapai operator seluler, situs perjalanan, pelaku bisnis perhotelan, pemodal, dan bank terlibat dalam kegiatan ini. Mereka tahu persis kebiasaan Anda untuk menggunakan aplikasi. Aplikasi ini dapat menutupi bidang tertentu, dan beberapa tidak sengaja mengekspos data sensitif Anda.

Singapore Airlines, Hotels . com, Abercrombie & Fitch adalah aplikasi terkenal untuk merekam data Anda. Aplikasi menggunakan Glassbox, sebuah perusahaan analitik untuk pengalaman pelanggan yang memungkinkan perusahaan untuk menanamkan teknologi replay sesi di aplikasi mereka.

Dengan replay sesi, pengembang aplikasi dapat merekam layar dan memainkan aktivitas Anda lagi. Mereka melakukan ini untuk mencari tahu bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi. Itu terbukti bermanfaat bagi mereka untuk menghapus kesalahan. Mereka merekam setiap entri, seperti entri keyboard, ketuk, dan tombol. Setiap rekaman dikirim kembali ke pengembang aplikasi.

Baca Juga: Chrome Akan mengijinkan Deep-Link ke Frase atau kata di Halaman Website

Dalam tweet terbaru, Glassbox berkata, "Bayangkan jika situs web atau aplikasi seluler Anda bisa melihat persis apa yang dilakukan pelanggan Anda secara real time, dan mengapa mereka melakukannya?"

Seorang analis aplikasi mengungkapkan bahwa aplikasi iPhone dari Air Canada tidak secara tepat menutupi sesi pemutaran ulang. Sesi-sesi ini dapat mengungkapkan nomor paspor dan data kartu kredit. Beberapa minggu yang lalu, Air Canada mengatakan bahwa aplikasi mengalami pelanggaran data setelah mengekspos lebih dari 20.000 profil.

Dalam situasi ini, karyawan dan orang lain dari Air Canada dapat mengakses database tangkapan layar. Mereka dapat memperoleh akses ke kata sandi yang tidak dienkripsi dan informasi kartu kredit. Sesuai analis aplikasi, Abercrombie & Fitch dan Hollister mengirim semua replay sesi ke Glassbox. Hotels.com dan Expedia mengirim data ini kembali ke server mereka di domain mereka.

Tanpa mengevaluasi data setiap aplikasi, tidak mungkin untuk mengetahui apakah suatu aplikasi merekam layar pengguna. Mereka tidak menyebutkannya bahkan dalam cetakan kebijakan mereka. Aplikasi di App store Apple memerlukan kebijakan privasi. Sayangnya, kebijakan privasi mereka diam tentang tindakan mereka. (Aft)

Iklan