Iklan

Iklan

,

Iklan

SpaceX Berhasil Meluncurkan Satelit Nusantara 1 berteknologi HTS untuk Indonesia

5 Agu 2022, 11:33 WIB Last Updated 2022-08-05T04:33:09Z
SpaceX berhasil meluncurkan satelit komunikasi Nusantara Satu SSL, dibangun untuk operator satelit Indonesia PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), dengan roket Falcon 9 dari pangkalan peluncuran SpaceX di Cape Canaveral, Florida kemarin (22/2/2019). Satelit ini berhasil melakukan manuver pasca peluncuran sesuai rencana, dan menempatkan susunan surya sesuai jadwal.

Nusantara Satu adalah satelit multi-misi yang mencakup muatan High Throughput Satellite (HTS) pertama di Indonesia. Sebelumnya disebut PSN VI, satelit ini bertujuan untuk menyediakan layanan distribusi suara, data, dan video di seluruh Asia Tenggara. PSN adalah perusahaan telekomunikasi satelit swasta pertama di Indonesia dan penyedia layanan telekomunikasi berbasis satelit.

Baca Juga: Samsung Galaxy S10 Crypto Wallet terdapat Celah di Video Selama Launching

Nusantara Satu juga merupakan salah satu satelit pertama yang menggunakan sistem propulsi listrik generasi mendatang SSL, yang bertujuan untuk memberikan peningkatan daya, fleksibilitas, dan kinerja.

Kesuksesan mengorbitnya Satelit Nusantara Satu menjadikan Satelit broadband mengorbit pada slot-orbit: 146°BT, yaitu tepat di atas Pulau Papua, Indonesia. Satelit mengorbit mulai pukul:08.15 WIB/ 20.45 waktu Florida, USA. Peluncuran SNS (Satelit Nusantara Satu) ini, disaksikan DirJend SDM Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo, KBI USA dan lainnya di SpaceX, Cape Canaveral.

Baca Juga: Aplikasi iPhone Terkenal Rekam Layar Anda Diam-diam tanpa Izin

Heru menerangkan, SNS ini mempunyai kapasitas sekitar 26 transponderC-band dan 12 transponder Extended-C-band serta 8 spot beamKu-band dengan jumlah total kapasitas dari bandwidth mencapai hingga 15 Gbps. Area untuk C-band dan Extended-C-band meliputi seluruh wilayah di Asia Tenggara, sedangkan Ku-Band mencakup seluruh Indonesia. SNS ini diperkirakan mampu mengorbit lebih dari 15 tahun di angkasa.

SNS ini mempunyai berat saat peluncuran 4.100 Kg. Dengan berfungsinya SNS ini diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat di seluruh pelosok penjuru daerah wilayah Indonesia. Mereka akan mendapatkan layanan akses Internet dan teknologi informasi.

Iklan

iklan