Iklan

Iklan

,

Iklan

Tidak Bisa Melaut, Warga Nelayan Jepara Demo di SPBU

Kartininews
12 Sep 2022, 18:32 WIB Last Updated 2022-09-12T11:32:12Z
Jepara - Nelayan di kawasan pesisir Mlonggo selama beberapa hari ini sulit mendapatkan solar. Mereka tidak bisa melaut, sehingga pagi tadi mereka demo di SPBU Sekuro, Senin (12/9/22).
 

Para nelayan yang tergabung dalam paguyuban Nelayan Jepara yang ada di Pesisir Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, sudah sejak BBM naik ini kesulitan mendapatkan BBM jenis solar. Solusi yang ditawarkan oleh pemerintah dinilai belum membuat para nelayan terlepas dari masalah pelik itu. 

Suaib (52), nelayan yang berasal dari Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo menjelaskan bahwa demo ini dikarenakan solusi yang ditawarkan oleh pemerintah belum berguna sama sekali. Pemerintah yang sebelumnya sudah mengarahkan agar nelayan yang ada di Mlonggo untuk membeli BBM solar di SPBN Ujungbatu, Kecamatan Jepara. 

Hal ini dikarenakan, SPBN yang berada di Mlonggo saat ini sedang diblokir dikarenakan rusak tersambar petir. Sedangkan untuk dapat membeli BBM Solar di SPBN Ujungbatu, para nelayan diharuskan mendapatkan surat rekomendasi yang diterbitkan dari Dinas Perikanan Kabupaten Jepara. 

Akan tetapi, Suaib melanjutkan bahwa dirinya dan rekan-rekannya sulit mendapatkan surat rekomendasi dan sulit memprosesnya. Hal itu, sudah sepekan surat rekomendasi tersebut yang telah diajukan tidak kunjung jadi. 

”Kalau surat rekomendasi nelayan belum jadi, gimana kami para nelayan ini bisa beli solar? Bagaimana nasib kami, bisa makan apa?” tegas Suaib.

Suaib juga mengaku sudah tidak tahan dengan kondisi saat ini. Dia juga mengaku bahwa setelah kenaikan BBM tersebut, para nelayan kesulitan mendapatkan solar, para nelayan didaerahnya dan sekitarnya yang sekarang menjadi buktinya sama sekali tidak bisa mendapatkan solar.

”Kami sudah 5 hari ini, tidak bisa berangkat melaut. Dikarekan Kami tidak bisa beli solar,” terang Suaib, saat berdemonstrasi di SPBU Sekuro, Mlonggo, Senin (12/9/2022).
Sementara itu, hari ini, sebanyak tiga ratus lebih para nelayan yang tergabung didalam Forum Nelayan (Fornel) Jepara Utara melakukan aksi. Fornel Jepara Utara protes soal kesulitan mendapatkan solar dan berusaha memaksa pihak SPBU untuk melayani pembelian solar untuk para nelayan. Fornel yang mewakili nelayan di daerah Mlonggo, Suaib dan para nelayan menyatakan tidak keberatan dengan kenaikan harga BBM, akan tetapi keberatan jika dipersulit mendapatkan BBM. Oleh karena itu, Fornel Jepara Utara menyuarakan dan meminta agar diberi kemudahan untuk memperoleh BBM solar guna keperluan melaut itu. 

”Kami tidak masalah jika harga solar naik. Akan tetapi berilah kemudahan. BBM Solar saat ini sulit sehingga tidak bisa melaut. Mesin kapal kami ini tidak bisa diisi pakai air,” tegas Suaib.

Iklan

iklan