Iklan

Iklan

,

Iklan

Dodge Cyber Menyerang Pertahanan Sistem Smart House

5 Agu 2022, 11:34 WIB Last Updated 2022-08-05T04:34:06Z
Perangkat IoT memungkinkan Anda melakukan beberapa hal, tetapi ini tidak aman. Ada beberapa kekhawatiran tentang penjahat dunia maya dan peretas. Mereka dapat menyalahgunakan perangkat Anda yang tidak dilindungi.
Ingatlah bahwa perangkat IoT yang tidak aman dapat meningkatkan kemungkinan pelanggaran keamanan. Misalnya, semangkuk makanan kucing yang cerdas bisa tidak aman, dan penjahat cyber bisa mendapatkan akses ke mangkuk ini. Mereka mungkin mengakses unit Alexa Anda yang dikaitkan dengan mangkuk pintar. Mungkin memungkinkan mereka untuk mengirim perintah ke perangkat lain yang terhubung ke jaringan. Dalam situasi ini, mereka dapat melakukan segalanya mulai dari pencurian identitas hingga membuka kunci pintu.

Baca Juga: LG Smart Oven Sekarang Dengan Tovala Tech

Bahkan meninggalkan celah dalam keamanan rumah Anda, pastikan untuk membuang perangkat IOT versi lama. Perlu diingat bahwa perangkat IoT yang tidak aman bisa menjadi jendela terbuka bagi penjahat cyber. Mereka bisa mendapatkan akses ke semua yang ada di jaringan yang sama.

Sekarang ini, penjahat cyber menjadi lebih cerdas teknologi; Oleh karena itu, konsumen harus mengambil langkah-langkah baru untuk perlindungan mereka. Jika Anda berencana untuk membeli perangkat IoT atau sudah memilikinya, pastikan untuk mengatur langkah-langkah keamanan yang sesuai.

Pastikan untuk memiliki jaringan Wi-Fi yang aman, bahkan tanpa perangkat IoT. Penjahat dunia maya atau peretas yang terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa jaminan bisa berbahaya. Ia dapat mengakses Smartphone, komputer, dan perangkat lainnya.

Gunakan kata sandi/password yang kuat untuk keamanan jaringan (kombinasikan dengan angka dan karakater atau capslock) dan pastikan untuk sering mengubahnya. Kata sandi yang kuat dapat terdiri dari simbol, angka, huruf kecil, dan huruf besar, dll. Jangan ragu untuk memberi nama jaringan Anda tanpa disadari untuk menghindari perhatian. Memasukkan alamat, nama, dan sesuatu yang dapat diidentifikasi dapat menjadi bagian dari nama Wi-Fi. Nama yang sederhana atau membosankan dapat menjaga jaringan Anda tetap aman karena nama yang menarik dapat dengan mudah menarik perhatian.

Baca Juga: Mengungkap Rahasia Pembaruan Kontrol Lokasi Privasi Facebook

Perangkat IoT memerlukan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi untuk mengirim data. Beberapa perangkat mungkin memerlukan pengaturan satu kali di Smart House (rumah Pintar). Smartwatches dan Fitbits adalah beberapa perangkat IoT yang mungkin memerlukan koneksi yang aman. Adalah tanggung jawab Anda untuk mencari koneksi yang ada. Jika Anda mengandalkan Bluetooth, itu akan secara konsisten mencari koneksi baru. Seorang hacker mungkin terhubung ke jaringan ini dan memuat malware ke perangkat Anda. Malware ini bisa mematikan dan menyebar ke perangkat dan ponsel Anda di jaringan yang sama.

Untuk keamanan maksimum rumah Anda, penting untuk memperbarui perangkat IoT karena perangkat yang sudah ketinggalan zaman mengundang peretas untuk menemukan kerentanan. Untuk setiap perangkat IoT, pastikan untuk memperbarui setiap perangkat lunak dan mengaktifkan pembaruan otomatis. Beberapa perangkat mungkin memerlukan instalasi manual driver fisik. Jika Anda gagal melindungi perangkat Anda yang mendukung IoT, itu bisa meningkatkan kemungkinan serangan dunia maya.

Iklan