Iklan

Iklan

,

Iklan

Pantai Semat Butuh Kebijakan Pemerintah Jepara

5 Agu 2022, 19:07 WIB Last Updated 2022-08-05T12:07:15Z
Hampir setiap tahun, abrasi pantai semat membuat warga semat berpikir keras agar desanya tidak tergerus oleh air laut. sehingga akhirnya dibuatlah pagar betis di sepanjang pantai semat.
ada beberapa orang yang peduli tentang abrasi di desa semat ini, sehingga dibuatlah taman dan gasebo secara gratis, bahkan disediakan tempat bilas di tepi pantai. Tetapi punya syarat agar tetap menjaga kebersihan tempat dan pantai.

Pantai semat ini terletak di desa semat yang ke arah selatan. disini terdapat pasar semat yang buka setiap pagi. banyak sekali makanan, pasar ikan dan berbagai barang jualan disini, ya di sepanjang pantai semat. untuk datang ke pantai semat ada 3 jalur yang bisa dilewati. jalur pertama dari arah selatan yaitu dari jalan provinsi yang dimulai dari Pecangaan sampai yang melewati Desa Bugel kemudian masuk ke desa Bulak dan kemudian masuk ke desa semat. Anda juga bisa melewatii dari arah kedungmalang, lalu ke utara sampai di desa semat.

Baca Juga: Pantai Bandengan

Jalur ke 2 adalah dari kota jepara. Dari kota jepara, anda bisa meleewati dari perempatan Demaan terus ke selatan lurus terus yang melewati desa tegalsambi, desa demangan, desa platar dan massuk ke desa semat. sedangkan jalur ke 3 adalah jalus kota yang sama tapi melalui tepi pantai teluk awur.
Gambar inilah yang terakhir di tahun 2019 ini, bentuk pantai semat. masih butuh sentuhan kepedulian pemerintah. dari gerusan abrasi ini, pantai semat sudah mengikis tanah desa semat. Anda bisa lihat sendiri ke lokasi. Banyak batu, pagar pondasi yang sudah banyak rapuh, tanaman yang sebagai benteng abrasi juga sedikit.

Baca Lagi: Pantai Kartini

Populasi pengunjung akhir akhir ini semakin banyak, baik dari daerah sekitar maupun wisatawan local lainnya yang penasaran akan pantai semat ini. tetapi akhirnya mengecewakan karena kondisi pantai semat memprihatinkan.

Baca Nih: 20 Pantai di Jepara

Kelebihan pantai semat ini adalah pasir putih yang menyimpan kerang yang banyak. banyak pecinta kerang laut yang bersih mencari kerangnya dari pantai semat ini. Karena pantai semat tidak banyak pencemaran laut. Hal ini anda bisa buktikan dengan kerang yang dijual dari semat, bahwa kerangnya tidak banyak kotoran dan pasir. bahkan seringnya bersih. dan besar besar. dibanding dengan kerang dari pantai yang lain. Selain itu, Rasanya juga lebih enak dan manis alami daripada kerang yang lain. Mau bukti? yuk berburu kerang di desa semat.

Iklan

iklan