Ingin Kerja di Jepang: Begini Syarat, Cara, dan Alurnya

Ingin Kerja di Jepang: Begini Syarat, Cara, dan Alurnya. Jepang, yang merupakan salah satu negara di Asia yang menerima pekerja dari Indonesia. Banyak

Bekerja di luar negeri merupakan impian banyak orang. Salah satunya di negara Jepang, yang merupakan salah satu negara di Asia yang menerima pekerja dari Indonesia. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk berusaha bekerja di Negeri Matahari Terbit tersebut. 
Akan tetapi, ternyata proses agar bisa kerja di Jepang tidak semudah yang dibayang. Terdapat syarat, cara, hingga alur ketat yang harus diikuti oleh Anda. Tentunya, hal-hal tersebut membutuhkan effort dan tenaga yang tidak sedikit. Meskipun begitu, dengan memahami sejumlah syarat, cara, dan alur kerja di Jepang, tentu Anda bisa dengan mudah mempersiapkannya. Sehingga, Anda tidak perlu kebingungan dalam menyiapkan diri. 

Termasuk dalam membuat CV dan menentukan objektif dalam CV. Pelajari hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan objektif CV pada tautan tersebut. Sehingga, impian Anda untuk kerja di Jepang dapat terwujud.

Berikut ini adalah syarat, cara, dan alur kerja di Jepang yang perlu Anda ikuti.

Syarat Kerja di Jepang

1. Pendidikan

Tingkat pendidikan menjadi syarat pertama bagi Anda yang ingin kerja di Jepang. Beberapa pekerjaan seperti bidang perkebunan cukup membutuhkan ijazah SMA sebagai syarat yang harus dipenuhi.
Akan tetapi, bagi Anda yang ingin pekerjaan yang lebih tinggi seperti software engineer, tentu harus menyelesaikan pendidikan minimal S1.

2. Keahlian Bahasa

Anda perlu menguasai Bahasa Jepang untuk bisa kerja di sana. Hampir sama seperti TOEFL, Jepang memiliki standar bahasanya sendiri yang disebut Japanese language Proficiency Test (JLPT).
Ada lima level yang harus Anda kuasai. Anda bisa mengikuti kursus ataupun pendidikan bahasa lainnya untuk bisa mendapatkan sertifikat JLPT

Cara Kerja di Jepang

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa kerja di Jepang. Tentunya, setiap cara tersebut memiliki syarat lain yang harus dipenuhi selain syarat yang sudah disampaikan di atas.

Melalui Program Pemerintah

Anda bisa memanfaatkan program pemerintah yang memberangkatkan pekerja untuk bisa berkarir di Jepang. Salah satunya adalah program magang di Jepang selama 5 tahun.

Anda bisa mendatangi dinas tenaga kerja terdekat dan menanyakan mengenai program ini. Selain itu, setiap dinas tenaga kerja memberikan syarat yang berbeda. Bahkan, setiap tahunnya pun syarat yang diberikan selalu berbeda.

Misalnya, tinggi badan, minimal usia, minimal pendidikan, dan lain-lain. Dengan mengetahui syarat-syarat tersebut tentu Anda pun bisa lebih mempersiapkan diri untuk menuju langkah tes. Biasanya, tes yang diberikan adalah tes bahasa, administratif, matematika, dan lain-lain.

Selain program magang, Anda pun bisa memanfaatkan program G to G atau government to government (antar pemerintah). Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Jepang.

Program ini dipegang oleh BNP2TKI di masing-masing provinsi tempat Anda tinggal. Hampir sama seperti program magang, ada syarat dan tes yang harus Anda lewati.

Tentunya, syarat dan tes yang diberikan akan berbeda dengan program magang. Anda bisa menghubungi BNP2TKI yang ada di provinsi Anda masing-masing untuk mengetahuinya lebih lanjut.
Selain itu, Anda pun bisa mendaftarkan diri LPK dan mendapatkan pendidikan di sana. Selain itu, LPK siap membantu segala hal terkait administratif yang dibutuhkan untuk Anda yang ingin kerja di Jepang.

Alur Kerja di Jepang

  1. Syarat
    • Pendidikan Minimal SMA. Disarankan D3 atau S1
    • Minimal usia 19-26 tahun
    • Tinggi minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita
    • Berat badan ideal
    • Tidak menggunakan kacamata
    • Tubuh bersih dari tato, tindik, dan tidak punya penyakit kulit
    • Tidak pernah operasi, patah tulang, atau masalah organ tubuh
  2. Administrasi
    • Surat lamaran dengan atau formulir pendaftaran
    • KTP dan Kartu Keluarga
    • Kartu AK1 (Kartu pencari kerja)
    • Surat Keterangan Sehat
    • Pernyataan izin magang dari orang tua/wali
    • Ijazah dan Transkrip Nilai
    • Sertifikat Keahlian/Keterampilan
    • Pas Foto
Setelah melengkapi syarat dan administrasi yang dibutuhkan, Anda bisa langsung mengikuti alur berikut untuk kerja di Jepang.

Lengkapi persyaratan

Pastikan semua persyaratan yang dibutuhkan disiapkan sampai lengkap. Jangan sampai Anda melupakan satu syarat pun.

Mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja atau LPK

Selanjutnya, Anda bisa mendaftarkan diri ke Dinas Tenaga Kerja yang ada di daerah masing-masing. Atau bisa melalui LPK yang menyediakan magang ke Jepang.

Ikuti Tes

Ada beberapa tes yang harus Anda ikuti, seperti:
  • Ujian Tulis Matematika Dasar
  • Tes Ketahanan Fisik
  • Wawancara
  • Tes Kesehatan
  • Ujian Bahasa Jepang

Membuat Paspor

Apabila semua tahapan sudah Anda ikuti dengan benar dan baik, selanjutnya Anda akan dibantu oleh Dinas Tenaga Kerja atau LPK setempat untuk membuat paspor. Setelah itu, Anda pun harus memahami bahwa tahapan atau alur kerja di Jepang itu menggunakan sistem gugur.

Syarat dan alur bekerja di Jepang memang sedikit rumit dan panjang. Akan tetapi, dengan mengikuti semua cara kerja di Jepang yang sudah disampaikan di atas, tentu Anda pun sudah memiliki bayangan akan seperti apa prosesnya.

Demikianlah, uraian mengenai cara, syarat, hingga alur bekerja di Jepang yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk mempersiapkan segala hal sebelum memutuskan dan bertekad bekerja di luar negeri. Selamat mencoba!

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Agama,20,Automotif,53,Banten,1,Bisnis,31,Brebes,3,Demak,1,Entertainment,11,Exhibition,8,Gunung,2,Internasional,48,Jepara,204,Karanganyar,1,karimunjawa,12,Kota Serang,1,Lowongan,6,Nasional,59,Nusantara,146,Olahraga,55,Pantai,8,Pantura,6,Pariwisata,41,Pati,3,Pekalongan,2,Pemalang,2,Pemda,33,Pendidikan,37,Persijap,15,Politik,42,Serang,1,Tegal,16,teknologi,90,Wanita,22,
ltr
item
Berita Kartini Terbaru dan Terkini: Ingin Kerja di Jepang: Begini Syarat, Cara, dan Alurnya
Ingin Kerja di Jepang: Begini Syarat, Cara, dan Alurnya
Ingin Kerja di Jepang: Begini Syarat, Cara, dan Alurnya. Jepang, yang merupakan salah satu negara di Asia yang menerima pekerja dari Indonesia. Banyak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEpO3bskFPtLEEGArXLkDKaAE8HRFrgz0wi53rctUCa9vidQ_GVRC8tvjBpnQWJRjJc78EtV3SjzI1x9-QHXYQwhZuL0Cm0tpN_VzvM_MgKb1Ak-6CK5_EXMdzquz9OkFGy4XCXF6gBs8FIeyqtF1nBSnXCuCz9nWHd0fzSXMmVorRU2ZZxc5PfmTGLg/w640-h366/jepang.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEpO3bskFPtLEEGArXLkDKaAE8HRFrgz0wi53rctUCa9vidQ_GVRC8tvjBpnQWJRjJc78EtV3SjzI1x9-QHXYQwhZuL0Cm0tpN_VzvM_MgKb1Ak-6CK5_EXMdzquz9OkFGy4XCXF6gBs8FIeyqtF1nBSnXCuCz9nWHd0fzSXMmVorRU2ZZxc5PfmTGLg/s72-w640-c-h366/jepang.jpg
Berita Kartini Terbaru dan Terkini
https://www.kartininews.com/2022/06/ingin-kerja-di-jepang-begini-syarat.html
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/
https://www.kartininews.com/2022/06/ingin-kerja-di-jepang-begini-syarat.html
true
1373541348100745015
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy