Iklan

Iklan

,

Iklan

Mengapa Sebaiknya Naik PREMIUM BUS Di Jalan TOL yang Panjang

9 Jun 2021, 17:39 WIB Last Updated 2021-06-09T10:43:08Z

Jepara - Banyak sekali Bus yang nampaknya premium tetapi ternyata tidak premium, hanya polesan dari luarnya saja, mesinnya tetap jadul. Di Jepara terdapat beberapa industri transportasi yang terlihat menggeliat, salah satunya adalah Bus Bejeu dan lainnya. Namun lagi-lagi tentang kenyamanan pelanggan dalam menaiki Bus tersebut. 

Untuk trayek Jepara-Jakarta biasanya bus premium melewati jalan Tol Semarang-Jakarta yang panjangnya sekitar 444 km. Jalur jalan Tol ini sangat membantu mempersingkat waktu tempuh Jepara-Jakarta PP. Namun, perlu diketahui dulu kelebihan menggunakan bus premium di jalan tol yang panjang tersebut.

Bacalagi; Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Awet

Premium bus mempunyai CC mesin rata-rata besar, diatas 11.000, sehingga sangat kuat dan mumpuni digunakan untuk perjalanan nonstop di jalan Tol yang panjang.

Pengereman pada premium bus juga relatif lebih bagus. Dengan sistem pengereman yang menggunakan teknologi terkini (ABS, Brake Retarder, ECS, Hill Hold serta Cruise Control), pengereman menjadi lebih baik dan lebih aman. Sehingga penumpang akan merasa lebih aman. 

Suspensi premium bus lebih stabil dan nyaman, penumpang lebih merasa nyaman karena bus nggak terasa limbung dalam kecepatan tinggi. Dengan air suspension yang sangat mampu menahan bodi dan interior bus beserta penumpangnya.

Berikut perbandingan speedometer  bus yang ada di PO. Bejeu saat beroperasi. 

Bus Premium Volvo B11R yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya hanya sekitar 1300 RPM pada posisi gigi automatic ke 12. 

Bus Premium Scania K410ib yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya hanya sekitar 1500 RPM pada posisi gigi automatic ke 12. 

Bus Mercedes Benz OH 1626 yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya sekitar 2000 RPM pada posisi gigi ke 6. 

Sementara bus Hino RK 260 yang jalan pada kescepatan sama 100km/jam RPMnya sekitar 2300 RPM pada gigi manual 6.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap getaran mesin yang dihasilkan, handling driver dan performa jangka panjang mesin. Bisa dikatakan bahwa mesin Volvo jauh tidak "ngoyo" dibanding mesin Hino atau 1626.

Bacalagi; 12 Mobil Tercepat Lebih Dari 400+ km / jam

Penumpang benar-benar merasa nyaman selama dalam perjalanan karena bus tidak terasa sedang dalam kecepatan yang cukup tinggi sesuai aturan jalan bebas hambatan.

Jadi... Demi keamanan dan kenyamanan anda di tol, sebaiknya pilihlah premium bus...

sumber; fb rifqy.roosdhani

Iklan