Iklan

Iklan

,

Iklan

Drone Fotografer Melihat dan Menyelamatkan Manusia yang Diserang Hiu

29 Jul 2021, 14:51 WIB Last Updated 2021-07-29T07:58:23Z

Seoarang Pilot Drone dan fotografer amatir, Matt Woods, sedang duduk di balkonnya di Pantai Bondi, Australia dan memutuskan untuk mengirimkan Mavic 2 Zoom-nya untuk memotret pemandangan laut, tetapi malah menemukan seorang spearfisher bergulat dengan apa yang tampak seperti hiu mako yang agresif.

sumber petapixel

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, Woods mengatakan dia ngeri melihat hiu menerjang ke arah perenang, yang hanya bisa menahannya dengan pistol tombak.

“Saya langsung melihat hiu itu karena ada umpan ikan yang besar dan saat saya mendekat, saya bisa melihat hiu itu juga mengitari penyelam di dalam air,” kata Woods. “Penyelam itu menangkis hiu dan menusuknya dengan senjata tombaknya. Hiu itu kemudian mengejar pelampungnya yang terpasang pada penyelam. Hiu itu mengincarnya dan mencoba menggigitnya.”

Woods dan pacarnya segera memberi tahu penjaga pantai setempat tentang situasi tersebut dan terus memantau perenang dengan drone-nya. Dia mengatakan, dia sangat khawatir dengan penyelam karena hiu itu terlihat marah dan agresif, dan dia mempertahankan drone-nya pada posisi untuk memantau penyelam sehingga dia dapat memandu bantuan ke lokasinya sementara pacarnya berbicara dengan penjaga pantai.

Woods mengatakan butuh waktu sekitar 30 menit bagi penjaga pantai untuk membersihkan area peselancar dan perenang sebelum mereka bisa tiba dengan jet ski dan menakut-nakuti hiu. Woods mengatakan bahwa penyelam itu tampaknya mampu mengacak-acak batu dan karang, dan penjaga pantai berhasil mengeluarkannya.

“Saya khawatir dengan penyelam itu karena hiu itu sangat marah. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya, hanya paus. Sepertinya aku selalu teringat hiu. Kami tahu ada hiu di sini sepanjang waktu, tetapi tidak ada yang seperti ini,” lanjutnya.

“Saya pergi mencari penyelam setelah mencoba dan bertemu dengannya tetapi tidak dapat menemukannya,” kata Woods.

Menurut catatan, hanya ada sembilan serangan yang tercatat pada manusia oleh hiu mako sejak tahun 1580 dan hanya satu yang fatal, yang akan membuat situasi yang terlihat dalam video menjadi sangat langka. Meskipun demikian, identifikasi positif hiu sangat sulit karena korban jarang melakukan pengamatan yang memadai selama serangan — seperti yang diharapkan. Mako sering disalahkan atas serangan hiu karena ukuran, kecepatan, dan kemampuannya menyebabkan cedera, meskipun hiu mako umumnya tidak menganggap manusia sebagai mangsa. The Daily Mail menulis bahwa terkadang hiu mako tertarik pada nelayan tombak jika mereka membawa ikan mati, meskipun tidak jelas apakah itu yang terjadi di sini.

Ini adalah yang terbaru dalam beberapa kasus penting yang melibatkan drone dan hiu. Pada Oktober 2020, sebuah drone menangkap pertemuan yang sangat dekat antara peselancar profesional Matt Wilkinson. Pada tahun 2019, fotografer Dan Watson melihat seekor hiu di dalam air datang sangat dekat dengan keluarganya.

Iklan