Iklan

Iklan

,

Iklan

Earth Hour di Tengah Cor*na, Puri Gedeh Gelap Gulita

29 Mar 2020, 11:15 WIB Last Updated 2020-03-29T04:19:11Z
Semarang - Gerakan global Earth hour 2020 tetap berjalan meski gaungnya kalah oleh pandemi virus cor*na. Tak terkecuali di Rumah Dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang mematikan seluruh lampu penerangan selama satu jam pada Sabtu (28/3) malam.

Ganjar sendiri yang meminta petugas rumah tangga Puri Gedeh mematikan lampu pada pukul 20.30 hingga 21.30. Saat itu ia baru saja selesai melayani wawancara live di salah satu TV nasional.

Bacalagi: Bupati Kerinci Beri Penghargaan Abu Syamsudin atas Jalan Kaki ke Gunung Kerinci dari Jepara

"Walaupun lagi sibuk Cor*na semua, malam ini ada earth hour," kata Ganjar.

Suasana Puri Gedeh langsung gelap gulita. Lampu penerangan jalan umum di Jalan Gubernur Budiono itu pun ikut mati. Dalam kegelapan Ganjar masih memantau situasi penanganan Cor*na di Jateng.

Ia nampak sibuk membalas pesan-pesan yang masuk di smartphone miliknya. Sesekali menelepon beberapa pihak untuk memastikan penanganan berjalan sesuai rencana. Terutama menyangkut pendistribusian dan pelaksanaan rapid test. Juga penyiapan bantuan kebutuhan dasar untuk para keluarga yang terdampak Cor*na.

"Pemerintah pusat katanya sudah menyiapkan tapi sementara belum terlaksana kita mau beri sembako untuk keluarga-keluarga yang membutuhkan," katanya.

Ganjar juga sempat menyoroti beberapa daerah yang kabarnya melakukan lockdown seperti Kota Tegal dan Karimunjawa. Menurutnya, Kota Tegal tidak lockdown. "Hanya pembatasan pergerakan masyarakat. Malah bagus itu. Kalau lockdown beneran itu warga tidak boleh keluar rumah, jalan-jalan di jaga tentara, ini kan enggak," katanya meluruskan.

Terkait Karimunjawa, Ganjar juga mendukung karena merupakan kawasan wisata. Hanya warga lokal dan angkutan kebutuhan pokok yang bisa masuk.

Bacajuga: Pemuda Asal Jepara Sukses Mendaki Gunung Kerinci Jambi

"Pemkab Jepara juga sudah koordinasi dengan pemprov jateng, dan saya minta kepala dinas pemuda dan olahraga untuk terus berkomunikasi," jelasnya.

Lampu penerangan di rumah dinas Gubernur Ganjar Pranowo di Puri Gedeh dimatikan selama satu jam (20:30-21:30), Sabtu (28/3) malam. Gerakan mematikan lampu penerangan tersebut untuk ambil bagian dalam gerakan global earth hour 2020. Earth Hour tahun ini dilakukan ditengah pandemi global Virus Cor*na.

Iklan

iklan