Iklan

Iklan

,

Iklan

Angin Lesus Menerjang Pantai Kartini Jepara, Pohon Besar Tumbang

13 Okt 2021, 07:13 WIB Last Updated 2021-10-13T00:21:50Z

Jepara - Angin lesus atau puting beliung menerjang beberapa warung pedagang di kawasan objek wisata Pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah. Pohon besar pun akhirnya tumbang oleh angin puting beliung di kawasan Pantai Kartini. Selain pohon tumbang, angin lesus yang terjadi pada Senin (11/10) malam itu juga terjadi kerusakan pada beberapa kios pedagang di lokasi wisata.

Beberapa fasilitas objek wisata seperti kabel listrik, lampu taman dan juga beberapa kios milik pedagang, mengalami kerusakan tertimpa pohon tumbang. Terpaan angin puting beliung juga menyebabkan atap empat kios rusak. 

“Angin puting beliung berlangsung sebentar, namun warga kepanikan yang tinggal di objek wisata. Angin kencang banget bersama datangnya hujan,” kata Kawid, pemilik kios di Pantai Kartini, Selasa (12/10/2021).

Baca lagi; Desa di Jepara Tergerus Abrasi sangat Parah

Saat ini, dari pengelola objek wisata Pantai Kartini masih melakukan pendataan kerusakan yang dialami. “Secepatnya kita akan membereskan pohon tumbang dan melakukan perbaikan fasilitas yang rusak,” kata Joko Wahyu, Manajer Wisata Pantai Kartini Jepara.

Selasa (12/10) pagi, para pemilik warung membersihkan dahan pohon yang tumbang di kiosnya. Begitu juga dengan para pengelola objek wisata yang membersihkan batang pohon tumbang yang berserakan.

Salah satu pemilik kios yang rusak, Kawid, mengatakan saat kejadian dia bersama istri dan anaknya sedang berada di dalam warung. Sehari-hari dia memang berada di warungnya.

Kejadian begitu tiba-tiba, hanya dia mendengar suara angin dan disertai dengan batang pohon yang patah. Kemudian dia melompat dan berlari ke belakang kios yang lebih aman. Sementara itu, istri dan anak-anaknya sedang salat di belakang kios saat kejadian. Menurutnya, arah angin berasal dari patung penyu, atau arah selatan.

"Hanya beberapa detik mas, ada suara angin lalu ada suara retakan keras lalu saya lompat dan lari ke belakang," kata Kawid.

Murdiyanto, penduduk setempat juga mendengar suara angin kencang yang berputar di kawasan Pantai Kartini. Kemudian, terdengar suara gemuruh seperti pohon tumbang. Saat kejadian, sejumlah warga juga berada di masjid yang terletak di kawasan Pantai Kartini Jepara kemudian mencari sumber pohon tumbang.

"Kejadiannya setelah magrib mas. Saat itu saya masih di rumah dan kebetulan dekat dengan kios. Lalu tetangga bilang pohon di depan warung sudah tumbang," ujarnya.

Baca juga; Pantai Pungkruk Bertarif 8 ribu Rupiah untuk Masuk 

Pengelola Pantai Kartini Joko Wahyu S mengatakan ada lima pohon besar yang tumbang di kawasan Pantai Kartini. Beberapa akses jalan diblokir, kios pedagang rusak, pagar, serta beberapa fasilitas di objek wisata.

"Kami sedang melakukan inventarisasi. Nanti akan kami laporkan dan evaluasi. Termasuk menebang pohon yang berisiko tumbang," katanya.

Iklan