Iklan

Iklan

,

Iklan

PSCS Cilacap Kena Denda Rp 50 Juta Akibat Perilaku Buruk Penonton

Kartininews
10 Sep 2022, 12:47 WIB Last Updated 2022-09-10T05:48:37Z

Cilacap - Komite Disiplin (Komdis) PSSI baru baru ini telah menjatuhkan sanksi dengan denda sebesar Rp. 50 juta kepada PSCS Cilacap setelah bertanding Persijap Jepara dalam laga lanjutan Liga 2 Tahun 2022-2023 pada putaran pertama di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Jawa Tengah, pada hari Senin, 29 Agustus 2022.


Pada siaran pers PSCS Cilacap yang di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu, 7 September 2022 malam, Defisi Komdis PSSI menilai bahwa adanya pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Klub PSCS Cilacap, sehingga menerbitkan 2 surat keputusan (SK) perihal tanggung jawab terhadap tingkah laku buruk penonton. SK masing-masing bernomor 006/L2/SK/KD-PSSl/IX/2022 dan 007/L2/SK/KD-PSSl/IX/2022.

Dalam SK bernomor 006/L2/SK/KD-PSSl/IX/2022 disebutkan bahwa teradapat lebih dari satu orang suporter yang masuk mendekat ke arah lapangan dan juga mendorong pemain Tim Persijap Jepara serta diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran kedisiplinan, sehingga PSCS Cilacap dijatuhi sanksi denda senilai Rp. 25 juta (Dua puluh lima juta rupiah).

Sedangkan pada SK yang bernomor 007/L2/SK/KD-PSSl/IX/2022 disebutkan bahwa adanya pelemparan 1 buah "smoke bomb" berwarna biru oleh suporter PSCS Cilacap dan juga diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran kedisiplinan, sehingga tim yang diberi julukan Hiu Selatan, PSCS Cilacap, ini mendapat sanksi denda senilai Rp 25 juta (Dua puluh lima juta rupiah).

Oleh karena itu, terkait dengan adanya kejadian dua pelanggaran disiplin tersebut yang berujung dengan sanksi denda total senilai Rp50 juta, CEO PSCS Cilacap, Fanny Irawatie, berharap kepada penonton dan juga suporter supaya lebih tertib saat mendukung dan menyaksikan pertandingan.

"Pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh oknum suporter tersebut tentu sangat merugikan klub dan juga semua pihak dari Klub. Oleh karena itu, di masa yang akan datang, diharapkan semua harus tertib dan taat aturan agar PSCS tidak didenda lagi," kata Fanny.

Fanny juga mengakui bahwa kehadiran para penonton dan suporter ke stadion sangatlah diharapkan oleh PSCS Cilacap akan tetapi semuanya haruslah patuh terhadap peraturan yaitu untuk bisa tertib. Sehingga, Fanny mengajak seluruh suporter Hiu Selatan untuk tidak mengulangi pelanggaran tersebut dan mematuhi semua peraturan yang ditetapkan di stadion. 

"Jika pelanggaran kedisiplinan ini terjadi lagi, maka PSCS akan dikenai hukuman yang lebih berat," katanya.

Iklan