Iklan

Iklan

,

Iklan

Mahasiswa Undip Bantu Penjualan Pedagang dengan Media Digital di Desa Lerep

Kartininews
16 Des 2022, 07:52 WIB Last Updated 2022-12-16T00:52:29Z

Semarang - Dengan adanya Mahasiswa Undip yang sedang KKN Tematik di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat, kehadirannya mahasiswa tersebut banyak membantu warga setempat. Salah satunya adalah dengan membantu penjualan para pedagang dengan media digital. (06/12/2022).

Kebanyakan penduduk Desa Lerep ada yang mempunyai toko Kelontong, yaitu mereka jual barang sembako untuk kebutuhan warga setempat.

Di Desa Lerep tersebut terdapat Toko yang bernama Toko Gotong Royong. Toko ini dapat menjadi pensupplay para penjual di beberapa tempat di desa tersebut. Sehingga Supplay and Demand dalam perdagangan ini butuh efektifitas agar mudah dan tersistem dengan baik. Atas dasar inilah, Adzan Jati Prasetyo, Mahasiswa yang sedang KKN tersebut membantu dengan media digital.


Harapan Adzan adalah untuk mempermudah dalam akses para penjual terhadap supply melalui dunia digital. Dengan media digital, Toko Gotong Royong dapat memiliki sistem yang mensupplay para penjual dengan barang dagangan yang mereka butuhkan. Untuk bisa menjangkau para penjual sebanyak mungkin, Adzan membantu mensosialisasikan sistem yang sudah di bangun dengan media digital di Toko Gotong Royong tersebut. Hal ini dengan tujuan agar setiap penjual mudah mengakses barang-barang yang mereka butuhkan di perdagangannya.

Selain itu, Adzan juga membantu membuatkan sebuah grup yang dikhususkan bagi pengurus Toko Gotong Royong dan juga warga sebagai ajang berkomunikasi serta tempat saling bertukar informasi mengenai ketersediaan barang apa saja yang warga butuhkan dan juga barang apa saja yang tersedia di Toko Gotong Royong tersebut.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa Undip ini dapat memberikan efektifitas waktu yang awalnya harus belanja ke Pasar Ungaran yang jaraknya kurang lebih 5 Km dari Desa lerep. Selain itu juga medan yang di laluinya cukup ekstrim karena area pegunungan.

Beberapa pedagang di desa Lerep juga mengaku senang akan adanya sistem digital tersebut. Dengan Media Digital yang dibuat oleh Adzan, ini menjadi solusi dan tempat komunikasi antara para penjual dan para pengurus toko gotong royong. 

"Kami, berharap dengan media digital ini, sistem perdagangan di desa Lerep menjadi terpusat dan tersistem denga baik serta semoga menjadi semakin maju" Kata Adzan.

Iklan