Iklan

Iklan

,

Iklan

Peternak Difabel Desa Paluhombo Berhasil Bikin Pakan Ternak Bergizi

Kartininews
13 Feb 2023, 17:54 WIB Last Updated 2023-02-13T10:54:11Z

Sukoharjo, Jateng - Peternak Difabel Desa Paluhombo Berhasil Bikin Pakan Ternak Bergizi, Ini Bukti Kecerdasan dan Kreativitas Mereka!


Potensi industri ternak sapi dan kambing di Desa Paluhombo memungkinkan masyarakat untuk berinovasi dalam meningkatkan kualitas hasil produksi ternaknya. Peningkatan kualitas produksi ternak dapat dimulai dari hal yang paling dasar yaitu melalui pakan ternak. Pakan ternak yang paling sederhana dan mudah ditemui untuk para peternak sapi dan kambing adalah rumput dan juga tumbuhan jagung. 

Dengan berkembangnya teknologi dalam pengolahan pakan ternak, kini masyarakat juga dapat meningkatkan kualitas hasil produksi ternak ditunjang dengan pemilihan pakan ternak yang baik. Pemilihan pakan ternak yang baik akan membuat kualitas dari ternak itu sendiri dapat meningkat seperti contoh dengan pemberian vitamin dan nutrisi ataupun mengkombinasikan makanan yang dikonsumsi oleh ternak itu sendiri.

Pengolahan pakan ternak dapat menjadi salah satu inovasi yang berpotensi untuk meningkatkan kualitas produksi ternak. Bahan pokok dan nutrisi yang cukup perlu dipertimbangkan dalam pengolahan pakan ternak. Tidak dipungkiri juga dengan banyaknya peternak di Desa Paluhombo terdapat masyarakat penyandang disabilitas yang juga menjadi peternak untuk menunjang perekonomian mereka. 

Dalam hal pemerataan kesejahteraan masyarakat, membantu para penyandang disabilitas atau difabel di Desa Paluhombo merupakan salah satu hal yang menyita perhatian para mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP disini, hal ini membuat mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP berinovasi dengan menggagas suatu program yang dapat membantu para peternak penyandang disabilitas di Desa Paluhombo dengan program Pendampingan dalam Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak. 

Program Pendampingan dalam Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak yang berlangsung pada Selasa, 10 Januari 2023 di Balai Desa Paluhombo dihadiri dengan setidaknya 10 orang penyandang disabilitas atau difabel dan juga perangkat desa untuk mengikuti program yang diadakan. Program yang digagas oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP bekerjasama dengan Dinas Pertanian Bidang Peternakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Program ini berlangsung dengan memberikan informasi terkait dengan PMK (Penyakit Mulut dan Kulit) pada hewan ternak dan Pengolahan Pakan Ternak, kegiatan dilanjutkan dengan praktik bersama dengan partisipan untuk mencoba langsung dalam pembuatan pakan ternak. 

Dalam program “Pendampingan dalam Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak”, para peternak penyandang disabilitas di Desa Paluhombo dapat mempelajari bagaimana membuat pakan ternak yang berkualitas dan baik untuk hewan ternak mereka. Dengan pemahaman yang baik tentang pakan ternak, peternak dapat menghemat biaya dan memperoleh hasil produksi yang lebih baik. 

Selain itu, para peternak juga dapat meminimalkan penyakit PMK pada hewan ternak yang mereka miliki. Program ini juga merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Paluhombo, khususnya para peternak penyandang disabilitas. 

Dengan program ini, diharapkan para peternak penyandang disabilitas di Desa Paluhombo dapat memiliki sumber penghasilan yang lebih stabil dan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Para peternak juga dapat memperoleh informasi terbaru dan terupdate tentang pakan ternak dan cara mengatasi penyakit PMK pada hewan ternak.

Iklan