Iklan

Iklan

,

Iklan

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Sukses Gelar UMKM di Sukolilo Surabaya

Kartininews
25 Jun 2023, 02:57 WIB Last Updated 2023-06-24T19:57:38Z

Surabaya - Kelompok mahasiswa "Veteran" Jawa Timur yang KKN-T MBKM telah sukses melaksanakan kegiatannya dengan mengadakan "GELAR UMKM" di Kecamatan Sukolilo Surabaya, Sabtu (24/6).


Acara dari Semarak Sukolilo ini merupakan puncak acara dari penutupan KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur. Kegiatan ini adalah dengan skema kewirausahaan dan juga ekonomi kreatif yang ditempatkan di kecamatan Sukolilo. Gelar UMKM ini diselenggarakan di Kantor Kecamatan Sukolilo Jl, Nginden Semolo, No.89 Surabaya, Sabtu kemarin (24/6).

Kegiatan Semarak Sukolilo ini diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM yang telah mendapat pendampingan dari tiap kelompok di masing-masing Kelurahan. Terdapat 7 Kelompok yang menjadi bagian dari acara ini, dimulai dari kelompok 74-80 yang tersebar di beberapa kelurahan yaitu Kelurahan Keputih, Kelurahan Gebang Putih, Kelurahan Klampis Ngasem, Kelurahan Menur Pumpungan, Kelurahan Nginden Jangkungan, Kelurahan Semolowaru, dan Kelurahan Medokan Semampir.


Melalui Gelar UMKM ini diharapkan bahwa produk-produk UMKM bisa dikenal oleh masyarakat, dan jangkauan pasar para UMKM juga semakin meluas. Event semarak sukolilo digelar dengan tema “Tumbuh bersama UMKM: Semangat, sinergi, Silaturahmi”, untuk mendukung acara, para mahasiswa KKN menerapkan konsep dekor yang unik dan diisi dengan penampilan-penampilan menarik seperti Fashion show, penampilan Tari Remo, Penyerahan Teknologi Tepat Guna, Pameran Produk UMKM, dan Awarding UMKM. Acara Semarak Sukolilo ini dihadiri oleh berbagai UMKM dari 7 Kelurahan yang menjual berbagai jenis makanan, minuman, dan juga kerajinan tangan yang sangat menarik perhatian. 

Dekorasi menarik yang dibuat dengan menggunakan Photobooth yang diisi dengan foto-foto setiap kelompok selama kegiatan KKN berlangsung menunjukan bukti dari kinerja yang dimiliki oleh masing-masing kelompok, dan juga disetiap foto menunjukan kedekatan dan kebersamaan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat terutama para UMKM yang mendapatkan pendampingan dari setiap kelompok. Selain itu dekorasi diwarnai dengan warna yang cerah seperti Biru, oranye, merah, dan kuning sebagai warna yang mewakili 17 poin dari SDGs 2030. Kegiatan pertama yang menjadi sesi pembuka event semarak Sukolilo ini adalah dengan menampilkan tari Remo yang ditujukan sebagai tarian untuk menyambut para tamu yang hadir di acara ini.


Setelah penampilan tari Remo, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UPN “Veteran” yang dilakukan sebagai bentuk rasa cinta tanah air Indonesia dan Penghormatan kepada para pahlawan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan ucapan pembukaan yang dibawakan oleh Bapak Abi sebaik perwakilan dari LPPM. Dalam ucapan pembuka, bapak Abi mengungkapkan harapannya “Semoga anak-anak KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan para UMKM di masing- masing Kelurahan” ucap Abi. 

Acara menarik lainnya yang paling ditunggu-tunggu adalah penampilan Fashion Show dari perwakilan anak-anak di setiap kelurahan yang akan berjalan di panggung dengan membawa setiap produk-produk yang telah di branding dari UMKM yang telah didampingi oleh setiap kelompok mahasiswa KKN. Selanjutnya yang menjadi poin inti dari Acara Semarak Sukolilo ini adalah Penyerahan Teknologi Tepat Guna Inovatif (TTG). 

Gelar UMKM seperti ini dilakukan dengan menyerahkan Teknologi Inovatif yang telah diciptakan oleh masing-masing kelompok kepada pihak Kelurahan dengan harapan apa yang telah diciptakan ini bisa membantu mempermudah para UMKM untuk berlatih dan mengembangkan usaha mereka kedepannya. Acara semarak Sukolilo ditutup dengan acara Awarding yaitu acara pemberian penghargaan kepada setiap kelurahan yang telah terpilih untuk menjadi pemenang dengan 3 kategori yaitu kelurahan dengan dekorasi tenant yang paling unik, kelurahan dengan Inovasi produk yang paling kreatif, dan Kelurahan dengan UMKM terfavorit.

Event Semarak Sukolilo berjalan dengan baik dimulai dari pembukaan hingga penutupan. Acara ini juga sukses memperkenalkan produk-produk inovatif dari para UMKM kepada Pihak kecamatan, Kelurahan, RW, dan kepada Masyarakat yang datang berkunjung.

Iklan