Iklan

Iklan

,

Iklan

Capres Ganjar Janjikan Internet Gratis di Sekolah

Kartininews
9 Des 2023, 20:29 WIB Last Updated 2023-12-09T13:29:42Z

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan janjinya akan menghadirkan layanan internet berkecepatan tinggi secara gratis di sekolah untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif.


Hal itu dikatakan Ganjar saat kunjungan di Balikpapan bertajuk ‘Gratisin! Internet Super Cepat, Gratis dan Merata‘ di Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (7/12). "Setelah kami melihat kondisi kesehatan, sekarang masuk kepada pendidikan, berikutnya adalah internet gratis untuk sekolahan," kata Ganjar dikutip dari Antara.

Ganjar mengatakan untuk saat ini akses internet di Indonesia masih belum merata bagi wilayah Indonesia. Hal itu dilihatnya secara langsung usai mengelilingi wilayah Indonesia di masa kampanye.

Diketahui Ganjar sudah berkampanye untuk mengunjungi Kabupaten Merauke, Papua Selatan. Lalu ia pergi ke sejumlah daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) seperti Kabupaten Ende, Pulau Rote, Kota Bima, dan Pulau Lombok.

Kemudian Ganjar datang ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan Kota Palu Sulawesi Tengah dan menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat yang ada di sana. Beberapa hari ini, Ganjar sedang berkeliling Kalimantan Timur untuk berkampanye di Kota Balikpapan, Kota Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

Dengan apa yang sudah dilihatnya secara langsung, Ganjar pun bakal memulai program kualitas internet super cepat, gratis dan merata dari lembaga pendidikan yakni sekolahan.

Ganjar menuturkan, dengan internet super cepat, gratis dan merata pastinya akan mendorong aktivitas terutama bagi siswa untuk semakin berkembang secara produktif.

“Sekarang internet gratis bagi sekolahan dan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk kecepatan internet ini penting,” tutur Ganjar.

Ganjar melanjutkan dengan internet super cepat, gratis dan merata, maka anak muda Indonesia dapat terus berkreasi dan berinovasi. Ia juga meyakini anak muda Indonesia mampu bersaing di dunia digital jika memiliki infrastruktur yang memadai.

“Industri kreatif tumbuh dan anak-anak bisa mendapatkan akses bagus untuk internetnya sehingga literasi digitalnya akan tambah bagus,” tegas Ganjar.

Walau begitu, Ganjar menekankan pentingnya pengawasan yang dilakukan terhadap program internet super cepat, gratis dan merata ini bagi para anak sekolah.

"Makanya, saya sampaikan kepada mereka kenapa harus dikawal orang tuanya, kenapa harus bisa memahami literasinya. Ini yang dunia mesti kita masuki, tetapi mitigasinya perlu kita hitung dengan baik," pungkas Ganjar.

Sebelum internet merajai dunia, manusia mengandalkan surat untuk menjalin komunikasi, tak hanya melalui surat saja masih ada opsi lain seperti telegraf, radio, koran/majalah dan televisi untuk mendapatkan sumber informasi.

Berbeda dengan sekarang, dimana internet menempati kasta tertinggi dalam teknologi. Keberadaan internet menjadi penolong setiap manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain, sekaligus mendapatkan informasi secara cepat.

Meskipun internet sudah menguasai berbagai lini, akan tetapi tidak semua orang dapat mengaksesnya. Mengingat ada beberapa tempat dibelahan bumi ini yang masih sulit untuk mendapatkan akses internet. Begitu pula dengan Indonesia, dimana ada beberapa wilayah yang masih terbatas jangkauan internetnya, terutama di daerah pelosok.

Untuk itulah Ganjar berkeinginan untuk memeratakan internet secara cepat gratis, serta pastinya bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Karena memang sejatinya itu diperuntukan untuk rakyat, wabil khusus pelajar.

Tekad Ganjar yang ingin memberikan internet cepat dan gratis saat nanti terpilih menjadi Presiden, bukan sekedar lip service semata. Melainkan ini sebuah komitmen sekaligus bukti kepedulian Ganjar terhadap rakyatnya, terutama peserta didik yang memang membutuhkan internet sebagai penunjang untuk memperoleh dan memperluas informasi serta wawasan mereka.

Pun kehadiran internet juga dapat dimanfaatkan rakyat guna menilik sekaligus berselancar di lautan informasi. Baik itu informasi di Indonesia maupun Mancanegara, semua berita dapat diakses menggunakan internet.

Percuma kan kalo gawainya canggih, tapi ketersediaan internetnya belum memadai? Itulah mengapa Ganjar hadir dan menawarkan solusi jitu supaya rakyat yang terkendala internet dapat memperoleh akses secara mudah dan cepat.

Apalagi kita juga tahu kalo jaringan internet di negara ini belumlah maksimal. Wilayah pelosok masih banyak yang belum terjamah dengan internet.

Seperti saat safari politik Ganjar di berbagai wilayah Indonesia, selama berkunjung dan bersilaturahmi dengan masyarakat Ganjar banyak menyerap aspirasi. Dari banyaknya aspirasi dan keluhan, satu diantaranya terkait akses internet.

Dari sanalah timbul dorongan dalam benak Ganjar untuk membuat program internet gratis, merata dan super ngebut untuk pelajar. Sehingga keinginan banyak rakyat agar kehadiran internet dengan kecepatan yang stabil di daerah mereka tidak lagi jadi angan-angan, tapi nyata dapat dirasakan.

Terobosan yang dibawa Ganjar jelas akan membantu pelajar, terlebih kalangan Gen Z yang memang banyak membutuhkan jaringan internet. Di tambah lagi anak-anak muda zaman sekarang sangat aktif bermain medsos. Mulai dari memanfaatkan medsos sebagai lapak berjualan UMKM, mengembangkan minat-bakatnya untuk menjadi influencer, dan lain sebagainya. Tentu saja semua itu bisa dilakukan dengan internet.

Di sisi lain internet juga memudahkan pekerjaan, karena saat ini semua pekerjaan beralih ke online dan itu membutuhkan kekuatan internet.

Bagi Ganjar, digitalisasi layanan pemerintah terhadap masyarakat menjadi sebuah keharusan yang wajib untuk ditunaikan. Dan itu juga menjadi PR buat pemimpin selanjutnya, supaya lekas sadar jika banyak rakyatnya yang membutuhkan akses internet, guna mengembangkan kemampuan sekaligus bakat dalam diri mereka.

Ganjar adalah Ganjar, figur pemimpin yang benar-benar mengayomi dan berusaha untuk memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, layaknya sila ke 5 Pancasila.

Apa yang dilakukan Ganjar ini bukanlah sekedar coba-coba atau sedang mencari muka untuk mendulang suara, karena jauh sebelum Ganjar ingin memberikan akses internet cepat dan merata ke penjuru Indonesia, ia telah lebih dulu memberikan fasilitas tersebut pada pelajar di Magelang.

Dimana surat cinta dari Qotrunnada, seorang pelajar yang kesulitan mendapatkan jaringan internet ketika mengirimkan tugas pada gurunya, saat masa Pendemi langsung ditindaklanjuti Ganjar.

Dan dengan sigap Ganjar pun datang ke desa Qotrunada sekaligus mendatangkan petugas Telkom agar melakukan pemasangan jaringan internet di desa tersebut. Tentunya hal itu membuat bungah hati Qotrunada dan warga disana, karena pemimpinnya benar-benar memperdulikan rakyatnya.

Itulah Ganjar, seorang pemimpin yang tidak pernah membiarkan rakyatnya berjuang sendirian ketika menghadapi masalah. Sebisa mungkin ia ada untuk merangkul dan memberikan solusi atas problem yang dihadapi rakyatnya. Apalagi jika itu menyangkut layanan pemerintahan, maka Ganjar akan segera bertindak untuk menyelesaikannya.

Ganjar adalah pemimpin dengan problem solving tinggi. Pemahamannya seputar dunia digitalisasi membuat ia banyak digandrungi dan disukai oleh rakyatnya. Bahkan banyak rakyat yang mengharapkannya untuk menjadi pemimpin guna meneruskan kiprah pak Jokowi.

Rakyat, terutama barisan kawula muda tahu, jika mereka membutuhkan pemimpin yang mampu mengimbangi serta yang bisa diandalkan untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang industri kreatif. 

Iklan