Iklan

Iklan

,

Iklan

Haul ke 27 KH Moh Faqih Ponpes Raudlatul Muttaqin digelar dengan santunan Yatama

30 Agu 2021, 12:42 WIB Last Updated 2021-08-30T05:45:19Z

Jepara - Pondok Pesantren (Ponpes) Raudlatul Muttaqin Saripan Jepara menggelar se-rangkai-an acara Haul Almaghfurlah KH Moh Faqih yang ke-27, Nyai Hj. Mu'afah ke-22, Nyai Hj. Mamnunah dengan sederhana. Acara rutinan tahunan tersebut diselenggarakan secara sederhana pada hari, Sabtu kemarin (28/8/2021).

Peringatan haul merupakan tradisi rutin tahunan bagi masyarakat pesantren. Rangkain acara haul tersebut dimulai dengan Khataman Al-Quran Bilghoib dan Binnadzor oleh para jamaah dilanjut dengan Tahlil dan do’a khotmil quran dan kemudian Maulid serta muadhoh hasanah yang dibawakan langsung oleh Habib Abu Bakar ibn Aghil dan diakhiri dengan makan berjama’ah di Aula Pondok Pesantren Raudlatul Muttaqin Saripan Jepara.

KH Moh Faqih, merupakan salah seorang kyai kharismatik di kelurahan Saripan yang sepanjang perjalanan hidupnya termasuk orang sederhana dan disiplin waktu. Beliau selalu memberikan nasihat yang pendek tetapi padat makna kepada keluarga dan masyarakat. Keterangan ini dibeberkan oleh salah satu putranya, Ustad H Ahmad Hariri, di dalam sambutan. 

Pengasuh Pondok Pesantren Ponpes Raudlatul Muttaqin Saripan Jepara, KH Ulil Abshor mengatakan, KH Moh Faqih merupakan orang yang teguh pendirian dan istiqomah. 

“Karena Abah saya itu selalu on time, jadi sering pengajian ke luar, akan tetapi 15 menit sebelum acara dimulai sudah berada di tempat” ujarnya.

BACA JUGA: PC IPNU IPPNU Jepara Launching Kelas Pra Nikah

Ia juga menyampaikan bahwa adanya peringatan haul ini merupakan cara bagi keluarga dan santrinya untuk mengingat dan meneladani perjuangan KH Moh Faqih dalam berdakwah di masyarakat.

“Kita mengambil i’tibar dari keteladanan dan perjuangan beliau agar mendapat keberkahan dari kesolehannya,”ungkapnya.

Acara haul diakhir dengan memberikan santunan yatama sebanyak 41 anak dari desa Saripan dan sekitarnya. 

Iklan