Iklan

Iklan

,

Iklan

Bank Indonesia Mengeluarkan Uang Rupiah Terbaru saat HUT RI Ke 75

17 Agu 2020, 18:27 WIB Last Updated 2020-08-17T11:31:16Z
Kartininews.com - Bank Indonesia telah menerbitkan uang rupiah khusus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, senin (17/8/2020). Uang rupiah khusus yang diterbitkan Bank Indonesia adalah uang lembaran Rp 75.000.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan, uang edisi khusus untuk memperingati kemerdekaan ke-75 RI ini dilengkapi dengan unsur pengaman, sehingga pemalsuan uang menjadi semakin sulit.

bacalagi; Resty Ananta Kini Jualan Online dari Bisnis Kecantikannya

"Ini, uang baru, sudah dilengkapi unsur pengaman teknologi tinggi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar rupiah semakin dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman digunakan, dan lebih sulit dipalsukan," kata Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, siang tadi.

Uang terbaru ini baru saja dirilis oleh pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) yang langsung banjir peminat. Kondisi ini terlihat dari situs resmi milik bank sentral yang menjadi sarana pemesanan UPK oleh masyarakat. Dari laman https:// pintar. bi. go. id pada Senin (17/8) pukul 16.00 WIB, jadwal penukaran UPK hingga 31 Agustus 2020 di kantor pusat BI, Jakarta telah terjadwal penuh. Dari laman tersebut menunjukkan, bila tabel tanggal berwarna hijau, maka jadwal tersedia. Bila berwarna abu-abu, maka jadwal penuh dan bila berwarna hitam, jadwal belum tersedia.

Sementara, hingga 30 Agustus 2020, semua tabel telah berwarna abu-abu. Padahal penukaran baru dibuka hari ini pukul 15.00 WIB setelah diluncurkan pagi tadi.

"Penukaran dilakukan dengan pemesanan terlebih dahulu secara online melalui aplikasi Pintar yang sudah kami siapkan per hari ini," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam peluncuran UPK 75 tahun Republik Indonesia secara virtual.

bacalagi; Memulai Bisnis Sticker Mobil

Adapun syarat untuk bisa menukarkan uang rupiah dengan UPK 75 tahun Indonesia ialah merupakan warga negara Indonesia dan menyertakan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Setiap 1 KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh 1 lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000,” jelas Perry. Periode penukaran, imbuhnya, dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama yakni berlangsung pada 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB hingga 30 September 2020.

Tempat penukaran pada tahap pertama dapat dilakukan di Kantor Pusat BI dan 45 kantor perwakilan BI dalam negeri. Sedangkan pada tahap kedua, periode penukaran berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga selesai dengan tempat penukaran di Kantor Pusat BI maupun kantor perwakilan BI dalam negeri dan bank umum yang telah ditunjuk.

Sementara untuk bank umum yang ditunjuk yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga. Alasannya ditunjuknya 5 bank tesebut karena memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat.

bacalagi; 2020 Detroit Auto Show dibatalkan dan Tempatnya akan diubah menjadi Rumah Sakit Lapangan

Di kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, penerbitan UPK 75 tahun Republik Indonesia sesuai dengan amanat Undang Undang 7/2011 tentang Mata Uang Rupiah. Penerbitan uang seri khusus tersebut juga tidak bertujuan untuk diedarkan secara bebas, bukan untuk penambahan likuiditas maupun pembiayaan perekonomian nasional.

“Namun, peluncuran uang rupiah khusus tersebut dimaksudkan dalam rangka untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, yang dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun,” ujar Sri Mulyani dalam sambutan peluncuran UPK secara virtual, Senin (17/8).

Sri Mulyani juga menambahkan, perencanaan untuk penerbitan UPK telah dilakukan dengan koordinasi bersama Bank Indonesia, Kementerian Sosial, Kementerian Sekretaris Negara dan para ahli waris pahlawan nasional sejak 2018. Perempuan yang karib disapa Ani itu bilang, UPK akan dicetak secara terbatas yakni sebanyak 75 juta lembar.

Iklan